Comscore Tracker

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba 

Bermanfaat, nih!

Waktu merupakan hal yang sangat berharga untuk dimanfaatkan. Makanya, saat mempunyai waktu luang, kita tentu ingin menggunakannya dengan sebaik mungkin. Bagus sekali kalau kita bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang gak hanya menyenangkan, tapi juga berfaedah.

Membaca, berolahraga, dan berkumpul dengan teman-teman merupakan contoh kegiatan pengisi waktu luang yang bermanfaat. Gak cuma itu, lho. Berikut ini lima ide kegiatan pengisi waktu luang yang antimainstream sekaligus berfaedah.

1. Mempelajari topik yang kamu minati

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba pexels/bruce mars

Belajar mungkin kedengaran seperti kegiatan yang membosankan dan membebani. Namun, kesan itu muncul karena sering kali kita belajar karena memang diharuskan. Kapan terakhir kali kamu mempelajari suatu topik bukan karena wajib, tapi karena memang ingin?

Salah satu contohnya, mungkin selama ini kamu ingin belajar soal berbagai teknik fotografi, tapi gak pernah sempat karena terhalang kesibukan. Nah, saat ada waktu luang, itulah waktu yang tepat untuk melakukannya!

Kamu bisa belajar lewat buku, video, bahkan mengambil kelas fotografi. Kalau memang berminat, dijamin kamu bakal sangat menikmatinya.

2. Membersihkan barang-barang pribadi yang jarang dibersihkan

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba pexels/KML

Dalam keseharian, kamu tentu selalu menjaga kebersihan. Namun, mungkin pembersihan yang kamu lakukan gak terlalu maksimal atau mendetail, lagi-lagi karena kesibukan.

Makanya, kenapa gak manfaatkan waktu luangmu untuk membersihkan barang-barang pribadimu yang jarang dibersihkan? Suasana hatimu pasti akan naik melihat barang-barangmu bersih!

Coba bersihkan tas dan sepatu yang sehari-hari kamu pakai. Bisa juga pakaian yang berbahan tebal yang memang butuh pembersihan lebih detail. Kasur, bantal, dan gulingmu pun perlu disedot debunya secara berkala, lho. Bahkan, alat-alat elektronik yang kamu punya juga harus dibersihkan. Tentunya, hal itu supaya bersih dan lebih awet.

Baca Juga: 5 Kegiatan Produktif yang Bisa Kamu lakukan Saat Menunggu Pekerjaan

3. Jalan-jalan atau bersepeda

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba pexels/Noelle Otto

Berjalan-jalan juga bisa jadi pilihan kegiatan yang asyik dan bermanfaat. Supaya manfaatnya lebih terasa, coba jangan gunakan kendaraan bermotor. Jalan santai sore hari atau bersepeda sebenarnya justru lebih asyik, lho!

Di zaman yang serbasibuk ini, kamu butuh sesekali bersantai. Makanya, gak perlu pergi ke tempat yang jauh supaya kamu gak merasa diburu waktu karena harus cepat sampai. Kamu pun akan terhindar dari stres karena kemacetan. Di tengah jalan, kamu bebas berhenti di warung makan enak yang jarang kamu kunjungi. Asyik banget, kan?

4. Mengobrol dengan keluarga

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba pexels/cottonbro

Kapan terakhir kali kamu mengobrol dengan keluargamu? Mungkin sehari-hari kamu memang berbicara dengan mereka karena ada perlu. Namun, yang dimaksud di sini ialah murni mengobrol saja dan membicarakan berbagai hal dengan keluargamu, terutama dengan anggota keluarga yang kurang dekat denganmu.

Tentu, banyak banget manfaatnya kalau kamu mengobrol dari hati ke hati seperti itu dengan keluargamu. Sebisa mungkin, lakukan secara langsung, tapi lewat telepon pun gak masalah. Jangan hanya perhatikan teman dan pasangan saja, ya, tapi perhatikan juga keluargamu.

5. Merapikan isi gawai

Antimainstream, 5 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Harus Kamu Coba pexels/Porapak Apichodilok

Hal lain yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luang ialah merapikan isi gawaimu, misalnya HP dan laptop. Hapus aplikasi, foto, dan berbagai file yang sudah gak terpakai untuk menghemat ruang penyimpanan gawaimu. Chat dan email yang sudah basi juga bisa kamu hapus. Begitu pula dengan kontak yang sudah gak terpakai.

Pindai juga gawaimu supaya terbebas dari virus. Mutakhirkan semua aplikasi yang penting. Plus, kamu juga bisa mengganti pengaturan dan tampilan gawaimu supaya kamu gak bosan. Dijamin, gawaimu akan jauh lebih lancar dan enak dipakai.

Itulah lima ide kegiatan pengisi waktu luang yang antimainstream. Semua kegiatan di atas gak hanya bermanfaat, tapi juga sangat seru, lho. Yuk, manfaatkan waktu luang yang kita miliki dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Baca Juga: 5 Kegiatan Paling Seru untuk Liburan Akhir Tahun, Lebih Berfaedah!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya