Comscore Tracker

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!

Sprei yang tepat bikin tidur lebih nyaman

Sebagai ruang beristirahat setelah beraktivitas seharian, kenyamanan kamar tidur benar-benar harus diperhatikan. Tidak hanya pemilihan kasur dan dekorasi, kualitas sprei juga menjadi faktor yang penting untuk membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman serta meningkatkan kualitas tidurmu.

Memilih sprei yang tepat dan berkualitas baik tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. Apa saja? Simak tips berikut, ya!

1. Perhatikan ukuran sprei

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!Pixabay.com/ErikaWittlieb

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli sprei adalah ukurannya. Ukuran sprei harus sesuai dengan ukuran kasur; tidak boleh terlalu besar, apalagi terlalu kecil.

Biasanya, ukuran kasur yang umum dipakai adalah single (100x200cm), super single (120x200cm), queen (160x200cm), dan king (180-200x200cm). Selain panjang dan lebar, tinggi atau ketebalan kasur juga tidak boleh lupa diukur agar sprei bisa menutup permukaan kasur dengan sempurna.

2. Pilih bahan sprei yang adem

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!Unsplash.com/Liana Mikah

Tinggal di negara tropis seperti Indonesia, menggunakan sprei berbahan katun adalah pilihan terbaik. Bahan katun relatif halus, lembut, dan pastinya mampu menyerap keringat. Jadi, terasa adem dan nyaman saat digunakan.

Beberapa jenis bahan katun yang bisa kamu pilih untuk sprei antara lain adalah katun panca, katun catra, katun Jepang, dan katun CVC atau katun Korea. Nah, pastikan kamu mengecek dahulu ya kualitas kain dari sprei incaranmu.

3. Pastikan permukaan sprei tidak kaku

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!Pexels.com/Cotton Bro

Kualitas sprei dapat dilihat lewat permukaannya. Sentuh permukaan sprei saat kamu akan membeli sprei secara langsung. 

Jika permukaannya terasa kaku, maka sebaiknya sprei tersebut jangan dibeli. Pilih sprei dengan permukaan yang lembut karena menandakan bahwa bahannya sejuk dan nyaman. Dijamin deh, kualitas tidurmu juga bisa meningkat.

Baca Juga: 10 Ide Dekorasi Kamar Tidur Bergaya Hippie, Buat Kamar Tampak Seru!

4. Sesuaikan warna dan motif sprei dengan interior kamar

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!Pinterest.com/DioneDistal

Kalau kamu suka menjaga estetika kamar, warna dan motif sprei perlu dijadikan pertimbangan. Pilih warna dan motif yang sesuai dengan warna cat dinding serta tema dekorasi kamarmu.

Untuk kamar minimalis, sprei polos dengan warna monokrom adalah pilihan yang tepat. Sementara itu, untuk kamar berukuran kecil, hindari sprei dengan motif berukuran besar karena dapat membuat kamar terkesan sempit.

5. Pertimbangkan kesesuaian harga sprei

5 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Sprei, Jangan Asal!Pinterest.com/habitusliving

Sprei dengan harga mahal tidak selalu berarti memiliki kualitas baik. Namun, kamu juga jangan mudah tergoda dengan sprei yang harganya murah.

Pastikan harga yang kamu bayarkan sesuai dengan kualitas bahan sprei dan sablonannya. Cari info terlebih dahulu mengenai jenis dan kualitas bahan sprei, kemudian pilih toko atau supplier terpercaya yang mampu memberikan harga terbaik sesuai budget kamu.

Dengan mengikuti 5 tips di atas, semoga kamu tidak salah beli sprei lagi, ya! Ingat, sprei yang tepat akan membuat kualitas tidurmu meningkat.

Baca Juga: 9 Inspirasi Kamar Bergaya Shabby Chic, Bak Kamar di Pedesaan Eropa

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya