Comscore Tracker

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian Seragam

Menurut kamu bridesmaids perlu gak sih?

Ketika kamu mengunjungi sebuah pernikahan, tentunya pernah memperhatikan pengiring pengantin atau bridesmaids.  Pengiring pengantin ini biasanya mengenakan pakaian seragam sehingga tampak serasi dengan pengantin. Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa bridesmaids mengenakan pakaian sama saat menghadiri pernikahan. Gaun yang identik ini menambah kesakralan dalam suasana pernikahan. Berikut beberapa alasan di balik bridesmaids yang berpakaian seragam.

1. Melindungi pengantin dari penculikan

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian Seragamzola.com

Salah satu alasan tradisional di balik bridesmaids berpakaian seragam adalah melindungi pengantin dari penculikan. Kita tidak tahu kemungkinan buruk yang terjadi saat berlangsungnya pernikahan. Para penculik ini bisa berasal dari banyak pihak seperti mantan kekasih, anggota keluarga yang iri, musuh keluarga dan orang-orang yang tidak senang dengan pernikahan ini.

 Ada pula tradisi dari Cina yang mengharuskan pengantin menempuh jarak jauh, sehingga membutuhkan pengawalan. Seragam yang sama memudahkan pengantin untuk mengenali pengiringnya.

2. Memberi tanda identitas keluarga atau teman dekat

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian SeragamPexels.com/Maria Lindsey

Bridesmaids yang memakai pakaian yang sama membuat prosesi pernikahan terlihat lebih baik. Mempelai wanita perlu memperkenalkan anggota keluarganya atau teman dekatnya pada keluarga besar dari mempelai pria ataupun sebaliknya. Dengan memakai pakaian yang seragam, kedua belah pihak dapat mengenali keluarga besarnya dengan mudah.

Hal ini sesuai dengan tujuan pernikahan yaitu menyatukan dua keluarga. Di Indonesia, biasanya kita lebih sering memakai batik dan kebaya seragam saat prosesi pernikahan dilakukan. 

3. Memastikan mereka tidak mengalahkan pakaian pengantin

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian SeragamInstagram.com/kebayapernikahan

Bagi kamu yang akan menikah, penting sekali untuk memilihkan pakaian yang tepat untuk para bridesmaids. Hal ini, bertujuan untuk membatasi pakaian yang dikenakan para pengiring pengantin tersebut. Seorang pengantin harus terlihat lebih berbeda dari bridesmaidnya, sehingga dari aksesoris hingga makeup dibuat lebih istimewa.

Dengan berpakaian seragam, para bridesmaids dibatasi agar tidak mengalahkan pakaian pengantin. Biasanya, ada dresscode khusus yang disesuaikan dengan tema pernikahan. Setiap pengantin harus tampil lebih spesial dihari bahagianya. 

Baca Juga: 5 Desain Kebaya Unik Vanesha Prescilla Bisa Buat Ide Kostum Bridesmaid

4. Meminimalkan kecemburuan dan konflik sosial

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian Seragamtahiryhumrichphotography.com

Ketika semua pengiring pengantin berpakaian seragam, maka kamu tidak perlu khawatir akan adanya konflik yang timbul saat acara berlangsung. Hal ini pun meminimalkan kesenjangan ekonomi yang sering kali muncul dalam gaya berpakaian. Jangan sampai saat pernikahanmu, sebagian orang menjadi minder karena pakaiannya yang biasa saja.

Orang-orang kaya yang kamu jadikan bridesmaid akan memakai pakaian yang sama dengan yang lainnya. Tidak ada kata pamer ataupun saling menghina saat acara berlangsung. Perlihatkan pada tamu bahwa bridesmaids yang kamu pilih itu kompak. Dengan begitu, pernikahan akan berjalan dengan lancar. 

5. Terlihat lebih baik di foto

5 Alasan di Balik Bridesmaids Harus Berpakaian SeragamInstagram.com/Pengantin_muslim

Bridesmaids merupakan orang-orang penting yang nantinya akan berada dibarisan terdepan dalam foto pernikahanmu. Penting sekali untuk membuatnya terlihat kompak dan seragam dalam sebuah album pernikahan.

Salah satu alasan mengapa pengantin selalu memilih gadis-gadis mereka untuk dijadikan bridesmaids adalah untuk memastikan ada latar belakang yang relatif seragam dibalik pengantin.

Dengan memilih warna pakaian yang tepat dan kontras, maka foto pernikahanmu akan terlihat sempurna. Pastikan juga untuk menyesuaikan tema dalam memilih pakaian untuk para bridesmaids.   

Nah, alasan-alasan ini menjadi dasar mengapa untuk para pengantin penting sekali memilih pakaian seragam untuk bridesmaidsnya. Pernikahan yang sakral akan terasa indah dengan bridesmaids yang menghidupkan suasana. 

Baca Juga: 10 Inspirasi Model Gaun Bridesmaid Berbahan Satin, Anggun & Elegan!

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You