Comscore Tracker

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!

#RamadanMasaKini biar tetap sehat meski puasa

Menurut ahli kesehatan, tidur setelah makan sahur sangat tidak disarankan karena dapat memicu naiknya asam lambung yang justru menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti kambuhnya maag. Nah, untuk mengatasi rasa ngantuk yang besar hingga membuat kita bablas tadi ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Apa saja? Yuk, simak.

1. Atur jam tidur malam

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!unsplash.com/Matthew T Rader

Biasanya rasa ngantuk yang sulit ditahan usai sahur dipengaruhi oleh jam tidur malam kita yang belum tercukupi. Untuk menyiasati kekurangan waktu tidur, cobalah untuk mengatur kembali jam tidur malammu. Ubah jam tidurmu dengan mulai membiasakan tidur lebih cepat. Dengan begitu selepas makan sahur kamu tidak akan terlalu mengantuk dan tidak tergoda untuk kembali tidur.

2. Minum air jahe

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!unsplash.com/Dominik Martin

Kopi seringkali dijadikan solusi instan untuk mengatasi rasa mengantuk yang datang. Akan tetapi, mengonsumsi kopi saat sahur sangat tidak dianjurkan karena kandungan kafein di dalamnya dapat membuat tubuh kehilangan banyak cairan akibat terlalu sering buang air. Sebagai pengganti kopi, cobalah untuk minum air jahe. Selain dapat menghangatkan dan menyegarkan tubuh, mengonsumsi minuman jahe malah dapat menjaga tingkat keasaman lambung.

3. Minum air putih

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!pexels.com/Daria Shevtsova

Air putih juga dapat membantu kita untuk cepat terjaga, terutama selepas sahur. Air putih yang kita minum tadi membantu meningkatkan metabolisme tubuh dengan mengalirkan oksigen ke otak. Dengan cukupnya oksigen yang mengalir, kita akan merasa lebih segar dan tidak terus menguap. Namun, kita juga harus memperhatikan jumlah air putih yang dikonsumsi sebab terlalu banyak minum air putih pun tidak akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Juga: 4 Tips Supaya Sahur Tidak Merasa Ngantuk, Biar Bangun Jadi Segar!

4. Mandi atau wudhu dengan air dingin

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!unsplash.com/Timothy Dykes

Hal yang sering membuat kita malas untuk dilakukan saat pagi adalah mandi. Padahal mandi dapat menjadi solusi terbaik untuk mengusir kantuk sekaligus rasa malas yang datang. Dengan mandi cepat di pagi hari, tubuh seolah mendapat sinyal untuk segera memulai aktivitas. Namun jika mandi masih terlalu dingin, solusi lain adalah dengan berwudhu menggunakan air dingin. Hampir sama dengan mandi, wudhu juga memicu tubuh untuk tetap terjaga hingga kita tidak lagi tergoda untuk tidur kembali.

5. Olahraga pagi

5 Tips Biar Gak Bablas Tidur Setelah Sahur, Yuk Cobain!unsplash.com/Tomasz Woźniak

Selain untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa, dengan berolahraga dapat sistem tubuh dapat aktif lebih cepat. Meskipun begitu, tidak semua olah raga dianjurkan untuk dilakukan saat sedang berpuasa. Cukup dengan berjalan kaki, bersepeda, atau melakukan yoga.

Yuk, biasakan melakukan aktivitas bermanfaat selama menjalankan ibadah puasa.

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Tyas Photo Community Writer Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You