Comscore Tracker

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!

Lucu-lucu banget ya...

Bagi sebagian orang, memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang wajib. Pasalnya, hewan memang bisa menjadi sangat menggemaskan dan bisa juga dijadikan 'teman' di rumah. Maka dari itu banyak orang yang memutuskan untuk memelihara hewan di rumahnya, seperti kucing, anjing, burung, ikan, serta kelinci.

Khusus kelinci, hewan ini memiliki berbagai bentuk, ukuran, warna, dan kepribadian yang unik sehingga mendatangkan warna tersendiri di antara hewan peliharaan lainnya. Bahkan, American Rabbit Breeders Association (ARBA) secara resmi telah mengakui setidaknya ada 50 jenis kelinci yang lucu dan unik yang pastinya cocok untuk dipelihara.

Mau tahu beberapa jenis kelinci paling lucu yang ada di dunia? Baca sampai habis ya, kamu pasti ingin memeliharanya!

1. American Rabbit (Kelinci Amerika)

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!pinterest.com

Melansir Good Housekeeping, jika kamu baru pertama kali memelihara kelinci, jenis American rabbit (kelinci Amerika) adalah pilihan yang bagus karena sifatnya yang tenang dan manis. Kendati begitu, kelinci ini harus dijauhkan dari anak kecil.

Usut punya usut, rupanya American rabbit sangat pemalu dan mungkin akan menggigit kalau sampai tidak diperlakukan dengan lembut. Dengan perawatan rutin dan pola makan sehat, kelinci ini bisa hidup hingga 12 tahun.

2. Belgian Hare Rabbit (Kelinci Belgia)

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!goodhousekeeping.com

Belgian Hare Rabbit atau kelinci Belgia merupakan salah satu jenis kelinci tertua di dunia. Kalau kamu tertarik memeliharanya, kamu harus memelihara kelinci Belgia di luar rumah berhubung mereka berkembang lebih subur di luar. 

Kamu juga perlu bersabar dalam merawat kelinci Belgia. Sebagian besar dari jenis kelinci ini memiliki kepribadian yang gugup. Terlebih mereka juga akan langsung ketakutan kalau bertemu orang baru, tak heran apabila kamu diharuskan memperkenalkan diri terlebih dahulu.

3. Blanc de Hotot

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!differentbreedsofrabbit.weebly.com

Berasal dari Perancis, kelinci Blanc de Hotot dapat dengan mudah ditemukan karena penampakannya yang mencolok. Lihat saja matanya yang seperti dikelilingi 'eyeliner hitam' yang kontras dengan bagian tubuh putihnya itu.

Blanc de Hotot cocok untuk dijadikan hewan peliharaan anak-anak supaya mereka bisa tumbuh besar bersama-sama. Sering-seringlah mengajak kelinci ini pergi jalan ke luar rumah, niscaya hubunganmu dengan Blanc de Hotot akan semakin mengerat.

Baca Juga: 7 Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci, Cegah Sebelum Terjadi

4. Checkered Giant Rabbit

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!learnnaturalfarming.com

Checkered Giant Rabbit adalah salah satu jenis kelinci raksasa. Dengan berat mencapai 5,8 kg, kelinci ini cocok buat dipelihara sepasang kekasih atau orang yang sedang mencari teman.

Hebatnya, Checkered Giant Rabbit lebih mandiri dibanding ras kelinci lainnya. Kamu akan mudah mengenali kelinci ini karena hidungnya yang berbentuk seperti kupu-kupu.

5. Dutch Rabbit (kelinci Belanda)

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!goodhousekeeping.com

Kelinci Belanda (Dutch Rabbit) menjadi salah satu jenis kelinci paling populer. Bersosialisasi merupakan kunci bagi kelinci yang energik ini.

Bukan tanpa sebab, kelinci Belanda dapat menjadi depresi jika menghabiskan terlalu banyak waktu di kandangnya daripada di luar. Berhubung sifatnya yang santai, anak-anak diperbolehkan untuk merawat kelinci ini.

6. English Lop

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!rabbitbreeders.us

"Kupingnya panjang banget!"

Ya, kelinci English Lop memang dinobatkan sebagai kelinci dengan telinga terpanjang. Namun, akibat dari telinganya yang panjang tersebut, kelinci ini membutuhkan perawatan yang sedikit berbeda. Telinga mereka perlu diperiksa secara teratur dan kuku mereka harus selalu dibuat pendek, ini perlu dilakukan demi mengurangi risiko kupingnya terluka apabila terinjak.

7. Netherland Dwarf Rabbit

7 Jenis Kelinci Paling Lucu yang Ada di Dunia, Bikin Pengin Pelihara!domesticanimalbreeds.com

Dari namanya saja sudah terbayang kalau jenis kelinci yang satu ini sangat mungil. Apalagi Netherland Dwarf Rabbit juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan manusia. Tapi tenang, dengan kesabaran dan cinta, kamu akan segera melihat kepribadian mereka yang sebenarnya.

Itulah beberapa ras kelinci paling lucu di dunia yang bikin kamu pengin langsung pelihara. Menurutmu, nomor berapa yang paling bikin gemas?

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Antara Terwelu dan Kelinci

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya