Comscore Tracker

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di Rumah

Biar makin produktif, nih! 

Menyulap ruangan yang kosong dan tidak digunakan menjadi ruang kerja minimalis bisa menambah semangatmu selama di rumah. Dengan menambahkan perabotan yang mendukung selama bekerja, maka kamu bisa mewujudkan ruangan khusus bekerja yang bernuansa kantor sendiri dan aesthetic.

Sudut ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk tetap produktif dalam menghadapi aktivitas selama pandemi. Selain itu, ruangan seperti ini bisa mengobati rindumu terhadap suasana kantor selama jika work from home (WFH) masih diterapkan. Berikut beberapa tips menyulap ruangan menjadi ruang kerja minimalis di rumah sendiri. 

1. Siapkan perabotan kayu dan tata dengan rapi

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di RumahFreepik.com/Freepik

Langkah awal untuk membuat ruang kerja minimalis adalah memilih perabotan kayu yang akan digunakan. Pilihlah meja, kursi, hingga lemari yang pas digunakan saat bekerja dari bahan kayu. Bahan ini mudah dibersihkan dan dapat dicat ulang sesuai warna yang diinginkan.

Tata laptop, buku-buku, kertas dan alat tulis lainnya yang biasanya dibutuhkan saat bekerja. Kamu juga bisa menambahkan pengharum ruangan di sudut meja untuk menambah kenyamanan. Sediakan pula tempat untuk menaruh gelas kopi atau teh yang mudah dijangkau. 

2. Mengecat dinding dengan warna putih, monokrom atau pastel  

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di RumahFreepik.com/Freepik

Cat yang berwarna pastel menambah suasana hati lebih tenang saat bekerja. Kamu bisa mengganti cat dengan warna putih pastel, biru pastel, hijau pastel dan warna-warna pastel lainnya. Hijau dipercaya dapat meningkatkan kreativitas dan biru memberi ketenangan selama bekerja.

Dekorasi yang netral dan perabotan kayu membuat ruang kerja lebih nyaman dan aesthetic. Kamu juga bisa mengkombinasikan warna monokrom untuk membuat ruangan lebih rapih. Hindari warna-warna yang sangat mencolok agar mata tidak cepat lelah.

3. Hiasi dinding dengan foto, gambar dan kutipan penyemangat 

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di Rumahpexels.com/tim gouw

Biar lebih aesthetic dan lebih hidup, pasang foto terbaik yang bisa menambah semangatmu saat bekerja. Banyak DIY bingkai gambar-gambar yang artistik untuk dicoba agar ruangan lebih hidup. Gunakan bingkai berwarna kayu, putih atau hitam untuk menambah suasana kantor.

Hiasi juga dinding dengan bingkai berisi kutipan yang memotivasimu agar lebih bersyukur dalam hidup dan bekerja. Desain yang seperti ini menambah kesan nyaman di ruang kerja minimalismu. 

Baca Juga: 6 Jenis Monstera untuk Dekorasi Ruangan, dari Daun Kecil hingga Lebar

4. Letakkan tanaman untuk memberi kesan indah dan segar 

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di Rumahpexels.com/Serpstat

Tanaman hias memberikan kesegaran alami dalam ruangan, sehingga perlu meletakkan tanaman di ruang kerjamu. Pilih tanaman yang mudah dirawat dan bisa dikondisikan dengan cahaya matahari dalam ruangan. 

Tanaman artifisial juga bisa ditambahkan agar pemandangan ruang kerja lebih indah dan nyaman. Kaktus imitasi yang berukuran kecil bisa ditaruh di sudut meja kerja agar lebih semangat dan suasana tidak cepat membosankan. 

5. Sediakan karpet, bean bag atau bantal besar  

Estetis, 5 Tips Membuat Ruang Kerja Bergaya Minimalis di Rumahpexels.com/Christina Morillo

Setelah meja kerja tertata dengan rapih, buatlah tempat khusus untuk istirahat. Tata karpet, bean bag, hingga bantal besar di dekat meja kerja sebagai tempat khusus menenangkan diri dari kelelahan. Ruang kerja yang dibuat tidak hanya digunakan untuk bekerja, namun menyediakan ruangan kecil sebagai tempat istirahat yang nyaman selepas bekerja. 

Nah, beberapa tips ini perlu dicoba untuk memanfaatkan ruangan di rumahmu menjadi tempat kerja yang nyaman selama aktifitas perkantoran belum normal. Tetap semangat bekerja dan jaga produktivitasmu, ya. 

Baca Juga: Ini Tema Dekorasi Rumah yang Cocok untukmu Berdasarkan Zodiak!

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya