Comscore Tracker

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi Padamu

Bahagia sesaat, tersiksa kemudian

Dalam hidup, ada masanya manusia berada diatas dan ada masanya pula harus di bawah. Ketika berada di atas yang sering dirasakan hanyalah perasaan bahagia. Namun ketika berada di bawah akan ada banyak tekanan yang mendorong, salah satunya adalah masalah keuangan.

Saat keuangan memburuk, banyak orang memilih jalan pintas yaitu dengan berhutang. Tak sedikit pula yang berpikir bahwa dengan berhutang masalah akan selesai. Apalagi saat ini sudah banyak lembaga atau jasa yang menyediakan pinjaman uang tanpa jaminan, sangat menggoda kan?

Nah, sebaiknya renungkan dulu 6 dampak buruk yang bisa terjadi ini ketika kamu mulai terbiasa berhutang ya.

1. Tidak menyelesaikan masalah

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/tjump

Ketika kamu berniat ingin meminjam uang pada orang lain, entah teman, bank atau bahkan rentenir. Ingatlah bahwa uang yang kamu pinjam itu tak akan menyelesaikan masalah keuanganmu.

Memang, awalnya kamu akan merasa lega karena berhasil meringankan satu bebanmu, namun secara tak sadar kamu justru menciptakan masalah baru yaitu bagaimana agar kamu bisa membayar kembali utangmu pada mereka, yang mungkin juga beserta bunganya.

Biasanya orang yang sering berhutang selalu menutupi hal itu dari orang lain terlebih jika uang yang dipinjam berjumlah besar, maka saat itu pula kebohongan berkelanjutan akan muncul dengan berbagai alasan. Hal itu akan menjadi bumerang bagi dirimu sendiri jika mereka tahu apa yang kamu lakukan.

2. Hidup tidak tenang

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/gift

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa berhutang tak menyelesaikan masalah tapi justru menimbulkannya. Ya, ketika masalah baru mulai muncul akibat berhutang, saat itu pula perlahan rasa cemas datang memenuhi pikiranmu.

Tenggat waktu yang sudah ditentukan untuk pelunasan yang semakin mengejarmu namun uang yang dibutuhkan belum tersedia. Ditambah lagi kamu harus berusaha menutupi kebohonganmu pada orang sekitar tentang utangmu. Percayalah bahwa pikiran-pikiran itu akan membuat hidupmu menjadi tidak tenang dan akan selalu menghantuimu.

Baca Juga: Duh, 5 Kebiasaan Bersama Sahabat Ini Ternyata Merugikanmu

3. Membebani mental

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/franciscomoreno

Ketika utang tak kunjung lunas alias bertumpuk yang disebabkan karena tidak adanya pemasukan, maka pikiranmu akan terus terganggu sambil mencari tau bagaimana caranya agar semua pinjaman bisa dikembalikan.

Pikiran negatif itu perlahan juga akan mempengaruhi mentalmu karena kamu hanya merasa khawatir berkepanjangan, terutama jika kamu memendamnya sendiri tanpa mencari jalan keluar yang tepat untuk menyelesaikannya.

4. Keuangan terbengkalai

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/rawpixel

Kebiasaan berhutang sudah pasti akan lebih banyak memberikan kerugian dari pada keuntungan bagimu, salah satunya adalah keuangan yang terbengkalai. Pemasukan yang pas-pasan namun tidak digunakan dengan baik maka akan mengakibatkan over budgeting. Ditambah lagi kamu tidak mau mencari penghasilan tambahan agar bisa melunasinya. Akhirnya membuatmu selalu tergoda untuk meminjam uang pada orang lain.

5. Hidup tidak berkembang

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/andrewtneel

Kebiasaan berhutang juga akan membuat hidup menjadi tidak berkembang. Satu hal yang selalu ada di pikiran adalah bagaimana agar semua kebutuhanmu terpenuhi tanpa perlu bersusah payah. Namun secara tidak sadar kamu sudah menjadi orang yang malas dan tidak mau berusaha untuk bekerja.

6. Ketergantungan

Terbiasa Berhutang? Awas, 6 Hal Buruk Ini Bisa Terjadi PadamuUnsplash.com/sharonmccutcheon

Berhutang juga bisa bikin ketergantungan lho. Kok bisa? Hal itu karena kebiasaan awal yang sudah kamu terapkan untuk meminjam uang demi memenuhi kebutuhan.

Kebiasaan itu akan muncul karena kamu selalu menggunakannya sebagai jalan pintas dari permasalahan keuanganmu. Yup, jika tidak dihentikan maka perlahan kamu pun akan menjadi orang yang gali lubang tutup lubang!

Nah, itulah 6 hal yang akan kamu alami jika kamu terbiasa meminjam uang ya. Berhutang memang tidak dilarang tapi lebih baik meminimalisir keuangan dari pada harus berhutang. Betul?

Baca Juga: Surat Untukmu, Sahabatku yang Pura-pura Amnesia Saat Ditagih Hutang

P. Wulandari Photo Community Writer P. Wulandari

Jika tak sanggup berucap, berbicaralah melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You