Comscore Tracker

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam Dirimu

Yakin gak mau coba melukis nih?

Melukis atau menggambar merupakan kegiatan untuk mencurahkan kreativitas dalam diri menjadi sebuah karya seni. Tak sedikit pula yang menjadikan kegiatan ini sebagai hobi bahkan lapangan pekerjaan, karena selain menyalurkan bakat juga bisa mengalirkan berkat, uang. Tapi tahukah kamu bahwa selain dua alasan tersebut masih ada beberapa alasan lain mengapa kamu harus tetap melukis atau menggambar? Yup, salah satunya adalah untuk kesehatan emosional. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Menghilangkan stres

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam DirimuUnspalsh.com/blancotejedor

Melukis merupakan media yang baik dalam mengurangi bahkan menghilangkan stres. Berbagai masalah yang dihadapi dalam hidup memang sering kali memberi tekanan dalam diri yang bisa jadi sangat mengganggu. Nah, melukis bisa menjadi dunia yang menyenangkan sebagai jalan keluarnya, sebab beragam warna dan bentuk yang dihasilkan dari melukis dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks dan nyaman. Gambarlah apapun sesuka hatimu. Dan pastinya menurunkan stres dapat mengurangi risiko penyakit psikis ya.

2. Emosi lebih positif

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam DirimuUnspalsh.com/maxvdo

Ketika sebuah gambar dan ragam warna sudah terbentuk dalam kanvas atau kertas, hal ini pasti akan membuat orang yang menggambar merasa bahagia dan bangga pada dirinya atas karyanya. Melukis atau menggambar jelas akan mengurangi emosi negatif dalam diri seseorang, yang mana akan digantikan oleh pikiran dan perasaan positif selama melukis. Emosi positif lain pun akan turut menyertai apabila kegiatan melukis atau menggambar ini terus dilakukan, seperti meningkatkan percaya diri dan menjadi lebih optimis. Aura positif yang dihasilkan dari seseorang yang hobi melukis dipercaya juga akan menular pada sekelilingnya.

3. Melepaskan emosi yang tersembunyi

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam DirimuUnspalsh.com/thuwbeoo

Cara ini sering digunakan sebagai terapi bagi seseorang yang telah mengalami kejadian tertentu yang menyakitkan atau menyedihkan. Misalnya seorang perempuan yang menjadi korban pemerkosaan hingga ia mengalami sedikit gangguan mental. Biasanya sang Psikiater akan melakukan terapi dengan memberikan kertas dan pensil kepada pasien dan membiarkan ia menggambar sebebas mungkin.

Hasil dari gambaran itulah yang nanti akan menjadi kunci atas apa yang ia rasakan selama ini. Emosi-emosi yang terpendam dalam dirinya dapat perlahan dikeluarkan melalui lukisan yang kemudian akan dilanjutkan dengan pengobatan lainnya. Selain itu, terapi ini juga bisa dilakukan oleh setiap orang untuk mengeluarkan tekanan emosi skala kecil yang ada dalam dirinya sekalipun kamu tak hobi melukis, cukup rileks dan gambarlah apapun yang kamu rasakan.    

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Jaga Badan dan Emosi Tetap Stabil Saat Menstruasi

4. Meningkatkan kecerdasan emosional

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam DirimuUnspalsh.com/talescrow

Peningkatan kecerdasan emosional juga akan dirasakan dari melukis atau menggambar, sebab menurut penelitian bahwa emosi seseorang lebih mudah mengalir melalui seni. Emosi-emosi yang muncul biasanya berupa perasaan yang positif seperti damai, sukacita, bahagia hingga bangga selama melukis. Melalui kegiatan melukis inilah kecerdasan emosional seseorang akan terbentuk secara bertahap. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi tentu akan memiliki kepribadian yang baik karena dapat mengontrol setiap emosi dalam dirinya.

5. Meningkatkan memori & kreativitas

Hobi Melukis? Rasakan 5 Manfaat Kesehatan Emosional Ini Dalam DirimuPinterest.com

Seperti yang dikatakan diatas bahwa melukis atau menggambar merupakan kegiatan dalam mencurahkan kreativitas seseorang. Setiap orang pasti memiliki imajinasi yang berbeda-beda. Semakin sering seseorang menggambar atau melukis maka akan bertambah pula tingkat kreativitasnya yang membuktikan bahwa imajinasinya begitu luas.

Selain itu, melukis atau menggambar juga bisa meningkatkan memori seseorang karena kemampuan otak dalam berpikir yang selalu terasah maka daya ingat orang yang hobi melukis pun akan semakin tajam.   

Jadi, itulah manfaat yang akan didapatkan dari melukis atau menggambar ya teman-teman. Semoga bermanfaat.   

Baca Juga: 10 Hal ini Buktikan Kamu Memiliki Trauma Secara Emosional

Pratiwi Wulandari Photo Verified Writer Pratiwi Wulandari

Jika tak sanggup berucap, berbicaralah melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya