Comscore Tracker

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!

Jangan dibiarkan hinga berlarut-larut

Dilansir Verywell Mind, Elizabeth Scott, PhD menyebutkan bahwa pribadi introver gak benci orang dan gak juga ingin dibiarkan sendiri. Akan tetapi, mereka cenderung mengalami stres ketika dibiarkan di situasi yang menarik bagi seorang ekstrover, meskipun hal tersebut gak bersifat mutlak dan tergantung situasi apa yang dihadapinya.

Penanggulangan stres tiap orang juga cenderung berbeda-beda sesuai dengan karakter yang dimilikinya. Berikut ini beberapa manajemen stres yang bisa dilakukan oleh kamu yang termasuk orang introver. Yuk, simak!

1. Melakukan meditasi

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!ilustrasi meditasi (pexel.com/OluremiAdebayo)

Melakukan meditasi atau pemusatan pikiran dan perasaan bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan stres bagi seorang introver. Dilansir Psych Central, Stacey L. Nash menyebutkan bahwa meditasi merupakan langkah yang sempurna untuk seorang introver dalam menanggulangi stres dan kecemasan.

Hal tersebut dikarenakan meditasi memberikan kesunyian dan waktu sendiri. Selain itu, meditasi juga mampu membuat otak seseorang jadi lebih fokus yang akan sangat membantu seorang introver untuk gak overthinking.

2. Beri ruang untuk diri sendiri

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!ilustrasi perempuan di kamar (pexel.com/Andrea Piacquadio)

Berada di tengah keramaian untuk waktu yang cukup lama akan sangat memakan banyak energi bagi seorang introver. Elizabeth Scott menyebutkan bahwa seorang introver gemar memiliki ruang sendiri untuk mengisi kembali energinya yang terbuang. 

Ketika kamu merasa lelah dan stres akibat dari kegiatan harian yang cukup menguras energi, maka berikanlah diri sendiri ruang untuk sesaat. Kamu bisa berdiam di kamar dan mendengarkan lagu atau pergi ke tempat favorit untuk sekadar berdiam diri sejenak tanpa melakukan apa pun.

3. Lakukan olahraga atau menulis jurnal

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!ilustrasi olahraga (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Melampiaskan stres sangat penting untuk dilakukan untuk memperbaiki pikiranmu. Stacey bahkan menyebutkan bahwa memiliki pelampiasan stres baik dengan menulis jurnal harian, berolahraga, atau yang lainnya bisa sangat penting untuk dilakukan.

Bagi seorang introver berbicara kepada orang lain mungkin bukan hal yang mudah, oleh karena itu menulis jurnal yang berisikan perasaan hati atau hal-hal yang terjadi dalam hidup bisa dilakukan untuk melakukan manajemen stres. Selain itu, melakukan olahraga ringan seperti yoga atau jogging juga bisa dilakukan ketika kamu merasa stres.

Baca Juga: 5 Tips agar Introver dan Ekstrover Dapat Menjadi Pasangan Serasi

4. Lakukan terapi

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!ilustrasi terapi (pexel.com/cottonbro)

Saat dalam kondisi stres berat, kamu bisa menanggulanginya dengan melakukan terapi. Kamu gak perlu merasa takut atau malu akan hal tersebut, karena itu adalah sesuatu yang wajar.

Kamu gak bisa menyalahkan fakta bahwa sebagai seorang manusia, kamu butuh orang lain. Maka, berkonsultasi dengan seorang ahli bisa membantu kamu terlepas dari stres yang dirasakan.

Hal ini ditegaskan kembali oleh Stacey, yang menyebut bahwa terapi bisa membantu kamu untuk memberikan perspektif objektif serta dukungan yang dibutuhkan. Yuk, coba lakukan terapi!

5. Senantiasa berpikir positif dan mencintai diri sendiri

5 Cara Manajemen Stres untuk Orang Introver, Beri Ruang untuk Sendiri!ilustrasi berfikir positif (pexel.com/Andrea Piacquadio)

Mencintai diri sendiri merupakan hal yang terdengar cukup mudah, tetapi sulit untuk dilakukan. Sehingga, gak jarang hal tersebut akan membuat kamu jadi stres karena mungkin ada banyak hal yang terjadi gak sesuai dengan ekspetasi. 

Namun, sebaiknya coba lihat sisi positif dari dirimu dan cobalah untuk gak merendahkan diri sendiri. Setiap orang memiliki sisi terlemah dalam dirinya, tetapi cobalah untuk tidak berlarut-larut dalam kesedihan itu dan liat kekuatan lain dalam dirimu.

Stres bisa menyerang siapa saja, termasuk orang yang introver sekalipun. Semoga cara-cara di atas bisa membantu menghilangkan stres kamu, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Introver Sering Dicap Jutek Hingga Arogan, Tak Banyak Bicara!

Nurkorida Aeni Photo Verified Writer Nurkorida Aeni

Masuk Sastra Inggris gara-gara suka Zayn Malik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya