Comscore Tracker

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!

Semua orang bisa kok tampil menawan!

Dalam dunia yang mementingkan penampilan ini, mudah bagi kita untuk merasa insecure alias gak pede soal penampilan. Kamu pun mungkin merasa begitu. Mungkin banyak orang berpenampilan memesona di sekitarmu. Ditambah lagi beberapa orang yang gak berperasaan mungkin suka melakukan body shaming kepadamu.

Tentu, kamu sadar bahwa penampilan bukanlah segalanya. Tapi pasti sulit untuk merasa pede jika keadaan seperti itu yang sehari-hari kamu alami. Maka apa yang harus kamu lakukan? Berikut ini enam tips yang bisa kamu lakukan untuk mengenyahkan rasa insecure dari dirimu. Check it out.

1. Berfokus pada kelebihan

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!pexels/Burst

Tips ini mungkin kedengaran klise, tapi memang terbukti ampuh. Kamu perlu mengenal dirimu sendiri dengan baik dan mengetahui kelebihan yang kamu punya. Mungkin kelebihanmu itu bukan dalam segi fisik, tapi pastinya ada sesuatu yang pantas kamu banggakan dari dirimu.

Jika kamu sudah menemukannya, berfokuslah pada kelebihan itu. Sadari bahwa tidak semua orang punya kelebihan yang kamu miliki. Gak salah untuk membiarkan orang lain tahu kelebihan yang kamu miliki, supaya mereka sadar bahwa di balik penampilanmu, kamu punya kelebihan yang patut dibanggakan.

2. Tingkatkan kelebihan tersebut

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!freepik/yanalya

Jangan berhenti di situ saja. Tingkatkan terus kelebihan yang kamu miliki. Sebisa mungkin, asah kelebihanmu sampai taraf di mana semua orang yang mengenalmu akan langsung teringat pada kelebihanmu yang menonjol. Hal itu akan mengalihkan perhatian mereka dari penampilanmu. Pada akhirnya, hanya rasa kagum dan bangga yang mereka rasakan saat melihatmu.

3. Jauhi teman toxic yang selalu menyoroti kekurangan fisikmu

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!freepik/vitalii_petrushenko

Rasanya semua orang pasti punya setidaknya satu teman toxic yang kerjanya selalu menyoroti kekurangan fisik. Saatnya mengambil tindakan tegas yang bisa sangat bermanfaat bagi dirimu: jauhi teman seperti itu. Kehadirannya hanya akan membuat rasa insecure-mu makin parah. Lepaskan dia dari hidupmu dan kamu akan lebih bahagia.

Tentu tidak berarti kamu harus membenci dia. Kamu wajib tetap memperlakukan dia dengan respek, tapi kamu gak wajib bergaul akrab dengannya. Kalaupun ada urusan yang mengharuskanmu bercengkrama dengannya, sebisa mungkin batasi interaksi kalian supaya kamu gak perlu terkena 'racun' yang dia miliki.

Baca Juga: 7 Manfaat Gak Terlalu Fokus pada Penampilan, Banyak yang Lebih Penting

4. Jika kamu menjadi korban body shaming, jangan diam saja!

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!freepik/jcomp

Saat mengalami body shaming dari orang-orang yang gak kamu kenal, mungkin mudah bagimu untuk mengabaikan saja hal itu. Tapi bagaimana kalau si pelaku body shaming adalah orang-orang terdekat, misalnya keluarga?

Memang menyedihkan, tapi faktanya body shaming antar anggota keluarga ternyata cukup umum. Apa yang kamu harus lakukan untuk menghadapinya? Speak up! Kamu gak harus diam saja kok. Kamu memang sayang pada keluargamu, tapi bukan berarti kamu gak boleh marah pada perlakuan mereka yang salah.

Katakan terus terang bahwa kata-kata mereka menyakitkan buatmu, dan minta mereka untuk berhenti. Kadang, orang melakukan body shaming tanpa sadar, atau mungkin sadar tapi gak menyangka bahwa efeknya bisa seburuk itu. Maka jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu supaya pelaku body shaming menyadari kesalahannya dan berubah.

5. Curhat pada orang yang bisa dipercaya

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!freepik/pressfoto

Perasaan insecure yang kita miliki bisa mengalami pasang surut. Pada suatu saat kita bisa merasa sangat pede dengan penampilan, tapi di saat lain rasanya kepercayaan dirimu berada di titik terendah. Pada saat itu terjadi, kamu gak perlu menyimpannya sendirian. Coba curhat kepada orang yang kamu percaya.

Curhat memang gak akan lantas membuat penampilanmu tiba-tiba berubah jadi super kece. Mungkin tidak pula membuat orang lain berhenti mengejek. Tapi seenggaknya curhat akan membuat perasaanmu lebih lega sehingga kamu bisa terus bertahan. Jangan kalah dari rasa insecure dirimu!

6. Kurangi penggunaan media sosial

6 Tips Atasi Rasa Insecure Soal Penampilan, Biar Lebih Pede!freepik/ijeab

Seperti telah disebutkan, salah satu sumber rasa insecure terbesar adalah media sosial. Orang-orang di medsos berlomba-lomba memamerkan penampilan terbaik mereka, dan itu bisa membuatmu insecure. Maka solusinya adalah mengurangi penggunaan medsos. Gak usah buka kalau gak perlu, lebih baik lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Itulah enam tips yang bisa kamu praktikkan guna mengurangi rasa insecure soal penampilanmu. Ingat, seperti apapun penampilanmu, kamu gak boleh kalah dari rasa insecure. Nilai dirimu gak hanya ditentukan oleh penampilan. Tunjukkan apa yang kamu punya dan jadilah bangga pada dirimu sendiri!

Baca Juga: Bukan Soal Penampilan Saja, 5 Bukti Ini Tunjukan Bahwa Cinta Itu Buta

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya