Comscore Tracker

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!

Bisa kamu sesuaikan dengan jenis pekerjaanmu #IDNTimesLife

Selama masa pandemik sepert saat ini tak jarang banyak orang merasa dirinya semakin kurang produktif. Terlebih karena terlalu sering berada di rumah dan juga karena beberapa keterbatasan lainnya. Sebagai seorang penulis dan komedian, Raditya Dika masih bisa memiliki waktu untuk kegiatan lain tanpa melupakan pekerjaannya.

Nah, untuk kamu yang merasa memiliki waktu terbatas namun ingin tetap produktif bisa mencoba delapan tips ala Raditya Dika sebagai berikut. Yuk, simak apa saja tipsnya!

1. Membuat to do list dan mencatat

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi menulis resolusi (unsplash.com/cathrynlavery)

To do list adalah hal-hal penting yang akan kamu kerjakan dalam waktu dekat atau dalam satu hari. Daftar tersebut harus kamu urutkan sesuai dengan skala prioritas. Dengan menuliskan hal apa saja yang akan dikerjakan, membuatmu memiliki tanggung jawab untuk melakukannya.

Sehingga kamu akan enggan untuk menunda dan memiliki kepuasan tersendiri setalah berhasil mencontreng list yang kamu buat tersebut. Kamu juga bisa mencatat hal-hal kecil yang mungkin akan terlupa.

2. Kerjakan kecil-kecil saja 

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi mengangsur pekerjaan (unsplash.com/chklanov)

Seperti yang kamu ketahui bahwa mengerjakan hal besar sekaligus memang akan sangat membuat kesulitan bagi banyak orang. Maka, tipsnya adalah dengan mencicil atau mengangsur pekerjaan tersebut menjadi beberapa bagian kecil.

Mengerjakan hal-hal kecil juga akan membuatmu lebih ringan dalam mengerjakannya dan tidak terbebani. Fokus terhadap hal-hal kecil akan membuatmu lebih cepat menyelesaikan pekerjaan tersebut dibanding hanya membayangkan betapa besarnya pekerjaan tersebut.

3. Bikin banyak proyek secara bersamaan

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi bekerja di depan komputer (unsplash.com/sigmund)

Alih-alih fokus mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu, mengapa tidak mencoba mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan? Kamu bisa membagi waktu misalkan satu jam untuk pekerjaan ini, satu jam untuk pekerjaan itu dan selanjutnya.

Dengan begitu kamu bisa mengangsur semua pekerjaan dan juga mencegahmu dari kebosanan. Penting untuk bisa konsisten mengerjakan apa yang sudah kamu mulai hingga selesai. Jangan pula mengerjakan terlalu banyak pekerjaan hingga kamu jadi stres sendiri.

4. Jangan lupa bersenang-senang 

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi bermain game online (unsplash.com/screenpost)

Bersenang-senang itu juga perlu lho, siapa bilang kamu tidak boleh menikmati waktu senggang dengan hobimu. Kamu bisa mengkombinasikan antara waktu bermain dan bekerja yang seimbang.

Jadi, ketika kamu sudah kelamaan kerja atau kelamaan bermain maka kamu akan dengan sendirinya bisa menyadari hal tersebut. Setelah bersenang-senang juga akan membuatmu bersemangat untuk kembali bekerja karena telah memberi reward pada diri sendiri.

Baca Juga: 5 Alasan yang Sebabkan Kamu Gagal Produktif Setiap Hari, Apa Saja?

5. Punya waktu yang spesifik

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi memiliki waktu yang spesifik (unsplash.com/goumbik)

Menjadi produktif juga bisa kamu lakukan dengan memiliki satu waktu yang spesifik khususnya dalam bekerja. Kamu bisa mengambil beberapa jam dalam satu hari yang secara konsisten kamu gunakan khusus untuk bekerja.

Hal ini penting agar kamu tidak menunda-nunda pekerjaan karena merasa tidak memiliki deadline waktu untuk mengerjakannya. Ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah tipe orang yang benar-benar berkomitmen dalam pekerjaan.

6. Kurangi meeting dan hal-hal yang tidak penting

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi rapat kerja (unsplash.com/campaign_creators)

Pernah tidak kamu mengadakan pertemuan rapat tetapi sebenarnya kamu merasa rapat itu tidak terlalu penting? Begitu halnya untuk menjadi produktif, kamu bisa menghindari rapat yang hanya akan membahas apa yang akan dikerjakan kedepannya.

Akan lebih baik jika kamu dan rekan kerjamu menemukan terlebih dahulu ide atau hal yang akan didiskusikan ketimbang berembuk ide apa yang akan dicari. Jadi, meeting hanya digunakan untuk mengembangkan ide yang sudah ada.

7. Olahraga dan melamun 

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi olahraga setiap hari (unsplash.com/alexanderredl)

Bagi sebagian orang menemukan ide sembari olahraga sambil melamun adalah hal yang menarik. Ketika berolahraga otak akan menghasilkan hormon dopamin yang akan membuat seseorang merasa bahagia. Sehingga tak jarang banyak orang bisa menemukan ide sembari berolahraga dan melamun. Jadi, bisa kamu coba nih untuk menemukan ide-ide kreatifmu.

8. Delegasi 

8 Tips Produktif ala Raditya Dika, Salah Satunya dengan Melamun Lho!ilustrasi mendelegasikan pekerjaan (unsplash.com/austindistel)

Terakhir adalah delegasi, artinya kamu bisa memberikan kepercayaan pada orang lain untuk bisa menjalankan sebuah pekerjaan. Kamu bisa membagikan hal yang sekiranya bisa ditangani orang lain agar kamu bisa mengerjakan hal yang lebih penting lainnya. Seperti misalnya memikirkan hal-hal strategis dan krusial.

Kenyataannya ada banyak orang yang ingin melakukan semuanya secara mandiri, tetapi malah berakhir menjadi tidak produktif. Hal ini dikarenakan dirinya kehilangan banyak momen waktu mengerjakan hal yang seharusnya bisa didelegasikan kepada orang lain.

Tips menjadi produktif ala Raditya Dika di atas bisa kamu sesuaikan dengan jenis pekerjaan dan gaya hidupmu. Semoga bisa membuat keseharianmu semakin produktif, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Perasaan Positif, Lebih Damai dan Produktif

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya