Comscore Tracker

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceria

Yuk, cobain! 

Hidup seringkali bisa dipenuhi dengan kejutan hingga tak jarang akan menimbulkan perubahan suasana hati. Hal baik biasanya akan membuat suasana hati menjadi gembira. Sebaliknya, suasana hati akan berubah drastis saat mendapati masalah atau kenyataan yang tidak sesuai harapan dan keinginan. Kalau sudah begini, kita jadi lebih sering uring-uringan hingga semua hal tampak salah.

Alih-alih mengatasi bad mood, akan jauh lebih menenangkan jika kita bisa mencegahnya. Berikut ini beberapa tips anti bad mood yang layak dicoba agar suasana hati selalu ceria. 

1. Awali hari dengan bersyukur

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceriaunsplash.com/Ben White

Meski terdengar sederhana, tapi rasa syukur yang kita tanamkan dalam diri bisa menjadi benteng terkuat untuk mencegah sekaligus menghadapi bad mood. Tentang harapan yang tidak tercapai, usaha yang gagal, atau kehilangan orang terkasih, semua tetap memiliki pesan saat kita tahu cara bersyukur.

Mulailah harimu dengan mengucap syukur atas apa yang dimiliki. Keluarga lengkap dan rukun, pekerjaan yang masih dalam genggaman, atau sekadar perasaan bahagia karena masih bisa bangun tidur dalam keadaan sehat. Semua itu mampu menjadi mood booster kita setiap harinya. Dengan bersyukur, maka harimu akan jadi jauh lebih baik.

2. Hindari terlalu overthinking terhadap banyak hal

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceriaunsplash.com/Jake Young

Saat kita memikirkan sesuatu secara berlebihan justru hal ini menjadi awal penyebab kecemasan yang berimbas pada perubahan suasana hati. Seringkali kita akan menjadi tertekan akibat gambaran kejadian yang belum tentu terjadi. Jika sudah begini, suasana hati justru akan jadi buruk.

Tetaplah tenang dalam menyikapi segala sesuatunya. Belum tentu apa yang kita takutkan akan benar-benar terjadi. Terlalu mencemaskan banyak hal hanya akan jadi beban untuk pikiran. Gak hanya jadi bad mood, seringkali orang-orang di sekitar kita juga akan terkena imbasnya.

3. Pikirkan hal-hal menyenangkan yang dapat bangkitkan semangatmu

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceriapexels.com/Andrea Piacquadio

Dibandingkan terus meladeni mood negatif sepanjang hari dan malah jadi semakin gak nyaman, akan lebih baik jika kita memikirkan hal-hal yang menyenangkan. Meski terkesan sederhana, tapi efeknya justru besar sebagai mood boster kita, lho.

Perlahan pikiran akan jadi lebih tenang hingga perasaan pun ikut membaik. Alhasil, bad mood yang sempat dirasakan sebelumnya akan cepat reda dan menghilang tanpa kita sadari. Bukan hanya mood yang membaik, tapi kita juga akan semakin semangat menjalani hari.

Baca Juga: Hempas Bad Mood, Lakukan 5 Hal Ini Biar Kamu Good Mood Terus!

4. Berbuat baik pada orang lain juga bisa menjaga dan memperbaiki mood

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceriaunsplash.com/Javier Molina

Jika suasana yang buruk yang terlanjur menguasai hati seringkali akan membuat perasaan jadi gak karuan. Bahkan semua hal yang kita kerjakan pun terkadang jadi ikut berantakan. Salah satu cara sederhana yang layak dicoba demi memperbaiki mood adalah dengan berbuat baik pada orang lain.

Saat kita berbagi kebaikan, aura kebahagiaan yang orang lain pancarkan akan membawa efek serupa pada kita. Melihat orang tersenyum bahagia setelah berbagi kebaikan ternyata juga akan meredakan ketegangan pikiran yang kita rasakan.

5. Gak kalah penting, perlakukan dirimu dengan baik

5 Tips Anti Bad Mood yang Bisa Dicoba Agar Suasana Hati Selalu Ceriaunsplash.com/Raychan

Last but not least, cara terampuh dan termudah adalah dengan menyadari alasan dibalik perubahan mood yang mungkin menyerang. Hal ini penting agar kita dapat memilih self treatment yang tepat. Meski terkesan remeh, tapi memberi perlakuan yang terbaik untuk diri kita sendiri sangat layak dilakukan. Memanjakan diri terkadang bisa menjadi solusi di saat semua hal terasa salah.

Saat tubuh mulai rileks dan hati serta pikiran jadi lebih tenang, perlahan suasana hati pasti akan membaik. Ingat, setiap masalah yang bersumber dari dalam maupun luar, penyelesainnya tetaplah berasal dari diri sendiri.

Nah, itu tadi beberapa tips anti bad mood yang bisa kita coba lakukan agar suasana hati selalu ceria. Yuk, lakukan.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Bad Mood saat Jenuh Kelamaan Beraktivitas di Rumah Aja

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya