Comscore Tracker

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  

Yuk, kenali sifat ini dalam dirimu

Psikopat merupakan salah satu gangguan kepribadian yang membuat penderitanya seakan tak memiliki rasa empati dan ketakutan. Mereka cenderung anti sosial dan tidak peka terhadap perasaan orang lain. Ketika kamu merasa memiliki kepribadian seperti ini, hati-hati menandakan psikopat. 

Ada beberapa sifat yang dapat menandakan seseorang mengidap psikopat tanpa disadari. Pahami hal ini dengan baik agar bisa mendeteksi psikopat lebih dini. Berikut beberapa sifat yang dirasakan oleh seorang psikopat. 

1. Suka berbohong tanpa rasa malu

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  Pexels.com/Mentatdgt

Ketika seseorang pandai berbohong dan tidak pernah merasa bersalah atas kebohongannya, itu bisa jadi tanda mengidap psikopat. Seorang psikopat bisa memanipulasi orang lain dengan kecerdasannya berimajinasi. Mereka bisa memanfaatkan situasi dengan memutarbalikkan fakta. 

Menurut Psychology Today, psikopat akan merasa bangga ketika ketahuan berbohong tanpa rasa takut. Mereka bisa dengan mudah menyalahkan orang lain dengan menyembunyikan kesalahannya sendiri. Kebenaran akan diubah sesuai imajinasinya sehingga membuat orang lain bingung dengan pernyataan yang kontradiktif.

2. Sulit peka terhadap kesedihan orang lain

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  Pexels.com/Trinity Kubassek

Bagi manusia normal, kesedihan yang dirasakan saat melihat orang lain dalam masalah mudah sekali menyentuh hatinya. Satu sama lain bisa saling menenangkan dengan perasaan yang peka. Berbeda dengan psikopat, mereka tidak dapat merasakan rasa sedih, takut hingga iba pada orang lain. Mereka tak bereaksi ketika mendengar masalah orang lain. 

Menurut American Psychology Association, psikopat memiliki gangguan emosional yang membuatnya berperilaku anti sosial. Jika kamu sulit peka terhadap masalah yang diderita orang lain, hati-hati mungkin saja kamu salah satunya. 

Baca Juga: 7 Alasan Psikopat Cenderung Terlihat Menarik, Kelihatannya Normal

3. Tidak mudah merasa lelah secara emosional

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  Pexels.com/Pixabay

Menurut Brightside, beberapa penelitian menunjukkan bahwa psikopat sulit sekali mendapatkan waktu tidur yang cukup. Berbeda dengan manusia normal, psikopat tidak mudah lelah secara emosional. Biasanya, mereka menghabiskan waktu tidur hanya sekitar 4 hingga 6 jam dalam semalam. 

Seorang psikopat memiliki kualitas tidur yang buruk dibandingkan manusia normal. Hal ini disebabkan oleh perasaan cemas dan sulitnya untuk mendapat ketenangan. Kesulitan merasakan tidur nyenyak mungkin menjadi hal yang biasa bagi seorang psikopat. 

4. Sering memutarbalikkan fakta tanpa rasa bersalah

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  Pexels.com/Vera Arsic

Seorang psikopat tidak pernah mau mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya. Mereka lebih memilih memutarbalikkan fakta tanpa merasa bersalah sedikit pun. Perilaku yang memprovokasi dapat dengan mudah dilakukan, sehingga kamu perlu berhati-hati. Bahkan, psikopat tidak pernah taat pada aturan dan suka menyalahkan orang lain. 

Menurut Psychology Today, mereka tidak memiliki emosi seperti ketakutan dan kesulitan. Mereka bisa memanfaatkan situasi dengan menyudutkan orang lain atas kesalahan yang diperbuatnya. Kata-kata yang keluar dari mulut orang lain bisa dengan mudah dimanipulasi kebenarannya. 

5. Menolak tanggung jawab dengan menyalahkan orang lain

5 Sifat yang Tanpa Disadari Menandakan Psikopat, Kamu Salah Satunya?  Pexels.com/Engin Akyurt

Psikopat sering menolak tanggung jawab dengan menyalahkannya pada orang lain. Tindakan yang diperbuat tidak mudah diakui dan menghindar dari konsekuensinya. Mereka sangat buruk sekali dalam bertanggungjawab atas kesalahannya. 

Menurut Brightside, ketika memiliki masalah, psikopat dengan cepat menemukan orang lain yang dapat disalahkan. Psikopat suka melanggar aturan dan menarik korban untuk ikut bertanggungjawab dalam masalah tersebut. 

Nah, itulah sifat-sifat yang tanpa disadari dirasakan oleh seorang psikopat. Mulai kenali yuk, bisa jadi kamu salah satunya.

Baca Juga: 5 Film Ini Menceritakan Bahwa Seorang Psikopat Gak Harus Brutal

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya