Comscore Tracker

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Trauma

Terlihat sepele, tapi dampaknya serius

Memiliki kenangan buruk di masa kecil memang tidak mengenakkan. Kamu mungkin tidak menyadari, tapi sikap atau perasaan yang dimiliki saat ini adalah bentukan dari pengalaman di masa lalu. Banyak kejadian di masa lalu yang bisa berdampak ketika seseorang sudah dewasa.

Termasuk di antaranya pola asuh atau kebiasaan yang orangtua lakukan banyak memberikan pengaruh. Namun, jarang disadari hal yang terlihat sepele ternyata bisa berdampak besar bagi kondisi psikologis seseorang. Termasuk di antaranya lima hal sebagai berikut. Apa saja sih?

1. Sering dibandingkan dengan orang lain 

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Traumailustrasi bergosip (unsplash.com/benwhitephotography)

Kebiasaan membandingakan dengan orang lain sepertinya sudah menjadi sesuatu yang lumrah. Bahkan sejak kecil seorang anak sudah sering mendapat nyinyiran karena suka dibandingkan dengan teman, sepupu, atau tetangga yang seumuran dengannya.

Jika terlalu sering dilakukan, bukan tak mungkin seseorang memiliki trauma yang membuatnya tak pernah percaya diri. Ketika dewasa, ia pun akan selalu rendah diri, menjadi penakut, dan selalu merasa orang lain lebih baik dari dirinya.

2. Tak pernah dihargai atau diberi apresiasi 

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Traumailustrasi sendirian (pexels.com/Sameel Hassen)

Memberi apresiasi pada orang lain itu penting, ketika dia memang telah melakukan sebuah usaha. Itu sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap jerih payah orang lain. Sekalipun belum sempurna, tetap saja memberikan apresiasi itu diperlukan.

Jika sedari kecil tak pernah diapresiasi oleh orangtua atau lingkungan sekitar, kamu menjadi sulit untuk terbiasa menghargai orang lain. Kamu akan sulit membedakan mana hal-hal yang memang layak diapresiasi atau tidak. Kamu juga menjadi haus akan perhatian dan ingin selalu mendapatkan atensi dari orang lain.

Baca Juga: 7 Bentuk Dukungan untuk Teman yang Berjuang Sembuh dari Trauma

3. Melihat orang lain diberi kepercayaan yang harusnya kamu dapatkan  

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Traumailustrasi mengajarkan kedisiplinan pada anak (unsplash.com/kerenfedida)

Sedari kecil setiap anak seharusnya diajari bagaimana caranya dalam mengemban tanggung jawab. Dimulai dari hal yang kecil dan mampu dilaksanakan dengan baik. Namun, apa jadinya jika kamu seringnya tak dipercaya untuk melakukan tanggung jawabmu sendiri?

Kamu akan tumbuh bersama trauma karena kamu tak pernah dipercaya oleh orang terdekatmu. Menjadi minder dan berkecil hati akan jadi satu hal yang melekat denganmu. Sulit bagimu untuk bisa yakin akan kemampuanmu sendiri karena hal tersebut.

4. Gak merasakan banyak waktu bersama orangtua 

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Traumailustrasi keluarga (pexels.com/freestocks)

Bagaimanapun juga cinta orangtua adalah yang terpenting dalam tumbuh kembang anak. Sesibuk apa pun orangtua tetap harus menyempatkan diri memiliki waktu bersama sang buah hati. Itu penting untuk membangun koneksi dan membuat anak merasa nyaman.

Masa kecil anak yang kurang kasih sayang orangtua pasti akan sangat berdampak di masa dewasanya. Dia akan cenderung suka mencari masalah demi mendapatkan perhatian orang lain. Begitupun dirinya yang akan kesulitan untuk mengekspresikan bahasa cinta dari dalam dirinya.

5. Tak pernah didengarkan atau didukung ketika ada masalah 

Jarang Disadari, 5 Hal di Masa Kecil Ini Bisa Bikin Kamu Punya Traumailustrasi sedih (pexels.com/polina zimmerman)

Setiap orang sudah selayaknya memiliki orang terdekat yang selalu bisa memberikan dukungan. Di saat ada masalah atau pada momen tertentu, dukungan adalah hal yang terpenting. Dengan didengarkan dan didukung seorang anak akan tumbuh dengan rasa damai dalam dirinya.

Ketika sering diabaikan pada masa kecil, kamu pasti akan asing mendapatkan perhatian dari orang lain. Kamu terbiasa memendam sendiri masalahmu dan gak bisa berbagi dengan orang lain. Hal ini bisa membuatmu menjadi stres atau depresi nantinya.

Masa kecil adalah masa keemasan yang seharusnya menjadi pondasi yang baik sebelum seseorang menjadi dewasa. Sebaiknya kenali dirimu sendiri agar kamu bisa mengendalikan trauma masa kecilmu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Pasangan Memilih Childfree, Salah Satunya Trauma Masa Kecil 

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya