Comscore Tracker

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup 

Kamu bisa mengunakan cara ini

Untuk tahu apakah kamu berusaha untuk menggapai tujuanmu adalah dengan mengukur kemajuan kinerjamu dalam aspek hidup, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan. Pengukuran di sini dilihat apakah kamu berhasil atau gak dalam melangkah atau melakukan tugas demi tugas aga semakin dekat dengan tujuan hidupmu.

Cara melakukannya cukup sederhana dan kamu bisa mulai dari beberapa cara berikut. Yuk, simak langsung!

1. Definisikan tujuan kesuksesanmu dengan angka 

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup ilustrasi pria sedang berpikir (pexels.com/Vanessa Gracia)

Bagian tersulit dari pengukuran terletak pada mengubah tujuanmu menjadi angka yang tepat untuk dituju. Setiap orang memiliki definisi suksesnya masing-masing, dan hanya dirimulah yang bisa memutuskan apa arti sukses bagimu.

Apa pun tujuanmu, kamu dapat menemukan cara untuk menerjemahkannya ke dalam angka yang ditargetkan, meskipun itu bukan ukuran langsung. Misalnya, jika kamu seorang content writer, kamu dapat mendefinisikan pencapaian penulisanmu dari viewers artikelmu. Jika orang lain menganggap ukuran kesuksesanmu gak masuk akal, jangan hiraukan itu. Bagaimanapun, itu adalah definisi suksesmu.

2. Pecahkan tugas besar menjadi bagian-bagian yang lebih kecil 

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup ilustrasi fokus bekerja (pexels.com/Mikhail Nilov)

Semakin besar tugas, semakin kamu merasakan dorongan yang kuat untuk menunda-nunda tugas tersebut. Kamu harus tahu bahwa mencapai tujuan itu membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Oleh karenanya, agar tujuan itu gak terlalu terlihat begitu besar dan sulit diraih, maka pecahkan menjadi bagian-bagian kecil. Semakin banyak kamu memecah tugas, semakin cepat kamu membuat kemajuan dengan menapaki langkah demi langkahnya.

Baca Juga: 5 Hal Baik yang Didapat jika Mau Fokus Terhadap Satu Tujuan Kesuksesan

3. Catat pencapaianmu 

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup ilustrasi wanita kerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Ketika kamu meraih sesuatu yang diinginkan, pernahkan kamu memperhatikan bagaimana pencapaian itu membuatmu merasa semakin dekat dengan tujuan hidupmu? Ingatlah bahwa pencapaian sekecil apa pun itu membawamu pada arah tujuan.

Pasalnya, pencapaian memiliki dua tujuan penting, yakni memberitahu di mana kamu berdiri dan membuatmu tetap termotivasi untuk mengejar target tujuanmu yang semakin dekat. Oleh karena itu, catat semua pencapaian yang telah kamu raih dan rasakan bahwa kamu telah selangkah demi selangkah menggapai tujuanmu.

4. Buat rencana 

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup ilustrasi menulis (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Tanpa rencana, kamu akan kesulitan mencapai tujuan. Hal ini sama saja seperti berlayar di lautan tanpa kompas. Kamu gak akan pernah tahu kapan kamu menyimpang dari jalur.

Memiliki rencana akan mempercepat proses pencapaian target tujuanmu. Gak perlu rencana yang begitu detail kamu jabarkan, cukup rencanakan secara garis besar saja yang membuatmu tetap di jalur yang tepat.

Juga, gak ada hal yang berjalan tepat sesuai rencana. Ada yang gak beres, kejadian gak terduga terjadi, dan tenggat waktu terlampaui. Kamu harus tahu dan bisa menanganinya dengan baik.

5. Lakukan penilaian diri setiap bulannya 

5 Cara Mengukur Kemajuan Kinerjamu, Berguna untuk Pantau Tujuan Hidup ilustrasi wanita menulis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sekali sebulan, duduklah untuk menganalisis posisimu berdiri saat ini. Kamu harus memastikan bahwa kamu jujur ​​pada diri sendiri terkait penilaian atas apa yang telah kamu lakukan,

Maksud dari proses penilaian diri bukanlah untuk meratapi apa yang gagal. Kamu harus menggunakan waktu untuk menilai hal-hal yang benar, yang kamu lakukan dan kesalahan yang kamu lakukan, lalu belajar dari hal yang telah berlalu tersebut. Gunakan pengetahuan yang baru untuk mengubah rencana jika diperlukan.

Pengukuran tujuan ini dimaksudkan untuk mencapai tujuanmu secara spesifik. Setiap langkah yang telah kamu lalui adalah pencapaian yang harus diukur. Jadi, mulai lakukan pengukuran, yuk!

Baca Juga: 5 Hal Sederhana yang Berdampak Positif pada Penilaian Kinerjamu 

P U T R I Photo Verified Writer P U T R I

Yuk menulis lagi!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya