5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!

Bersedekah justru membuat hartamu jadi berkali lipat

Sedekah merupakan salah satu bentuk kebaikan yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, gak bisa dipungkiri bila beberapa orang mungkin ada yang masih merasa takut untuk bersedekah, karena adanya anggapan bahwa dengan memberi justru akan mengurangi harta yang dimiliki.

Tentu saja tidak seperti itu. Sedekah membawa banyak manfaat dan tidak akan membuat seseorang menjadi miskin. Berikut ini lima alasan bila kamu sebaiknya gak takut bersedekah yang telah dirangkum IDN Times.

1. Sekali memberi, akan dibalas berkali lipat

5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!ilustrasi sedekah (pexels.com/RDNE Stock project)

Alasan pertama mengapa kamu sebaiknya gak takut miskin saat bersedekah adalah karena bersedekah itu justru akan melipatgandakan hartamu. Ya, mungkin ini terdengar gak masuk akal. Namun sebenarnya, hal ini sudah dijanjikan oleh Allah SWT, sejalan dengan firman-Nya dalam QS. Al Baqarah ayat 261.

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah ayat 261)

Dari janji Allah tersebut, sebenarnya kamu udah gak takut lagi harta berkurang. Jadi, semakin banyak kamu memberi, semakin banyak pula rezeki yang akan kamu dapatkan sebagai balasannya.

2. Memberi sama halnya membuka pintu rezeki lainnya

5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!ilustrasi sedekah (pexels.com/Timur Weber)

Berbicara tentang rezeki, rasanya mungkin semua orang menginginkan rezeki yang banyak. Namun, sadarkah kamu bahwa rezeki itu gak selamanya berbentuk materi alias uang?

Yap, saat kamu bersedekah kamu memang akan mendapatkan balasan yang berkali lipat. Ajaibnya, bukan cuma berbentuk harta kembali, tapi juga kamu dibukakan pintu rezeki lain. Misalnya rezeki kesehatan, diberi umur panjang, hingga dilancarkan urusan. Semua itu bisa kamu dapatkan ketika rajin bersedekah.

3. Bersedekah membersihkan harta

5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!ilustrasi harta (pexels.com/Karolina Grabowska)

Harta yang dimiliki saat ini hanyalah sebuah titipan dari Allah. Untuk itu, janganlah sombong dan angkuh sehingga gak mau lagi berbagi dengan sesama, apalagi saat pikiran menahan bersedekah karena kamu takut merasa jatuh miskin.

dm-player

Bersedekah juga berarti kamu sedang membersihkan harta. Harta kamu itu juga adalah harapan yang bisa dirasakan oleh orang lain. Untuk itu, mereka juga patut merasakannya melalui uluran tangan dari orang baik.

Rasulullah pernah bersabda, "Tidak akan berkurang harta seorang hamba karena disedekahkan (HR Tirmidzi)." Dari penjelasan tersebut, sudah sepatutnya kita sadar bahwa sesama manusia ini kita memang harus saling membantu.

Baca Juga: 5 Tips Bersedekah di Bulan Ramadan, Biar Pahala Kian Melimpah!

4. Berdampak baik untuk kesehatan mental

5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!ilustrasi muslim bahagia (pexels.com/Cedric Fauntleroy)

Gak perlu takut miskin saat sedekah. Alasannya sederhana, sedekah itu membawa begitu banyak kebaikan yang menjadi balasan. Gak melulu soal harta, dengan bersedekah kamu juga sudah merawat kesehatan mental.

Benar, tanpa kamu sadari, saat kamu memberi seseorang dan melihat ekspresi bahagianya, secara otomatis kamu juga akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan yang sama. Perasaan tersebut akan membawamu ke dalam kondisi good mood dan terhindar dari stres yang berkepanjangan.

5. Membuka wawasanmu lebih luas lagi tentang makna kehidupan

5 Alasan Gak Boleh Takut Miskin saat Sedekah, Banyak Manfaatnya kok!ilustrasi makna kehidupan (pexels.com/ zheng liang)

Dunia ini bukan cuma kamu isinya. Ada juga kehidupan orang lain yang patut kita hargai, termasuk mereka, orang-orang yang membutuhkan uluran tangan.

Ada banyak pelajaran hidup yang justru muncul dari kehidupan sederhana. Kamu bisa menggali lebih jauh makna hidup yang sebenarnya dari aktivitas bersedekah.

Contohnya, saat kamu membantu seseorang yang kamu temui sedang kesusahan di jalan, ternyata orang tersebut adalah seorang ibu yang berjuang setengah mati untuk makan setiap hari bersama kelima anaknya. Mereka gak seberuntung kamu dan justru dari mereka kamu bisa belajar betapa berharganya hidup yang dimiliki. Jadi, jangan pernah mengeluh atau menyia-nyiakannya hal tertentu.

Ada berbagai bentuk sedekah yang bisa dilakukan, mulai dari memberi secuil harta yang dimiliki hingga memberi orang dengan berbagai barang yang bermanfaat. Ingat, dengan berbagi bukan berarti harta yang kamu miliki berkurang, tapi justru berkembang jadi berkali lipat. Oleh karenanya, jangan lelah berbuat baik, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Gak Perhitungan Masalah Uang, Gemar Bersedekah!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

my words my existence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya