Comscore Tracker

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan 

Kecewa boleh saja, tapi jangan berlarut-larut ya! 

Merasakan kekecewaan, hampir dipastikan pernah dialami oleh setiap orang termasuk kamu, benar gak? Nah, hal ini tentu saja bukan tanpa adanya sebab.

Masalah-masalah yang telah kamu alami dalam kehidupan, boleh jadi adalah bagian dari pemicu hadirnya perasaan sedih dan kecewa.Semuanya dapat terkontrol dengan baik, tergantung bagaimana sikap kamu terhadap masalah-masalah tersebut.

Biar kamu mudah memahaminya, kenalilah hal-hal berikut ini yang merupakan sebab-sebab kamu masih dirundung oleh rasa kecewa.

1. Selalu menggantungkan harapan kepada orang lain

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@abiismail

Harapan yang kamu bangun terhadap orang lain, begitu besar. Sehingga merasa yakin bahwa apa yang kamu inginkan dapat tercapai sesuai dengan kehendak. Namun, saat semua itu tidak terjadi karena hasil yang terlampau jauh dari harapan.

Justru bisa menurunkan semangat dan jatuh pada penyesalan serta kekecewaan yang besar hingga kamu ingin menyalahkan orang lain.Memang bukanlah sebuah larangan bagi kamu untuk percaya kepada manusia.

Perlu kamu pahami, kalaulah manusia tak ada yang sempurna dan juga menjadi tempatnya khilaf dan salah. Maka, dari pengalaman-pengalaman tersebut kamu dapat belajar dan sadar bahwa sebaik-baik berharap hanyalah kepada Tuhan.

2. Optimis dengan kemampuan orang lain, lalu pesimis dengan kemampuan diri sendiri

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@alexradelich

Sikap optimis sangatlah penting. Sebab, itu membantu kamu agar berhasil mencapai sebuah tujuan. Memberikan kepercayaan kepada orang lain boleh-boleh saja, asal tidak menyerahkan sepenuhnya kepada mereka.

Karena ketika membiarkannya secara terus-menerus, bisa membuat kamu sulit berkembang.Manakala optimisme dan kepercayaan kamu mulai disepelekan, akan memicu hadirnya rasa kecewa, sebab kamu merasa telah dikhianati.

Meskipun kamu belum mampu untuk melakukan suatu hal, setidaknya kamu mau belajar untuk mengasahnya. Agar suatu saat kamu bisa melakukannya tanpa harus selalu menyerahkannya kepada orang lain. Jadilah orang yang selalu optimis ya!

3. Memaksakan kehendak pribadi kamu

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@willbro

Bersikap egois tentu juga bukanlah hal yang baik. Mengapa? Karena itu membuat orang lain merasa bosan dengan kamu. Banyak mengatur, sementara kamu sendiri tak mau terbuka untuk menerima saran dan kritik dari orang lain.

Orang lain harus mengikuti apa yang kamu inginkan tanpa melihat dengan jeli konsekuensinya atau pun maslahatnya bagi kamu dan lingkungan sekitarmu. Cobalah untuk bersikap bijak dan memberikan ruang bagi orang lain untuk menyampaikan pendapat mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Perlu Kecewa Ketika Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

4. Tidak mau menerima dan mengakui keberhasilan orang lain

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@brucemars

Hidup memang selalu penuh dengan kejutan, terkadang kamu berhasil dengan apa yang kamu cita-citakan dan sebaliknya kamu pun melalui kegagalan yang tak lain merupakan bagian dari proses pembelajaran dan pendewasaan diri.

Bila orang lain yang berhasil, seharusnya menjadi motivasi kamu agar tetap semangat mengejar impian kamu, bukan justru menolaknya yang hanya akan membuatmu kecewa. Karena sekecil apa pun sebuah usaha yang dilakukan, niscaya takkan pernah mengkhianati hasilnya.

5. Kurang bersyukur dengan apa yang ada pada diri kamu

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@priscilladupreez

Apa pun kekurangan yang dimiliki, tak menjadikan kamu merasa sedih. Kamu bisa memilih bersabar. Sebab, kamu pasti juga punya kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain.

Semakin mensyukuri apa yang ada pada diri kamu, akan menghadirkan ketenangan dalam menjalani kehidupan. Semoga dengan cara itu, kamu jauh dari rasa kekecewaan.

6. Disepelekan oleh orang lain

Kenali 6 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Alami Kekecewaan Unsplash/@rvrmakes

Disepelekan oleh orang lain memang bisa membuat kamu marah dan kecewa. Namun, kamu tak boleh putus asa. Ingat, siapa pun yang telah melakukan hal tersebut kepada kamu bukan berarti mereka lebih baik dari kamu. Tetaplah berusaha berikan yang terbaik.

Kekecewaan tentunya tak bisa dihindari. Kamu hanya perlu memahami saja sebab-sebabnya agar tak selalu mengalaminya. Dan jadilah orang yang selalu bersyukur dalam segala keadaan. Semoga kamu tetap menjadi pribadi yang kuat.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengurangi Kekecewaan Terhadap Orang Lain, Cobain Deh!

Nurkamal Photo Verified Writer Nurkamal

Salam Semangat Follow : @nurkamaljuly27

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya