Comscore Tracker

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih Hati

Membangkitkan semangat dalam diri adalah tanggung jawabmu

Mustahil hidup berjalan mulus-mulus saja. Ada kalanya kamu diterpa permasalahan yang membuat hati bersedih. Dalam keadaan ini, tugasmu adalah berusaha untuk menepis kesedihan yang membelenggu. Kamu gak perlu menunggu dihibur orang lain karena selain jatuhnya jadi ketergantungan, memotivasi diri bukanlah tanggung jawab mereka. Melainkan tanggung jawabmu sendiri.

Saat diterpa kesedihan yang begitu dalam, kamu dapat memberi asupan semangat pada diri sendiri lho, guys. Daripada terpuruk, lakukan 6 cara berikut ini sebagai upaya memotivasi diri sendiri kala sedang bersedih hati. 

1. Menyadari bahwa dirimu terlalu berharga untuk berlama-lama terkurung dalam kesedihan

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiUnsplash.com/Hai Phung

Sayang banget kan, kalau waktu banyak terbuang karena kamu berlarut dalam kesedihan? Pertama-tama, wajib untuk kamu sadari bahwa dirimu terlalu berharga buat terus berlama-lama bersedih hati. Dengan sadar betapa berharganya diri sendiri, motivasi untuk bangkit perlahan tumbuh dan kamu bakalan ogah terjebak dalam situasi pahit secara terus-menerus. 

2. Tinggalkan hal yang membuatmu merasa gak nyaman dan bikin suasana hati memburuk

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiUnsplash.com/Paul Hanaoka

Mulailah tinggalkan apa saja yang membuatmu merasa gak nyaman dan bikin suasana hati memburuk. Kamu sering insecure usai melihat akun-akun medsos tertentu atau merasa pertemananmu kurang sehat? Daripada semakin terluka, kamu bisa mengambil langkah tegas meninggalkan hal tersebut.

Ketika berani melepas sesuatu yang negatif, beban akan ikut terlepas. Kamu pun jadi sosok yang lebih semangat dan bahagia. 

3. Banyak-banyak bersyukur atas nikmat yang kamu miliki sekarang ini

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiUnsplash.com/Daniel Capelani

Walau hati sedang bersedih, bukan berarti kamu lupa diri sehingga lupa bersyukur. Di luar kesedihan itu, ingatlah bahwa ada banyak nikmat yang kamu miliki sekarang ini. Maka, jangan pernah lupa untuk bersyukur.

Saat kamu mengingat apa yang kamu punya, kesedihan yang mengisi hati akan perlahan pudar. Bahkan digantikan dengan semangat untuk bangkit dan berusaha yang terbaik.

Baca Juga: 6 Tanda Fisik Kamu Mengalami Kesedihan Ekstrem, Jangan Dibiarkan!

4. Tentukan satu hari di mana kamu benar-benar melakukan self-care yang menyenangkan hati

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiUnsplash.com/Radu Florin

Jangan ragu buat berpaling sejenak dari rutinitas yang memberatkan. Kamu memang harus menyelinginya dengan kegiatan seru sebagai refreshing. Sempatkan satu hari untuk melakukan self-care.

Dalam satu hari itu, lakukan apa pun yang sekiranya membuatmu merasa senang. Menyenangkan diri sendiri bisa menjadi usaha untuk bikin kamu makin termotivasi dalam menjalani hidup. 

5. Mendengar lagu atau video motivasi yang sekiranya dapat mengobarkan semangat

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiPexels.com/mentatdgt

Ketimbang menyetel lagu-lagu galau, lebih baik kamu dengar lagu dengan beat dan lirik lagu yang bisa mengobarkan kembali semangat jiwamu. Selain itu, video berisi motivasi turut dapat membantu kamu untuk cepat-cepat menyudahi kesedihan.

Tanpa perlu lebih lama lagi bersedih hati, kamu bisa segera bangkit lantaran semangat dalam diri sudah terisi kembali. 

6. Ingat bahwa masih ada hari esok sebagai sarana untuk kamu melakukan yang terbaik dalam hidup

Jangan Terpuruk, Ini 6 Cara Memotivasi Diri Sendiri Kala Bersedih HatiPexels.com/John-Mark Smith

Waktu yang kamu punya tentu gak boleh disia-siakan dengan terlalu lama bersedih hati. Jalan hidup masih panjang, ada banyak hari esok yang harus kamu tempuh. Ingatlah kamu bisa melakukan hal-hal berguna di setiap hari esok yang kamu punya.

Saat percaya bahwa kamu memiliki kesempatan untuk hidup dengan lebih baik lagi, di saat yang bersamaan, dirimu akan merasa termotivasi. 

Kamu gak boleh diam saja dan membiarkan rasa sedih semakin mengubur semangat jiwa. Temukan lagi siapa kamu sebenarnya dengan berinisiatif memotivasi diri sendiri, guys!

Baca Juga: Sangat Pengertian, 5 Zodiak Ini Pandai Menghibur di Kala Sedih

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You