Comscore Tracker

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!

Ambil jeda sejenak untuk mencari inspirasi baru

Sebagai seorang penulis, tentu bangga jika bisa menghasilkan banyak karya tulis yang punya ciri khas dan berkualitas. Terlebih ketika ternyata hasil tulisan tersebut menarik minat baca banyak orang, semangat untuk menghasilkan lebih banyak karya tentu akan semakin membara.

Namun, setiap penulis pasti mengalami momen di mana tidak ada ide segar yang datang menghampiri. Kebuntuan ini bisa menyebabkan stres dan perasaan khawatir akan karya yang tidak bisa diselesaikan dengan baik.

Tidak perlu khawatir. Kejadian seperti ini sangat wajar dan bisa diatasi dengan beberapa hal di bawah ini.

1. Jalan-jalan sejenak

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi seseorang yang sedang berjalan (pexels.com/Daria Rem)

Kehabisan ide padahal tulisan masih jauh dari selesai tentu membuatmu tidak nyaman. Di saat seperti ini, kamu bisa merasa stres dan bingung. Memang wajar, kamu pasti khawatir bahwa tulisanmu tidak bisa selesai tepat waktu.

Namun, kamu bisa mengatasi kebuntuan ini dengan mengambil jeda sejenak dan jalan-jalan ke luar. Kamu bisa mendatangi tempat apa pun, seperti taman, pusat perbelanjaan, kafe, dan sebagainya. Dengan melakukan kegiatan ini, biasanya akan banyak inspirasi bermunculan, sehingga kamu bisa mendapat ide-ide bagus untuk bahan tulisan.

2. Menghibur diri

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi seorang wanita sedang melukis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika ide menarik sedang sulit untuk diperoleh, kamu tidak perlu memaksakan diri. Justru ini merupakan sinyal agar kamu mengambil waktu untuk mencari hiburan lain terlebih dahulu dan mengalihkan pikiran.

Cobalah untuk menonton film atau berbagai video menarik lain, bernyanyi, melukis, journaling, dan berbagai aktivitas yang bersifat hiburan lainnya. Nikmati waktumu sebaik-baiknya dan bukan tidak mungkin kamu bisa mendapat banyak inspirasi unik dari kegiatan menghibur diri tersebut.

Baca Juga: 5 Faedah Menulis bagi Kesehatan Fisik dan Mental

3. Membaca tulisan orang lain

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi seseorang yang sedang membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bosan dengan materi tulisanmu, tetapi tidak ada ide baru? Jangan khawatir. Jika ini terjadi, kamu bisa mencari referensi sebanyak-banyaknya agar mampu mendapat bahan atau sudut pandang baru.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membaca karya-karya orang lain. Ini bertujuan untuk membuka wawasan, bukan untuk plagiat tulisan. Bacalah sebanyak mungkin agar kamu bisa mendapat ide segar, sehingga kualitas tulisanmu bisa lebih baik.

4. Makan

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi makan di restoran (pexels.com/Taha Samet Arslan)

Salah satu faktor yang menyebabkan kamu sulit untuk berkonsentrasi adalah perut yang lapar. Ini biasa terjadi ketika kamu tetap bekerja, padahal sudah waktunya istirahat. Akibatnya, otak sulit untuk diajak kompromi dan tidak ada ide hebat yang tercipta.

Jika sudah begini, jangan memaksakan diri. Tinggalkan pekerjaanmu sejenak dan isi perut dengan makanan yang bergizi agar energi bisa diperoleh kembali.

Bekerja dengan tekun adalah sesuatu yang baik. Namun, kamu juga harus bisa membagi waktu antara menyelesaikan tugas dan memberi hak tubuh untuk istirahat sejenak.

5. Tidur

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi tidur siang (pexels.com/Kampus Production)

Kesulitan mendapat ide untuk menulis bisa terjadi karena kamu sedang lelah. Kurang beristirahat bisa membuat kepala pusing dan kondisi tubuh secara umum menjadi tidak bugar. Akibatnya, kamu sulit untuk berpikir dan bahan untuk menulis tidak kunjung didapat.

Jika sedang merasa kelelahan, jangan ragu untuk tidur. Biarkan tubuh dan pikiran mendapat waktu istirahat yang berkualitas, sehingga bisa memperoleh kembali energi yang hilang. Bila tubuh sudah kembali pulih, maka otak juga siap untuk bekerja, sehingga banyak ide segar akan berdatangan.

6. Berdoa

6 Hal yang Bisa Dilakukan saat Kehabisan Ide Menulis, Istirahat Dulu!ilustrasi seseorang yang sedang salat (pexels.com/Michael Burrows)

Di saat pikiran terasa buntu dan sulit mencari ide, ini saatnya kamu beristirahat. Panjatkan doa pada Tuhan agar diberi pertolongan berupa materi yang mengalir lancar, sehingga tulisanmu bisa diselesaikan.

Berdoalah dengan yakin dan bersungguh-sungguh. Tindakan ini bisa membuatmu lebih tenang, sehingga bisa berpikir jernih. Akhirnya, banyak ide segar bermunculan dan kamu pun bisa menciptakan berbagai karya luar biasa.

Mengalami kebuntuan saat menulis adalah hal yang wajar terjadi kepada semua penulis. Tidak perlu khawatir, dengan melakukan beberapa hal di atas, pikiran bisa menjadi lebih tenang, sehingga diharapkan ide segar kembali mengalir lancar. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Menulis Paragraf Pembuka Artikel Menarik, Atasi Writer's Block!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya