Comscore Tracker

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa Batas

Sultan kuota, sultan ide #IniBaruGokil

Menjadi seorang penghasil konten atau sering disebut dengan content creator, membuat ide menjadi salah satu bahan baku terpenting dari sebuah konten. Baik nanti hasilnya akan berbentuk tulisan, gambar, video atau suara.

Amatlah sangat wajar jika kamu sering menemui orang stres karena tidak bisa menemukan ide yang tepat. Alhasil sebagian dari mereka mengandalkan konten viral untuk diamati, tiru dan modifikasi atau ATM.

Tapi, apakah akan seperti itu terus? Bukankah jika sudah mengklaim diri sebagai seorang content creator, harusnya mampu melahirkan ide out of the box. Bahkan di waktu genting sekalipun tanpa adanya plan.  Nah, berikut cara tergokil agar ide tepat bisa langsung cair saat dibutuhkan. Yuk simak!

1. Bijak menggunakan media sosial

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasIlustrasi menggunakan media sosial (unsplash.com/austindistel)

Jika kamu punya pekerjaan atau ingin belajar menjadi content creator untuk media sosial, jawabannya ya bedah media sosial. Maksudnya selalu update perkembangan di masing-masing platform tersebut. 

Misal, beberapa bulan terakhir instagram sedang diramaikan dengan adanya fitur reels; sebuah fitur yang bisa menghasilkan konten video dan bisa diselipkan tulisan selain musik. 

Nah, kamu bisa lho memanfaatkan kesempatan ini untuk berkarya. Awalnya tidak apa-apa jika kamu melakukan ATM, tapi selanjutnya coba kompilasikan dengan beberapa reels. Sehingga konten milikmu tak terkesan monoton. 

Pastikan juga komposisi yang kamu masukkan antara lagu, narasi video, caption, dan judul sesuai takaran sehingga jadi unik sesuai dengan versimu.

2. Manfaatkan YouTube

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasIlustrasi menggunakan YouTube (unsplash.com/vmxhu)

Menjadi youtuber memang menjadi impian beberapa orang. Selain menghasilkan konten untuk dibagikan jika sukses bisa memperoleh cuan di sana. Jadi bisa menjadi salah satu sumber pemasukan nantinya.

Namun, nyatanya saat membuatnya memang tak segampang merancangnya apalagi hanya diungkapkan tanpa ada usaha. Jadi bisa lho untuk menemukan ide unik ini sering-seringlah menelusuri jenis konten yang ingin dihasilkan. 

Misal ingin menghasilkan sebuah film pendek. Nah, sebelum itu coba mencari beberapa contoh dari film-film pendek di youtube. Gak harus temanya sama kok, kamu bisa belajar dari tema berbeda karena mungkin saja kamu bisa menemukan sudut pandang lain dan pastinya beda dari lainnya. 

3. Menonton film

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasIlustrasi menonton film (unsplash.com/cardmapr)

Gak suka nonton film apalagi drama? Coba deh sesekali nikmati momen itu. Dijamin setelahnya pasti banyak bermunculan ide di kepala, bahkan bisa diaplikasikan ke semua jenis konten. 

Misal setelah menonton drama China, kamu bisa melahirkan konten tulisan. Atau dari beberapa sudut pandang yang kamu peroleh bisa jadi bahan konten podcast per minggunya. Sehingga sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.

Oh ya, untuk nonton film ini gak harus bayar mahal lho. Manfaatkan gratisan pakai akun teman misalnya. Bisa juga hanya dengan nonton spoiler, ide membara bisa kamu dapatkan. 

Baca Juga: Kiat Sukses Menjadi Content Creator Bersama Kuota Gokil Max, Cobain!

4. Banyak mendengarkan informasi berharga

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasIlustrasi mendengarkan musik (unsplash.com/fixelgraphy)

Apapun yang kamu dengar sebenarnya bisa jadi bahan konten lho. Entah itu dari lagu, podcast, suara makhluk hidup saat malam hari, bahkan gosip tetangga samping rumah. 
Tapi semua tergantung dari caramu mengolah dan mau dijadikan konten apa itu nanti.

Misal saat tentang sering memarahi anak karena main game, kamu bisa langsung menulis tentang tips berkomunikasi dengan anak dalam bentuk tulisan. 

Meskipun tetangga tidak membaca, setidaknya ide dalam pikiranmu terealisasikan. Jadi siapa saja yang baca semoga bisa mengambil manfaat. 

5. Perbanyak membaca hal bermanfaat

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasIlustrasi membaca online (unsplash.com/neonbrand)

Kebiasaan ini sepele lho tapi sangat penting bagi siapa saja. Terutama para content creator yang bergelut dalam dunia tulis menulis. 

Jadi jangan pernah bosan membaca apa saja. Gak harus buku kok, kamu bisa membaca tulisan di situs-situs berita agar update. Misal memanfaatkan platform IDN Times untuk menemukan ide yang disukai generasi milenial. 

6. Rajin berdiskusi

6 Cara Gokil Content Creator Menemukan Ide Unik tanpa BatasKuota sultan Smartfren Gokil Max (dok.Pribadi/Nurul Khasanah)

Diskusi online saat pandemi bisa jadi pilihan alternatif lho demi menemukan ide out of the box. Bukan hanya berdiskusi dengan keluarga dan teman saja, melainkan bisa dengan orang-orang hebat saat mengikuti webinar. 

Bahkan makin hari banyak webinar gratis dengan berbagai tema. Jadi manfaatkan itu untuk menemukan ide sebanyak-banyaknya. Kamu juga bisa menggunakan kesempatan itu untuk memperbaiki ide yang dimiliki semakin unik. 

Nah, agar webinarmu lancar bebas hambatan seperti jalan tol dan jaringan 100 persen 4G, saatnya bertransformasi ke Smartfren GOKIL MAX demi bisa ikut puluhan sampai ratusan webinar setiap bulannya secara cepat dan stabil. 

Dapatkan Kuota Lokal yang nyaman hanya bisa diakses di kotamu saja serta Kuota Nasional  bisa kamu gunakan di mana saja. Ada pula Extra Kuota malam pukul 01.00 - 05.00 dan 24 Jam ke semua aplikasi dengan harga murah.  Hanya dengan harga mulai Rp30.000 kamu bisa dapatkan Kuotanya Sultan. 

Nah itu dia cara gokil untuk menemukan ide tanpa batas. Tapi jangan lupa menuliskan ide-ide itu dalam list ide ya. Kalau perlu siapkan wadah khusus menampung idemu dan bisa diakses kapan saja. Misal di Google Keep dan Microsoft to do.

Saat penulis menulis konten ini juga sedang berprofesi sebagai content creator dan menggunakan Smartfen Gokil Max lho. Hanya Rp70.000, kamu sudah bisa dapat 12 GB Kuota Nasional, 24 GB Kuota Lokal, Extra 70GB pukul 01.00 - 05.00, serta Gratis Nelpon HD ke semua Smartfren. 

Gimana, Smartfren benar-benar menyediakan kuota sultan bukan?

Baca Juga: Menjanjikan, 5 Alasan Profesi Content Creator Semakin Diminati

N Khana Photo Verified Writer N Khana

Nurul Khasanah. Bukan siapa - siapa. Hanya manusia tidak sempurna, murid, penikmat kopi hitam tak bergula dan suka mancal kemana-mana. Kadang jadi penulis, tukang foto dan design meskipun gadungan. Silakan sapa aku lewat Instagram @nkhanaart .

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya