Comscore Tracker

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewan

Memelihara hewan butuh modal, lho!

Psychology Today melansir, hewan peliharaan adalah salah satu obat paling ampuh untuk menghilangkan rasa kesepian dan mengurangi depresi. Oleh sebab itu, memelihara hewan dapat memberikan banyak manfaat.

Namun, memelihara hewan ternyata butuh persiapan yang matang, lho. Calon pet owner tidak bisa sembarangan membeli hewan dan membawanya pulang. Dibutuhkan persiapan yang matang untuk memastikan agar hewan tidak jadi terlantar.

Apa saja yang wajib dipastikan sebelum memutuskan jadi pet owner? Yuk simak poin-poin di bawah ini!

1. Pastikan mentalmu sudah siap

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewanilustrasi kucing bersama pemiliknya (unsplash.com/Japheth Mast)

Memutuskan untuk memelihara seekor hewan sama sekali berbeda dengan memutuskan untuk membeli sebuah barang. Diperlukan komitmen seumur hidup untuk merawat dan memenuhi segala kebutuhan hewan tersebut hingga akhir hidupnya.

Jangan sampai tujuan utama pet owner memelihara hewan hanya karena ikut tren atau sekedar memenuhi permintaan anak yang merengek minta dibelikan peliharaan. Jika mentalmu belum siap, sebaiknya urungkan niat memelihara hewan, ya!

2. Pastikan terus belajar memahami tentang hewan yang dipelihara

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewanilustrasi ikan di dalam akuarium (unsplash.com/Nat Weerawong)

Sudah menjadi kewajiban pet owner untuk memahami hewan peliharaannya, setidaknya tentang kebutuhan dasar. Pahami hal-hal dasar seperti pakan yang tepat dan manajemen pemeliharaan yang benar.

Pet owner yang memiliki pengetahuan baik tentang hewan peliharaannya akan mampu melakukan pemeliharaan dengan baik pula. Hewan peliharaan juga akan merasa nyaman dan bahagia tinggal bersama pemiliknya.

3. Pastikan bisa menyisihkan waktu luang

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewanilustrasi hewan anjing bersama pemiliknya (unsplash.com/Eric Ward)

Hewan peliharaan tertentu, seperti anjing dan kucing, membutuhkan waktu untuk berinteraksi dengan pemiliknya. Hal ini penting untuk menjaga perilaku hewan tetap stabil.

Sebagai contoh hewan anjing, seperti dilansir VCA Hospitals, jika kebutuhan interaksi sosialnya tidak terpenuhi, maka dapat membuat anjing berperilaku destruktif, selalu mencari perhatian, dan sulit dikendalikan. Oleh karena itu, meluangkan waktu untuk hewan peliharaan sangat penting.

Baca Juga: 7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!

4. Pastikan memberikan lingkungan pemeliharaan terbaik

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewanilustrasi hewan kucing (unsplash.com/Jackie Zhao)

Perlu diketahui calon pet owner bahwa seperti layaknya manusia, hewan pun memerlukan lingkungan tempat tinggal nyaman sesuai dengan kondisi habitat aslinya. Hal ini penting agar hewan tetap bisa berperilaku normal.

Ketahui kebiasaan alami dari calon hewan peliharaan, seperti sering bersembunyi, butuh tempat untuk memanjat, dan sebagainya. Usahakan menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut agar hewan merasa aman dan nyaman.

5. Pastikan persediaan dana perawatan selalu ada

Penting! 5 Hal yang Wajib Dipastikan Sebelum Memelihara Hewanilustrasi anjing diperiksa oleh dokter hewan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Beberapa pet owner yang tidak bertanggung jawab seringkali mengobati hewannya sendiri dengan alasan tidak ada biaya untuk membawa ke dokter hewan. Hal ini sangat berbahaya karena pengobatan yang tidak tepat dapat mengancam keselamatan hewan.

Sangat disayangkan masih saja ada pet owner yang lupa bahwa memelihara hewan tidak hanya sekedar memberikan makan, minum, dan tempat tinggal saja, tetapi juga menjamin kesehatannya. Sudah menjadi konsekuensi pet owner untuk menyisihkan dana khusus untuk perawatan hewan.

Nah, ternyata banyak yang harus dipastikan sebelum memutuskan memelihara hewan. Jangan lupa, catat dan pahami poin-poin tersebut agar hewan peliharaan tidak jadi stress. Jadilah pet owner yang bertanggung jawab, ya!

Baca Juga: 10 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia, Minat Pelihara?

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya