Comscore Tracker

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!

Jaga diri, keluarga dan lingkungan sekitar

Masyarakat kini dibuat gelisah di tengah merebaknya wabah virus corona atau yang juga dikenal dengan COVID-19 (Corona Virus Disease 2019). Lebih dari 100 negara telah terkena pandemi ini dan banyak negara juga telah menerapkan kebijakan lockdown.

Salah satu cara yang dianggap mampu untuk mengendalikan penyebaran virus ini adalah dengan melakukan social distancing. Sehingga publik pun beramai-ramai membuat tagar #dirumahaja di laman media sosial mereka.

Social distancing merupakan sebuah sikap yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk menghindari interaksi sosial di keramaian. Beberapa aktivitas di keramaian harus dikurangi atau kalau bisa dihindari. Lebih baik menjaga diri dan orang sekitar untuk mengurangi terkena dampak dari penyakit ini.

Namun, selain mengurangi penyebaran virus, social distancing juga memiliki manfaat lain. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan social distancing di rumah.

1. Mendapatkan waktu berkualitas bersama keluarga

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!unsplash.com/Ann Danilina

Keluarga merupakan orang terdekat di mana seharusnya kita menghabiskan waktu lebih banyak. Namun kenyataannya mungkin sebagian besar waktu dihabiskan di luar rumah, di tempat kerja, sekolah dan sebagainya.

Melalui momen social distancing ini saat yang tepat untuk mendapatkan kembali momen berharga tersebut. Habiskanlah waktu dengan mengobrol bersama pasangan, anak, ayah, ibu atau saudara.

Kesempatan ini bisa menghangatkan kembali hubungan antarkeluarga diselingi dengan bercanda, bermain catur, menonton film bersama maupun melakukan banyak hal lainnya bersama.

2. Memiliki momen me time untuk relaksasi dari kepenatan di tempat kerja

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!pexels.com/Kha Ruxury

Beberapa perusahaan mengeluarkan kebijakan work from home yang bisa digunakan untuk lebih bersantai sedikit. Memanjakan diri, menikmati waktu untuk diri sendiri sangatlah penting. Terlebih selama ini tenaga dan pikiran telah habis di meja kerja. Inilah waktunya memberikan dirimu apresiasi dengan menikmati momen me time.

Kamu bisa menghabiskan waktumu dengan menonton film kesukaanmu di rumah, tidur lebih lama, melakukan meditasi dan sebagainya. Meski tetap memiliki tanggung jawab pekerjaan tetapi setidaknya kamu memiliki suasana berbeda dalam bekerja.

Baca Juga: Hindari Corona, Ini 6 Manfaat Positif Work from Home

3. Bagaikan sebuah mimpi yang jadi nyata bagi seorang introver

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!unsplash.com/Héctor Martínez

Sifat dan karakter seorang introver yang cenderung menghindari keramaian menjadikan momen social distancing sebagai kebahagiaan tersendiri. Mereka merasa lebih mudah dalam menjalani masa-masa ini karena hal ini adalah bagian dari keseharian.

Tidak perlu banyak berbicara, menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari kerumunan adalah keahlian mereka. Bisa dianggap momen ini bagaikan sebuah mimpi seorang introver yang menjadi kenyataan.

4. Bisa lebih fokus menyalurkan hobi di rumah

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!unsplash.com/Form

Memiliki banyak waktu di rumah membuat seseorang dapat melakukan beragam aktivitas yang tadinya sangat jarang dilakukan. Bahkan hobi sekalipun akan sulit dilakukan di tengah keadaan yang sibuk. Namun dalam momen social distancing seseorang dapat menyalurkan hobinya di rumah.

Contohnya saja bagi yang hobi memasak atau membuat kue akan memiliki banyak waktu untuk menyalurkan hobinya. Selain itu, kamu yang hobi olahraga juga tetap bisa berolahraga di rumah, misalnya dengan zumba, melakukan cardio, yoga dan sebagainya.

5. Mengerjakan banyak pekerjaan rumah

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!unsplash.com/Matthew LeJune

Jika di hari biasanya kamu sangat jarang membersihkan rumah, maka sudah saatnya kamu bersih-bersih. Menjaga lingkungan rumah tetap bersih juga memberikan manfaat dalam mencegah datangnya berbagai penyakit.

Selain membersihkan rumah, kamu juga bisa merapikan pekarangan dan menanam beberapa pohon di halaman. Namun jangan lupa untuk mencuci tangan dengan bersih setelahnya ya, agar kamu selalu terhindar dari bakteri dan virus yang menempel.

Nah, selain bermanfaat dalam mencegah penyebaran virus ternyata social distancing juga sangat menyenangkan bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Social Distancing Diperlukan Saat Pandemi COVID-19

Mengurangi Penyebaran COVID-19, Ini 5 Manfaat Lain Social Distancing!(IDN Times/Arief Rahmat)

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya