Comscore Tracker

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat Fitrah

Jangan lupa bayar zakat, ya! 

Mendekati hari raya Idulfitri yang tinggal beberapa hari lagi, sudahkah kamu membayar zakat fitrah? Zakat fitrah atau Shadaqat ul-Fitr adalah zakat yang diwajibkan untuk semua orang islam, baik pria maupun wanita tanpa pengecualian. Zakat ini ditunaikan selama bulan Ramadan dan sangat diwajibkan mendekati salat Idulfitri.

Sebagai umat Islam, ada banyak keutamaan zakat fitrah yang membersihkan orang-orang berpuasa. Tujuan zakat fitrah mengandung relevansi terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang perlu dipahami dengan baik. Berikut beberapa alasan umat muslim perlu segera bayar zakat fitrah. 

1. Zakat fitrah adalah kewajiban semua muslim

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat FitrahPexels.com/mentatdgt

Dalam hadis riwayat Bukhari Muslim, Nabi Muhammad SAW menegaskan bahwa semua umat muslim, baik pria maupun wanita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan. Kewajiban ini berlaku pada semua muslim termasuk muslim bebas atau budak, muda maupun dewasa tanpa pengecualian. 

Jika seorang kepala keluarga memiliki tanggungan anak dan budak yang belum memiliki cukup harta untuk membayar zakat fitrah, maka semua zakatnya wajib dibayarkan olehnya.

2. Kadar zakat sama untuk orang kaya atau miskin

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat FitrahFreepik.com/Ilixe48

Zakat fitrah dibayarkan dengan kadar atau jumlah yang sama tanpa memandang status sosial. Dalam hadis riwayat Bukhari Muslim, Rasulullah SAW mewajibkan setiap umat muslim membayar zakat sebesar 1 sha makanan, gandum ataupun buah kering. Untuk muslim di Indonesia menggunakan patokan beras sebagai bahan makanan untuk zakat fitrah. 

1 sha sama dengan 3,5 liter atau 2,7 kilogram beras. Berdasarkan peraturan Baznaz, jika dikonversikan menjadi uang kisaran zakat fitrah yang harus dibayarkan senilai Rp30.000 - Rp40.000 per orang. Jumlah ini berbeda tiap daerah tergantung harga beras yang diberlakukan.

Baca Juga: 8 Keutamaan Menunaikan Zakat Menurut Islam, Dapat Menghapus Dosa!

3. Zakat fitrah relevansi dengan nilai kemanusiaan

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat FitrahPixabay/Ahmad Ardity

Zakat fitrah memiliki relevansi dengan nilai-nilai kemanusiaan. Sesuai tujuannya, zakat ini dibayarkan untuk memberikan sebagian hartanya untuk orang-orang miskin. Di bulan Ramadan, ikatan persaudaraan diperkuat dengan berbagi dan saling mengasihi. 

Ada delapan golongan orang-orang yang wajib menerima zakat fitrah. Di antaranya fakir, miskin, hamba sahaya, amil zakat, mualaf, orang yang berjuang untuk agama Allah, orang yang berutang dan musafir. Alasan inilah yang membuat zakat fitrah relevansi dengan nilai kemanusiaan.

4. Menyempurnakan puasa dengan zakat fitrah

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat FitrahFreepik.com/Freepik

Tujuan lain zakat fitrah adalah membersihkan diri orang-orang yang berpuasa. Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, mungkin ada banyak kekurangan yang dilakukan. Zakat fitrah dapat menyempurnakan kekurangan tersebut sehingga ibadahnya bisa diterima oleh Allah SWT. 

Zakat fitrah yang dikeluarkan memiliki nilai ibadah yang telah diatur dalam Al-Qur'an dan hadis nabi. Kamu tidak boleh mengabaikan kewajiban ini agar dijadikan muslim yang taat pada Allah SWT.

5. Zakat fitrah diwajibkan hanya pada bulan Ramadan

Penuh Keutamaan, Ini 5 Alasan Kamu Perlu Segera Bayar Zakat FitrahUnsplash.com/Rumman Amin

Berbeda dengan zakat mal, zakat fitrah hanya dikeluarkan pada saat bulan suci Ramadan. Sebagian ulama berpendapat bahwa pembayaran zakat fitrah dimulai sejak awal Ramadan hingga sebelum salat Idulfitri dilaksanakan. Sesuai tujuannya, zakat fitrah harus dibagikan sebelum Idulfitri agar semua umat muslim yang kurang mampu tercukupi kebutuhannya. 

Nah, itulah alasan di balik pentingnya membayar zakat fitrah. Mengingat anjuran nabi dan relevansinya terhadap nilai kemanusiaan, sebaiknya segerakan membayar zakat fitrah agar kewajibanmu terpenuhi, ya!

Baca Juga: 5 Esensi Zakat Fitrah Ini Bikin Hidup Kita Lebih Berarti

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya