Comscore Tracker

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Penting

Memperhatikan penampilan perlu, tapi jangan berlebihan

Punya penampilan fisik yang menawan adalah dambaan dari semua orang. Siapa sih yang gak ingin jadi orang cantik atau tampan, memiliki bentuk tubuh ideal serta dandanan kece? Gak salah untuk memiliki keinginan itu, dan gak salah untuk berusaha mewujudkannya dengan berbagai cara.

Tapi awas, di dunia yang sangat mementingkan penampilan ini, kamu bisa dengan mudah terpancing untuk terlalu berfokus pada penampilanmu. Fokus pada penampilan memang penting, tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Kalau kamu memandang penampilan dengan sewajarnya, kamu akan dapat tujuh manfaat ini loh.

1. Lebih banyak waktu untuk memperbaiki kepribadian

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingfreepik/jcomp

Kamu pasti setuju bahwa percuma jadi orang super kece kalau punya kepribadian yang bikin ilfeel. Kamu pasti gak mau dekat-dekat dengan orang seperti itu. Maka kamu sendiri janganlah menjadi orang seperti itu. Caranya? Ya lebih fokuslah untuk memperbaiki kepribadianmu, bukan penampilanmu.

Mungkin waktu dan perhatianmu untuk penampilan jadi berkurang, sehingga penampilanmu pun jadi biasa-biasa saja. Tapi gak masalah, karena sifat baikmu akan memancarkan inner beauty yang pasti disukai semua orang.

2. Lebih banyak waktu untuk kegiatan yang penting

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/pixabay

Pernahkah kamu coba menghitung berapa banyak waktu yang kamu gunakan dalam sehari untuk memperbaiki penampilan? Kalau kamu cewek, kemungkinan waktunya cukup banyak. Tapi cowok pun gak sedikit yang rela menghabiskan banyak waktu untuk bersolek.

Bukan berarti itu salah, tapi coba bayangkan seandainya setengah saja dari waktu yang kamu gunakan itu bisa kamu alihkan untuk hal lain yang lebih berfaedah. Misalnya membaca, berolahraga, kumpul dengan teman, atau bahkan sekadar istirahat. Manfaatnya pasti jauh lebih besar buat hidupmu.

3. Lebih mudah membedakan mana orang yang tulus dan tidak

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/ba phi

Bagaimana cara yang efektif untuk mengetahui ketulusan orang-orang yang dekat denganmu? Salah satunya adalah dengan tampil apa adanya, alias gak terlalu fokus pada penampilan. Teman-teman yang tulus menyayangimu pasti gak akan mempermasalahkan itu dan tetap mau dekat denganmu.

Pun begitu dengan pasangan atau lawan jenis yang sedang mendekatimu, ketulusannya bisa terlihat dengan cara itu. Jika kamu terlalu fokus berpenampilan paripurna, bisa jadi kamu malah akan sulit, loh, membedakan mana orang yang tulus dan yang tidak.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengambil Pekerjaan Sampingan, Gak Cuma Nambah Pemasukan

4. Gak ribet

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/Kaboompics.com

Terlalu fokus pada penampilan juga bisa membuatmu ribet sendiri. Terutama saat mau bepergian, begitu banyak yang harus kamu lakukan dan begitu banyak waktu yang harus kamu habiskan. Bukankah jauh lebih enak untuk woles saja soal penampilan, supaya kamu gak perlu merasakan semua keribetan itu?

5. Lebih hemat

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/Alexander Mils

Bukan rahasia kalau penampilan yang baik itu gak gratis. Bukan cuma sekadar tenaga dan waktu yang harus kamu korbankan, tapi juga uang yang cukup banyak. Maka kalau kamu gak berfokus pada penampilan, apa efeknya? Yap, tentu saja pengeluaranmu untuk penampilan pun jadi jauh berkurang dan bisa kamu gunakan untuk hal lain.

6. Terhindar dari siksaan fisik

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/nappy

Gak ketinggalan, sebagian orang malah rela 'menyiksa' dirinya sendiri demi mendapatkan penampilan yang maksimal. Misalnya melakukan diet ekstrem, melakukan operasi yang menyakitkan, dan sebagainya. Beauty is pain, begitu kata mereka.

Padahal sebenarnya, punya penampilan menarik pun gak jadi jaminan bahagia. Jadi buat apa menyiksa diri sendiri demi kebahagiaan yang gak pasti? Lebih baik gak usah terlalu fokus pada penampilan, jadi kamu pun bisa terhindar dari segala siksaan yang belum tentu aman itu. 

7. Gak stres

7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Pentingpexels/Kevin Valerio

Memiliki penampilan yang baik memang bisa membuat hatimu senang dan percaya diri. Tapi siapa bilang itu bisa menghindarkanmu dari stres? Justru sebaliknya, kamu bisa stres sendiri karena sibuk memikirkan apakah penampilanmu masih apik.

Misalnya ketika datang kondangan, baru setengah jam acara kamu sudah stres memikirkan apakah makeup-mu masih glowing. Atau kalau kamu cowok, kamu mungkin sibuk memikirkan apakah rambutmu masih klimis. Gak enak banget kan dihantui pikiran-pikiran seperti itu di saat harusnya kamu menikmati suasana? Makanya jangan terlalu memikirkan penampilan!

Itulah tujuh manfaat yang bisa kamu rasakan kalau kamu gak terlalu fokus pada penampilan. Penampilan memang penting, tapi banyak kok hal lain yang lebih penting. Jadi sudah tahu kan mana yang harus lebih kamu fokuskan?

Baca Juga: Jangan ditahan, 5 Manfaat Menangis yang Harus Kamu Tahu

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya