Comscore Tracker

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian Sulit

Ingatlah bahwa hidup itu tentang up and down

Hidup bukan hanya tentang kebahagiaan semata. Hidup bisa menjadi sulit, tapi penting untuk terus berjuang menggapai masa yang lebih baik. Langkah demi langkah memang tidak mudah dijalani, tapi berdiam diri saja tidak akan membawa pengaruh yang baik untukmu juga. 

Oleh karena itu, mulailah untuk berjuang dengan baik. Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk dapat terus berjuang dan melewati masa-masa sulit.

1. Penuhi kebutuhan dasarmu

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian Sulitilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika hanya ada satu hal yang berhasil kamu lakukan, pastikan kebutuhan dasar kamu terpenuhi. Kebutuhan dasar yang dimaksud adalah makan makanan yang bergizi, tidur yang cukup, dan berolahraga. 

Jika kebutuhan dasarnya telah tercapai, maka itu akan memberimu landasan untuk mulai berjuang menyelesaikan setiap masalah yang hadir. Berjuang dan memenuhi kebutuhan dasarmu itu saling terkait.

2. Ubah harapan yang kamu miliki dari diri sendiri

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian Sulitilustrasi penerimaan diri (pexels.com/Atef Khaled)

Tidak apa-apa untuk memperlambat dan mengurangi jumlah tujuan yang kamu miliki. Faktanya, tidak realistis dalam mencapai apa yang kamu inginkan hanya akan membuat hidupmu semakin sulit. 

Pahami dan terima bahwa kamu sedang melalui masa sulit dan biarkan dirimu menyesuaikan diri dengan periode ini dalam hidupmu. Jika kamu tidak memahami dan menerima semua ya g telah terjadi dalam hidupmu ini, kamu pasti akan merasa bersalah atau kecewa karena tidak dapat tampil di level yang sama seperti sebelumnya. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi kemampuanmu untuk terus berjuang.

Baca Juga: 5 Cara Memulai Gaya Hidup Slow Fashion biar Lebih Hemat

3. Atasi masalah secara langsung

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian SulitIlustrasi wanita sedang memandang (pexels.com/Sam Lion)

Setelah kamu menemukan momen-momen kecil energi yang berasal dari mental atau fisik, gunakan ini untuk mulai mengatasi masalahmu secara langsung. Misalnya, jika kamu berduka atas kehilangan orang yang dicintai, dan kamu telah berjuang untuk menerimanya, maka mulailah membiarkan dirimu memikirkannya bersama dengan emosi apa pun yang muncul. 

Lakukan secara perlahan sehingga kamu dapat mulai membiarkan otak memproses apa yang telah terjadi tanpa membebani dirimu sendiri. Mengatasi masalah secara langsung membuat semuanya lebih cepat selesai sehingga tidak ada yang bertumpuk dan membuat hidupmu sulit. 

4. Berbaik hatilah pada diri sendiri

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian Sulitilustrasi minum kopi (pexels.com/Marko Klaric)

Apa pun yang kamu alami, jadikan itu bagian dari rutinitasmu untuk melakukan sesuatu setiap hari yang membuatmu bahagia. Jangan fokus pada hal-hal besar yang tidak berkelanjutan seperti jalan-jalan mall atau makan-makanan mewah, apalagi jika kamu sedang mengalami kesulitan keuangan.

Fokus pada kesenangan kecil dalam hidup, seperti menikmati secangkir kopi yang enak atau mandi air hangat. Selain itu, sering ingatkan dirimu apa yang kamu perjuangkan dan mengapa kamu memperjuangkannya. Bersikap baik kepada diri sendiri akan memberimu sedikit dorongan ekstra untuk terus maju. Peduli tentang dirimu sendiri seperti kamu akan merawat seorang teman yang mengalami hal serupa.

5. Ingatlah bahwa hidup adalah tentang naik dan turun

5 Cara Tetap Berjuang dengan Baik, Meski Perjalanan Hidup Kian Sulitilustrasi sedang bersedih (pexels.com/cottonbro)

Hidup adalah tentang naik dan turun. Kata-kata seperti itu sering tertanam kuat di benak kita dan itu memang benar adanya. Tanamkan pada dirimu kata-kata tersebut karena itu dapat membuatmu jauh lebih termotivasi dan tidak cepat merasa terpuruk.

Naik dan turunnya hidupmu itu harus tetap membuatmu berjuang. Alasan mengapa kamu terus berjuang ketika kamu sedang down adalah agar kamu dapat mengalami hal yang sebaliknya sekali lagi.

Mungkin sulit untuk mempertahankan energi untuk terus berjuang ketika keadaan menjadi sulit dalam hidup, tetapi dengan mempraktikkan beberapa tips sederhana di atas, kamu dapat membangun kembali stamina mentalmu dan kembali berjuang untuk kehidupan yang lebih baik untuk diri sendiri. Jaga dirimu dan kemudian fokus untuk menjaga apa yang ada di luar dirimu.

Baca Juga: 5 Prinsip Simpel agar Hidup Jauh Lebih Bahagia, yuk Terapkan!  

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya