Comscore Tracker

4 Alasan Utama untuk Selalu Bersikap Sopan

#Goodlife Baik dalam bersikap maupun berkomunikasi!

Kamu diajarkan untuk sebisa mungkin bersikap sopan dan bertutur kata yang baik pada siapapun. Tak hanya kepada orang yang statusnya 'tinggi' saja, namun juga pada orang yang 'biasa saja' yang ada di sekitarmu.

Selain karena kamu sudah dibiasakan untuk sopan santun sejak kecil, ada 4 alasan utama yang membuatmu harus bersikap sopan pada siapapun.

1. Kamu mungkin tidak tahu siapa yang sedang kamu hadapi

4 Alasan Utama untuk Selalu Bersikap Sopanarifharianto.id

Kamu harus bersikap sopan santun pada siapapun termasuk kepada satpam sekolah, tukang sayur, pembina ekstrakurikuler atau abang ojek online. Kenapa? Karena mungkin kamu tidak sepenuhnya tahu siapa yang sedang kamu hadapi saat ini.

Bisa saja ternyata pembina ekstrakurikuler di sekolah itu hanya pekerjaan sambilannya saja. Ternyata pekerjaan utamanya adalah dosen di universitas yang bergengsi! Surprise!

2. Mencerminkan kualitas dirimu

4 Alasan Utama untuk Selalu Bersikap Sopankumparan.com

Pribadi yang berkualitas salah satunya adalah ketika ia bisa bersikap sopan santun kepada siapapun. Meskipun kamu punya banyak gelar, si juara kelas, seorang pimpinan, tapi kalau sikapmu buruk, siapa juga yang betah dan mau berdekatan padamu?

Baca Juga: 14 Aturan Sopan Santun yang Harus Diikuti Anggota Royal Family

3. Bisa menciptakan suasana yang menyenangkan

4 Alasan Utama untuk Selalu Bersikap Sopanbagussaputro.wordpress.com

Pernah mendambakan bagaimana suasana lingkungan jika dibalut oleh energi positif dan kebaikan? Pastinya damai dan bakalan betah banget tinggal disana.

Kamu bisa mulai menciptakan suasana tersebut dengan bersikap sopan pada siapa pun. Enggak ada pertengkaran dan salah paham. Indahnya dunia.

4. Kamu akan dihargai balik

4 Alasan Utama untuk Selalu Bersikap Sopanciputrauceo.net

Kalau kamu mau dihargai, maka hargailah orang lain. Perlakukan mereka dengan pantas seperti apa yang ingin dilakukan orang lain padamu.

Kalau kamu ingin diucapkan terimakasih ketika sudah menolong orang, maka biasakanlah untuk mengucapkan terimakasih ketika kamu menerima pertolongan.

Meski enggak semua orang akan membalas sesuai dengan apa yang kamu lakukan, yang terpenting adalah kamu tetap melanjutkan kebiasaan baik itu.

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bersikap sopan santun. Oleh karena itu jangan ragu untuk selalu sopan dimanapun dan kapanpun ya.

Baca Juga: 5 Perilaku Tidak Sopan di Indonesia tetapi Dianggap Sopan di Finlandia

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya