Comscore Tracker

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri 

Kenali, beri ruang, lalu gali lebih dalam

Rasa sakit bukan hanya dialami secara fisik, tapi juga secara emosional yang seringkali justru berdampak lebih besar pada kestabilan mental seseorang. Sayangnya, gak banyak orang yang mampu menangani rasa sakit emosional secara mandiri hingga akhirnya malah berujung pada luka batin yang seolah gak kunjung sembuh.

Butuh usaha lebih besar agar mampu mengelola rasa sakit emosional yang mulai muncul dalam diri. Segera upayakan dengan menerapkan lima cara berikut ini, yuk.

1. Kenali dan perhatikan apa yang dirasakan oleh tubuhmu 

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri ilustrasi merasa malu (Unsplash.com/Andrew Neel)

Sebelum mencari solusi penyembuhan batin, pertama-tama kenali dulu rasa sakitmu dengan memperhatikan tanda-tanda fisik yang dialami tubuhmu. Misalnya, kamu mengalami sesak napas, nyeri di dada, atau sakit kepala yang terasa cukup berat. Beri perhatian pada gejala fisik tersebut dan jangan disepelekan.

Dengan mau berusaha mengenali dan memperhatikan gejala fisikmu, setiap sensasi rasa akan terasa penting untuk mengungkap bentuk kesakitan yang dialami sejak dini. Sebab, gak bisa dimungkiri juga bahwa luka batin akan mencuat ke luar lewat sakit fisik yang kerap dianggap biasa saja.

2. Berikan nama pada sensasi perasaan tersebut 

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri ilustrasi kecewa (Pexels.com/Liza Summer)

Setelah mampu memberi perhatian dan mengenali rasa sakit di tubuhmu, berilah nama sensasi perasaan tersebut. Biasanya rasa sakit di dada yang berujung menyesakkan gak akan jauh dari dampak emosi negatif, seperti kesedihan mendalam atau amarah besar yang dipendam terlalu besar.

Memberi nama atas sensasi perasaan yang muncul akan membuatmu mengenali luka batinmu secara lebih baik. Kamu gak akan salah memahami perasaanmu sendiri ketika mau jujur untuk mengakui emosimu dan bukannya menolak hingga menutupi atau bahkan mengabaikannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Psikosomatis, “Sakit” yang Ternyata Bukan Sakit 

3. Ambil waktu dan rasakan semua kesakitan yang ada 

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri ilustrasi menyendiri (Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Gak cukup mengenali dan memberi nama, lanjutan dengan memberi ruang pada dirimu untuk “menikmati” semua sensasi rasa yang sedang melanda batinmu. Ambil waktu untuk sekadar duduk diam dan merasakan semuanya sebagai bentuk penerimaan atas kemunculan sensasi rasa yang menyakitkan tersebut.

Jangan paksa untuk menyingkirkannya secepat mungkin. Cukup rasakan semuanya tanpa ada penolakan dan biarkan kesadaranmu memihak bahwa rasa sakit itu nyata. Katakan kalau kamu menyadari rasa sakit tersebut dan akan memberi waktu untuk dirimu sendiri merasakan setiap sensasi yang ada.

4. Tenangkan diri seperti sikap orangtua pada anaknya 

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri ilustrasi meditasi di tempat kerja (apss.co.uk)

Setelah waktu untuk merasakan rasa sakit emosionalmu cukup, beri dirimu dukungan psikis seperti sosok orangtua yang sedang menenangkan anaknya. Perlakukan tubuh dan perasaanmu dengan halus dan tanpa memberi tekanan untuk segera bangkit menghadapi rasa sakit tersebut.

Jadilah orangtua bagi dirimu sendiri dan beri perlakuan serta kata-kata lembut yang menenangkan. Tujuannya tentu untuk memberi rasa aman dan nyaman lewat dukungan serta pendampingan psikis. Meski datang dari diri sendiri, tapi jangan remehkan dampaknya bagi mentalmu, ya.

5. Biarkan mengalir dan gali rasa sakitmu saat sudah lebih tenang 

5 Cara Mengelola Rasa Sakit Emosional yang Muncul dalam Diri ilustrasi menenangkan pikiran (Pexels.com/Oleksandr Pidvalnyi)

Langkah selanjutnya adalah dengan membiarkan setiap sensasi rasa mengalir tanpa perlawanan dan tanpa ditahan dalam pikiran. Sebab terkadang melepaskan bukan memaksa segera pergi tapi justru membiarkan semuanya mengalir menuju jalan keluarnya sendiri tanpa paksaan.

Cara ini akan membuat syarafmu mengendur dan pikiran jadi lebih rileks. Pada akhinya, ketenangan akan membantu mempermudah proses penggalian rasa sakitmu terkait apa dan bagaimana bisa muncul serta cara mengambil sikap terhadap semua hal tersebut sebagai langkah penanganan luka batin.

Mengelola rasa sakit secara emosional memang bukan perkara mudah. Namun juga bukan hal yang mustahil untuk dikerjakan, terlebih saat kamu mau mencoba untuk menerapkan kelima cara tadi. Asal yakin dan punya kemauan untuk “sembuh”, semua rasa sakitmu pasti akan mampu segera ditangani.

Baca Juga: 5 Tips Sehat secara Emosional, Jangan Cuma Sehat Fisik!

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya