Comscore Tracker

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiri

Buat hidupmu lebih tenang

Dalam hidup, pikiran negatif sering kali hadir dan jika datang setiap hari, itu bisa membuat mentalmu menjadi lemah. Pikiran negatif harus segera diatasi karena jika tidak, hal tersebut dapat memengaruhi segala aspek dalam hidupmu, mulai dari kehidupan pribadi, pekerja, dan kesehatanmu. 

Namun, tentu saja ini tidak mudah karena ini menyangkut pikiran. Perlu waktu dan kamu harus bersabar. Untuk lengkap memulainya dan menjadikan kebiasaan, kamu bisa melakukan hal di bawah ini. 

1. Berhentilah melawan pikiran negatifmu

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiriilustrasi pria duduk bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semakin kamu mengembangkan pikiran negatif, memikirkan detail dan solusi, semakin kamu hanya meningkatkan signifikansi dan bobotnya. Kamu akan mulai secara tidak sadar memutar diri dan mengikuti pemikiran ini. 

Oleh karenanya, lawan otakmu, ubah sikapmu terhadapnya, sadari pikiran ini, syukuri, dan lepaskan. Dengan cara ini, kamu akan membebaskan diri dari ketegangan dan dapat menyesuaikan diri dengan emosi positif.

2. Sertakan afirmasi dalam jadwal harianmu

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiriilustrasi wanita berjalan (pexels.com/John Diez)

Afirmasi pada diri sendiri adalah sikap positif yang membantu meningkatkan harga diri, menjadi lebih percaya diri, dan mulai percaya pada diri sendiri dan kekuatanmu. Namun, tentu saja dibutuhkan latihan harian yang konstan untuk membuat metode ini berhasil.

Memberikan afirmasi kepada diri sendiri terbukti dapat membuat pikiranmu lebih terbuka sehingga kamu dapat mengontrol apa yang harus kamu lakukan. Mulailah dengan memberikan afirmasi dari bangun tidur sampai tidur kembali, dan sertakan afirmasi itu di setiap hal yang kamu kerjakan. 

3. Anggaplah pikiran negatif sebagai nasihat dari orang yang menyebalkan

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiriilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/Danil Pavilyuk)

Ketika pikiran negatif muncul di kepalamu, bayangkan saja bahwa itu adalah saran yang tidak diminta dari orang pertama yang kamu temui, yang tidak ingin kamu ikuti. Ucapkan terima kasih atas pemikiran itu dan lanjutkan. 

Ini adalah strategi efektif yang membantumu mengendalikan dan mengelola pikiran dan emosimu. Bahkan, kamu hanya menganggap pemikiran tersebut bagai angin lewat saja. 

Baca Juga: 5 Cara Memanfaatkan Pikiran Negatif, Gak Selamanya Buruk

4. Tertidur di bawah selimut tebal

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiriilustrasi tidur nyenyak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Seringkali pikiran negatif datang kepada kita sesaat sebelum tidur, kita mulai khawatir dan tidak bisa tertidur untuk waktu yang lama. Dalam hal ini, selimut tebal dapat membantu.

Menutup dirimu dengan selimut yang cukup tebal dan dingin dapat mengatasi kecemasan. Ini mungkin karena tekanan selimut pada tubuh, yang dengan demikian melemaskan dan mengurangi ketegangan. 

5. Hirup aromaterapi

5 Cara Kreatif Atasi Pikiran Negatif yang Kerap Hampiriilustrasi aromaterapi (pexels.com/Monstera)

Aroma yang berbeda membantu kita mengubah suasana hati, tidur lebih nyenyak dan tenang, bahkan bangun lebih cepat. Tentu saja, minyak aromaterapi tidak akan menyelesaikan masalahmu dan tidak akan menghilangkan pikiran negatif, tetapi itu dapat membantumu rileks. 

Untuk tidur nyenyak gunakanlah aroma mint, vanilla, teh mawar cocok. Aroma lemon akan membantumu bangun lebih cepat, aroma jeruk dapat meningkatkan mood-mu. Kamu dapat menyimpan minyak esensial dan menambahkannya ke bak mandi, lampu aroma, atau pelembab ruanganmu. 

Terapkan cara menghilangkan pikiran negatif di atas dan hidupmu akan berubah menjadi lebih baik. Juga, perlu diingat bahwa pikiran negatif hanya menguasaimu jika kamu bereaksi terhadapnya.

Baca Juga: 5 Cara Berafirmasi Positif untuk Mengurangi Pikiran Negatif

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya