Comscore Tracker

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana Ini

Lama-lama bakal terbiasa, kok

Pernahkah kamu merasa gugup, perut mulas, tiba-tiba ingin muntah, takut atau berkeringat berlebihan saat ingin tampil di panggung? Bisa jadi, kamu terkena demam panggung. Kondisi yang kamu rasakan saat demam panggung malah membuatmu kurang nyaman dan terganggu. Jadi gimana sih cara mengatasinya?

1. Persiapkan semuanya dengan baik, termasuk latihan dulu

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana IniUnsplash.com

Salah satu cara mencegah demam panggung adalah dengan mempersiapkan semuanya dengan baik. Terkadang kita khawatir mengenai bagaimana bentuk rambut kita nantinya, apakah baju kita gak ada yang bolong atau kancingnya terlepas, apakah alat musiknya berfungsi dengan baik dan sebagainya.

Kekhawatiran itu bisa kita minimalisasi dengan mengecek semuanya sehari sebelum penampilan. Pengecekan dengan seksama beberapa hari sebelumnya saja terkadang masih ada yang luput, apalagi kalau persiapannya pakai sistem kebut semalam. Jangan luap di cek semuanya, ya!

2. Atur nafas dan sugesti hal yang positif

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana IniUnsplash.com

Coba atur nafasmu. Tarik nafas panjang, lalu keluarkan secara perlahan. Sembari melakukan pengaturan nafas, coba jejali pikiranmu dengan hal yang positif.

Kamu bisa berpikir bahwa kamu sudah berusaha mempersiapkan supaya mendapat hasil yang baik, banyak orang yang mendukungmu, semua akan terlewati dan akan baik-baik saja dan sebagainya. Berusaha berpikir positif akan membuatmu sedikit lebih tenang dan rileks. Kalau perlu, pijat bagian tubuh yang tegang seperti bahu, tangan, atau kepala.

3. Berdoa. Manusia merencanakan, dan Tuhan yang memutuskan

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana IniUnsplash.com

Manusia merencanakan sesuatu dengan sangat jelas dan berhati-hati. Akan tetapi, kita gak akan tahu bagaimana endingnya nanti. Apapun bisa terjadi tanpa terduga, bukan?

Berdoalah kepada Tuhan supaya apa yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan. Ingat, manusia bisa berencana namun Tuhan yang akan memutuskan. Psst, berserah kepada Tuhan bisa bikin kamu lebih lega.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 5 Etika Penting Saat Berbicara dengan Orang Lain

4. Gak berani melakukan kontak mata? Lihat alis, dahi atau ujung rambutnya

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana IniUnsplash.com

Seringkali menatap mata orang lain akan membuat kita jadi super grogi. Satu pasang mata saja susah sekali untuk bikin tenang, apalagi kalau jumlahnya beratus-ratus? Tenang. Ada triknya supaya kamu bisa tetap tampil PD di depan sana.

Kalau kamu gak kuasa melihat matanya, lihatlah bagian alis, dahi ataupun rambutnya. Mereka gak bakalan ngeh kalau kamu melihat dahi ataupun rambut mereka. Apalagi dari kejauhan. Gak bakalan kelihatan!

5. Masih merasa kurang sempurna? Melakukan kesalahan kecil? It's Okay.

Demam Panggung? Atasi dengan 5 Trik Sederhana IniUnsplash.com

Kamu melakukan sedikit kesalahan, atau merasa gak puas dengan penampilanmu barusan? Respon penonton enggak sesuai yang diharapkan? Gak apa-apa. Gak ada suatu yang benar-benar sempurna kecuali ciptaan Tuhan. Kamu sudah melakukan hal yang baik, kamu telah berusaha semaksimal mungkin. Kamu gak akan bisa mengontrol bagaimana penonton menikmati penampilanmu, atau kamu gak akan bisa mengendalikan bagaimana penilaian mereka terhadapmu.

Kamu akan capek kalau terus menerus memikirkan itu. Selama kamu sudah melakukan dengan sekuat tenaga dan sebisamu, kamu harus percaya pada dirimu. Percaya bahwa apa yang kamu lakukan tadi adalah upaya termaksimalmu. Kamu masih punya banyak waktu untuk memperbaiki dan mencoba lagi. It's okay, itu sesuatu yang normal dan perasaan dialami oleh banyak orang.

Itu 5 tips untuk mengatasi demam panggung. Kamu punya tips lainnya? Tulis komentarmu di bawah, ya!

Baca Juga: Bisa Dibaca, 8 Bagian Tubuh Ini Berbicara Banyak Soal Karaktermu Lho!

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya