Comscore Tracker

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugi

Kamu gak harus kaya secara materi untuk memberi

Memberi adalah tindakan yang sangat mulia untuk dilakukan. Tak hanya itu, memberi juga bisa membuat kita merasa bahagia. Karena itu, kamu pasti ingin memberi pada orang lain. Akan tetapi, banyak orang mungkin merasa enggan untuk memberi. Bukan karena tidak mau, tapi karena kamu merasa tidak bisa memberi apa pun lantaran keterbatasan finansial.

Kalau kamu pernah mengalaminya, sadarilah bahwa semua orang sebenarnya bisa memberi, seperti apa pun keadaan ekonominya. Itu karena ada banyak hal berharga yang bisa kita berikan pada orang lain tanpa harus mengeluarkan uang. Inilah lima hal di antaranya.

1. Waktu

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugiilustrasi orang curhat (pexels.com/john diez)

Waktu adalah sumber daya berharga yang dimiliki semua orang. Tak semua orang punya uang banyak, tapi setiap orang memiliki jumlah waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Kamu pun demikian. Jadi, kamu sudah punya modal berharga yang bisa diberikan pada orang lain.

Salah satu cara dengan menyisihkan waktu untuk mendengar curhatan teman yang sedang dalam masalah. Jangan anggap itu hal yang sepele karena kesediaanmu untuk mendengarkan bisa sangat berarti baginya. Meski kamu mungkin tak bisa memberi solusi, setidaknya ia akan merasa lega karena sudah mencurahkan beban pikirannya.

Lagi pula, mendengarkan curhatan orang lain tak hanya bermanfaat baginya, tapi bagi dirimu sendiri pula. Selain tentunya bahagia karena bisa membantu, kamu juga bisa menarik pelajaran dari masalah dan pengalaman orang lain. Plus, mereka pun akan dengan senang hati mendengar curhatanmu di lain kesempatan.

2. Ucapan penyemangat

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugiilustrasi teman memberi semangat (pexels.com/andrea piacquadio)

Masih berhubungan dengan curhat, kamu juga bisa memberi ucapan penyemangat pada orang yang sedang menghadapi masalah. Tak semua orang pandai memberi solusi, tapi memberi semangat umumnya tak terlalu sulit. Kata-kata sederhana, seperti "Berjuang terus, ya, jangan menyerah," bisa berarti besar bagi orang yang sedang down.

Tentu, semangat tak hanya dibutuhkan orang yang sedang bermasalah. Kamu juga bisa menyemangati teman yang akan menghadapi acara penting atau sekadar sedang bad mood. Kalau kamu suka menyemangati orang lain, orang lain pun akan melakukan hal yang sama padamu saat kamu membutuhkannya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Berada di Lingkaran Pertemanan yang Kurang Tepat

3. Pujian

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugiilustrasi orang memuji (pexels/com/sarah chai)

Hal lain yang bisa kamu berikan pada orang lain meski tak punya banyak uang adalah pujian. Jangan remehkan pentingnya pujian karena pujian bisa sangat menaikkan mood dan rasa percaya diri. Ada banyak hal yang bisa kamu puji dari orang lain, mulai dari penampilan, sifat baik, skill, dan hal-hal positif lainnya.

Tentu, pujian terbaik adalah pujian yang diberikan dengan tulus. Oleh karena itu, jangan berikan pujian palsu dan mengumbar-umbar pujian meskipun kamu memuji dengan jujur. Kalau diberikan dengan tepat, pujian darimu bisa jadi pemberian yang berharga bagi orang lain.

4. Hiburan

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugiilustrasi orang bermain gitar (pexels.com/kindel media)

Buat yang punya kemampuan menghibur, kamu juga bisa memanfaatkan itu untuk memberi hiburan bagi orang lain, misalnya menyanyi, bermain musik, melawak, dan lain sebagainya. Hiburan adalah kebutuhan semua orang, tak hanya bagi orang yang sedang bersedih, tapi kita semua memang butuh dihibur.

Mendapat hiburan bisa membuat mood kita naik dan daya tahan tubuh meningkat. Hal itu sangat penting dalam segala kondisi, terutama saat situasi pandemik seperti sekarang. Jika bisa memberi hiburan pada orang lain, itu bisa sangat bermanfaat bagi mereka dan kamu sendiri pun pasti bahagia bisa melihat orang lain terhibur.

5. Informasi

5 Hal Gratis yang Bisa Kamu Berikan pada Orang Lain, Gak Bakal Rugiilustrasi orang memberi informasi (pexels.com/alexander suhorucov)

Pada era modern ini, informasi bisa sangat mudah kita dapatkan dari internet. Akan tetapi, tak semua orang mengerti caranya mencari informasi dengan baik atau mencari sumber informasi yang tepercaya. Akibatnya, beberapa orang kerap terjebak informasi yang salah hingga akhirnya dirugikan.

Orang-orang seperti itu butuh mendapat informasi yang benar dan kamu bisa berperan untuk memberikannya. Misalnya, kalau ada orang yang belum paham betul bahaya virus corona, kamu bisa memberi tahu mereka. Informasi seperti itu akan sangat bermanfaat bagi mereka dan lingkungannya.

Lima hal berharga di atas bisa kamu berikan pada orang lain tanpa harus mengeluarkan uang. Jadi, meskipun kamu bukan orang kaya, jangan berpikir bahwa kamu gak mampu memberi apa pun. Berikanlah apa yang kamu bisa dan kamu pasti akan merasakan kebahagiaan dalam memberi!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Tak Perlu Adu Gengsi dalam Urusan Pertemanan

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya