Comscore Tracker

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benar

Akhiri harimu dengan lebih bermakna 

Menghabiskan waktu seharian dengan banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang padat tentu membuatmu lelah. Secara otomatis, kamu hanya mengakhiri harinya dengan istirahat. Tidak ada penutupan hari yang istimewa.

Padahal, mengakhiri hari haruslah dengan jalan yang benar. Lantas, bagaimana mengakhiri hari yang benar sehingga semua yang dilalui terasa bermakna? Berikut yang bisa dilakukan.

1. Bersyukur atas apa yang Tuhan berikan

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benarunsplash.com/Ben White

Merasakan lelah akibat pekerjaan yang kamu lakukan tentu membuat pemikiran penat. Namun, tidak semua orang bisa berada pada posisimu saat ini.

Mendapatkan pekerjaan yang bagus dan memiliki kehidupan yang mencukupi patut untuk disyukuri. Oleh karenanya, setelah menghabiskan waktu seharian untuk bekerja dan aktivitas lainnya, ada baiknya kamu mengucap syukur di penghujung hari. Ucapkanlah terima kasih pada Tuhan yang telah memberikan kemudahan dalam hidupmu.

2. Meminta maaf pada diri sendiri

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benarunsplash.com/Priscilla Du Preez

Adanya kesalahan dan kekurangan dalam harimu kerap kamu rasakan. Mungkin ada beberapa hal yang sudah direncanakan tapi berakhir dengan kekecewaan. Pun, dengan kamu yang melakukan kesalahan sehingga membuatmu kesal dengan diri sendiri. 

Meminta maaf pada diri sendiri adalah faktor penting. Dengan meminta maaf berarti kamu menghargai pencapaian atas apa yang telah dilakukan oleh tubuhmu sendiri. Meminta maaf pun dapat menumbuhkan rasa percaya diri sehingga saat esok hari kamu bangun, dirimu sudah siap untuk menjalani hari yang baik.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bersyukur adalah Obat Sakit Hati Terbaik

3. Melakukan evaluasi pada harimu

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benarunsplash.com/Kat Stokes

Ketika kamu sudah memiliki rencana tentang hal apa saja kamu lakukan hari ini, tetapi ada beberapa hal yang tidak dilakukan, maka ketika malam hari, kamu dapat melakukan evaluasi. Evaluasi pada hal yang tidak dapat kamu kerjakan dan menjadikan itu sebagai pembelajaran agar hari ke depannya kamu bisa lebih fokus. 

Lakukanlah evaluasi ini setiap hari sebelum kamu istirahat dalam tidurmu. Mengevaluasi dapat membuat hidupmu lebih terencana ketika esok pagi. 

4. Berendam pada air hangat

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benarunsplash.com/Roberto Nickson

Padatnya aktivitas yang telah dilakukan dari pagi hingga malam hari tentu membuat tubuhmu merasa pegal dan sakit. Untuk mengusir rasa sakit tersebut kamu dapat berendam pada air hangat. 

Sediakanlah air hangat dalam bath tub dan berendam selama 30-45 menit lamanya. Namun, jika kamu tidak memiliki bath tub, kamu dapat melakukannya dengan mandi dan mengguyur badanmu dengan air hangat. 

5. Berlatih meditasi untuk menenangkan pikiran

Bikin Bahagia, 5 Hal Ini Harus Dilakukan untuk Akhiri Hari yang Benarunsplash.com/Jared Rice

Penat akan rasa cape membuat pikiranmu tidak dapat berpikir jernih. Jika hal itu kamu rasakan, maka kamu butuh untuk melakukan meditasi. Tidak perlu bingung melakukan meditasi di mana, kamu dapat melakukan meditasi di dalam kamarmu. 

Caranya cukup mudah, setelah kamu mandi jangan langsung tidur. Duduklah di atas kasur dan nyalakan musik yang menenangkan. Pinjamkan matamu dan nikmati alunan musik dengan merasakan bahwa tubuhmu benar-benar rileks. Kamu dapat melakukan ini dalam waktu 20-30 menit lamanya. 

Mengakhiri hari seperti kelima hal di atas masih jarang dilakukan oleh semua orang. Mereka memilih untuk langsung tidur saja. Padahal melakukan kelimanya dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagia

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You