Comscore Tracker

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!

Perbedaan bukan halangan untuk bersatu

Kita hidup di Indonesia, sebuah negara yang sangat kaya akan perbedaan. Dari Sabang sampai Merauke, ada begitu banyak perbedaan mulai dari suku, bahasa, agama, warna kulit, dan budaya. Jika kamu tinggal di kota besar, kemungkinan kamu melihat banyak perbedaan seperti itu di sekitarmu.

Bahkan meski memiliki latar belakang yang mirip, kamu selalu bisa menemukan perbedaan dengan orang lain. Misalnya dalam hal karakter, sifat, pemikiran, kesukaan, dan lain sebagainya. Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap semua perbedaan itu?

Inilah lima prinsip yang harus kamu pegang dalam menyikapi perbedaan di sekitarmu. Dengan mencamkannya, kamu pasti bisa menyikapi perbedaan dengan benar dan tetap menjaga persatuan dengan semua orang.

1. Perbedaan itu wajar dan akan selalu ada

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!pexels/fauxels

Perbedaan di antara sesama manusia adalah hal yang sangat wajar. Bayangkan saja, jumlah manusia di dunia ini kira-kira tujuh miliar jiwa. Gak masuk akal kan untuk berharap bahwa semua orang itu sama? Kalau itu sampai terjadi, kamu pasti akan kaget dan bingung!

Jangankan tujuh miliar orang, kamu dan keluargamu saja pasti punya beberapa perbedaan. Bahkan dua orang yang kembar identik pun pasti tetap ada bedanya! Maka jika kamu melihat orang yang benar-benar jauh berbeda darimu, gak usah heran. Hal itu sangat wajar, dan perbedaan seperti itu akan selalu ada sampai kapan pun.

2. Perbedaan itu gak buruk, justru membuat segala sesuatunya lebih indah

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!pexels/mentatdgt

Kenapa membuat pelangi tampak begitu indah dan mengagumkan? Karena terdiri dari banyak warna yang berbeda-beda. Kalau seandainya pelangi hanya berwarna merah saja, tentu penampakannya gak akan seindah itu, bukan?

Demikian pula dengan manusia. Adanya beragam latar belakang dan kepribadian justru membuat hubungan kita dengan orang-orang lain jadi penuh variasi. Kita jadi bisa bergaul dengan orang berkulit putih atau hitam, orang ekstrover atau introver, orang humoris atau serius, dan sebagainya.

Itu semua pasti membuat hidup kita jadi lebih indah. Coba bayangkan kalau semua orang di dunia berkulit putih, atau semuanya ekstrover. Cepat atau lambat pasti kita akan bosan juga. Kesimpulannya, perbedaan itu bukan sesuatu yang buruk, tapi justru indah.

Baca Juga: 5 Cara Miliki Pemikiran yang Terbuka, Buatmu Lebih Hargai Perbedaan

3. Perbedaan bukan soal benar atau salah

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!unsplash/Mimi Thian

Terkadang, perbedaan menjadi alasan bagi beberapa orang untuk saling menjauh, bahkan bermusuhan. Padahal harusnya gak seperti itu. Perbedaan itu bukan soal benar atau salah. Gak ada yang salah dengan menjadi berbeda. Pun, menjadi orang yang sama dengan kebanyakan orang juga gak otomatis menjadikan kita benar.

Kamu introver? Tidak apa-apa. Kamu ekstrover? Gak masalah juga. Kamu orang pribumi asli? Keren! Kamu keturunan campuran? Mantap! Kamu suka makan bubur ayam diaduk? Silakan. Kamu lebih suka kalau gak diaduk? Itu juga boleh.

Singkirkan pandangan bahwa kalau orang lain berbeda denganmu, itu berarti ada yang salah dengan dirinya. Tidak, menjadi berbeda satu sama lain itu kodrat manusia. Gak ada yang salah dengan itu. Justru kamu akan jadi salah kalau mempermasalahkan perbedaan itu!

4. Gak harus menjadi sama untuk bisa bersatu

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!pexels/sharefaith

Maka menjadi berbeda sama sekali bukan halangan bagi kita untuk berteman dengan orang lain. Termasuk perbedaan dalam hal pandangan atau opini. Kita gak harus setuju dengan opini orang lain, tapi jangan jadikan itu alasan untuk membencinya. Toh kalau opinimu benar, belum tentu opini orang lain salah, bukan?

5. Perbedaan bermanfaat buat kita

5 Prinsip Tentang Perbedaan yang Harus Kamu Camkan, Ayo Bersatu!unsplash/Alexis Brown

Kamu juga gak perlu ragu untuk berteman dengan orang lain yang berbeda karena itu justru bisa membawa manfaat denganmu. Kalau kamu hanya mau berteman dengan orang yang latar belakang, minat, dan pandangannya sama denganmu, gimana kamu bisa berharap untuk berkembang jadi lebih baik?

Punya teman yang berbeda-bisa bisa menambah pengetahuan soal keberagaman manusia. Pengetahuan itu akan menumbuhkan pemahaman, dan pemahaman menghasilkan toleransi. Dengan toleransi, kamu akan berdamai dengan semua orang dan hidupmu akan tenteram.

Selain itu, kamu juga akan terbantu jadi pribadi yang lebih seimbang. Kalau kamu introver, berteman dengan seorang ekstrover akan membuatmu lebih mudah bergaul dengan orang lain. Kalau kamu sensitif, berteman dengan orang yang cuek akan membantumu untuk gak terlalu mudah tersinggung. Dan banyak lagi contoh lainnya.

Intinya, perbedaan adalah sesuatu yang indah dan bisa membawa manfaat bagi hidup kita. Maka ingatlah lima prinsip tentang perbedaan di atas. Dengan demikian, kamu akan bisa menerima perbedaan dan bersatu dengan semua orang!

Baca Juga: 5 Cara Ajarkan Anak Menghargai Perbedaan Sejak Dini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya