Comscore Tracker

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!

Bekerja dan bersantai itu harus seimbang

Banyak dari kita bekerja keras untuk mencapai karier yang sukses. Sudah menghabiskan waktu bertahun-tahun di sekolah, kemudian mendapatkan pekerjaan dengan gaji bagus yang kamu pikir akan memberimu kehidupan yang nyaman. Kemudian, suatu hari menyadari bahwa yang tampaknya kamu lakukan hanyalah bekerja dan lupa bagaimana cara bersantai.

Tidak ada yang salah dengan berambisi dan berusaha mencapai kehidupan yang nyaman. Masalahnya adalah tidak menjaga keseimbangan kehidupan kerja yang baik. Kamu tahu cara bekerja, tetapi tidak tahu cara bersantai dan menikmati hidup. Nah, untuk bersantai dengan nyaman, kamu bisa melakukan cara di bawah ini.

1. Mandi air hangat

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!ilustrasi santai di bathtub (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mandi air hangat memiliki beberapa manfaat. Hal ini akan membantumu rileks secara fisik dan mental. Air hangat akan mengendurkan otot-otot dan meredakan ketegangan dan nyeri.

Enaknya lagi, lingkungan yang tenang akan membantu menenangkan pikiran dan dapat meningkatkan mood, lho. Dengan meningkatkan relaksasi fisik dan mental, mandi air hangat akan membantumu tidur lebih nyenyak sehingga mengurangi stres dan kecemasan.

2. Lakukan hobi

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal penting dalam memilih hobi adalah melakukan sesuatu yang kamu sukai. Ini akan membantumu mengalihkan perhatianmu dari hal-hal yang menyebabkanmu stres dan memberikan perhatianmu pada hal-hal yang membawa sukacita dan kebahagiaan.

Ingat, pekerjaanmu hanyalah salah satu aspek dalam hidup. Tujuannya adalah untuk memberimu hal-hal yang kamu butuhkan untuk bertahan hidup dan yang memberimu kepuasan. Jangan sampai fokusmu hanya bekerja sehingga tak tahu cara bersantai, ya.

3. Pergi ke luar

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!ilustrasi wanita tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pergi ke luar bisa membuatmu menjauh dari dunia yang sibuk selama beberapa menit. Udara segar dan perubahan pemandangan dapat membantumu menjernihkan pikiran. Lakukan hal ini secara berkala dan rutin.

Selain itu, melihat seluruh dunia membantumu menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif yang lebih besar. Hal ini membantumu melampaui kehidupan sibukmu sendiri. Cobalah pergi ke luar, hirup udara segar, dengarkan kicau burung, kagumi keindahan pepohonan dan bunga, dan nikmati semuanya.

Baca Juga: 5 Cara Simpel agar Hidup Tak Tertekan, Sesekali Perlu Bersantai

4. Habiskan waktu bersama orang tercinta

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!ilustrasi hubungan (pexels.com/cottonbro)

Bagi sebagian dari kita, keluarga dan teman-teman dapat memberi banyak sukacita dan kepuasan. Menghabiskan waktu bersama mereka membantumu beristirahat dan bersantai, terutama setelah hari yang sibuk.

Saat menghabiskan waktu bersama orang terkasih, penting untuk memastikan dirimu hadir sepenuhnya. Jangan biarkan pekerjaan atau masalah internal mendominasi perhatian saat kamu bersama mereka. Sungguh menyedihkan ketika kamu bersama orang yang dicintai, tapi pikiranmu entah ke mana. Pasalnya, hal ini hanya menciptakan lebih banyak stres dan konflik dalam keluarga.

5. Cobalah meditasi

5 Cara Bersantai dengan Tenang, Bikin Hidupmu Minim Stres!ilustrasi meditasi (pexels.com/cottonbro)

Meditasi adalah alat yang ampuh untuk membantumu rileks. Meditasi 15 menit saja setara dengan satu hari liburan untuk membantumu rileks. Tentunya, hal itu sangat menakjubkan, bukan?

Ada berbagai bentuk meditasi, namun yang direkomendasikan adalah meditasi mindfulness. Meditasi jenis ini latihannya sederhana, kuat, dan fleksibel. Kamu dapat menggunakannya agar sesuai dengan jadwal dan gaya hidupmu.

Hal hebat lainnya tentang meditasi mindfulness adalah bahwa itu tidak religius. Kamu tidak harus menganut agama atau doktrin apa pun. Yang pada dasarnya harus kamu lakukan adalah duduk diam selama beberapa menit dan ikuti napasmu. Kamu tidak harus melakukannya dengan sempurna dan kamu tidak perlu bermeditasi dalam waktu lama untuk mendapatkan manfaatnya.

Cobalah ikuti lima cara di atas agar kamu bisa lebih bersantai. Jangan mencurahkan seluruh waktumu hanya pada pekerjaan saja karena itu memberikanmu banyak stres. 

Baca Juga: 5 Manfaat Miliki Keseimbangan Hidup antara Bekerja dan Bersantai 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya