Comscore Tracker

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstra

Asah potensi sekaligus cari cuan, nih!

Sebagai mahasiswa, apalagi punya predikat ganda sekaligus sebagai anak kos, biasanya hanya memiliki uang yang pas-pasan hasil kiriman orangtua setiap bulan. Jangankan cukup untuk ditabung, digunakan untuk makan saja sering kali habis tak bersisa.

Namun, jangan mudah menyerah begitu saja. Meskipun belum memiliki pekerjaan resmi, tetapi mahasiswa juga bisa menghasilkan uang bila punya kreativitias dan keberanian. Salah satu cara yang bisa dipilih adalah dengan mengambil pekerjaan sampingan yang dilakoni di luar jam kuliah.

Bingung ingin mengambil pekerjaan sampingan seperti apa? Berikut lima ide pekerjaan sampingan yang bisa kamu coba.

1. Fotografer

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstrailustrasi seseorang yang sedang memotret (pexels.com/Matt Hardy)

Anak muda biasanya akrab dengan dunia fotografi karena ingin memajang foto-foto ciamik di laman media sosialnya. Namun, biasanya mereka tidak menekuni hal tersebut dengan serius, padahal sebenarnya punya potensi besar untuk dijadikan sebagai sumber penghasilan tambahan.

Kalau kamu punya hobi fotografi, tidak ada salahnya untuk mengasah bakat tersebut. Jika punya keberanian lebih, kamu bahkan bisa menjajal kemampuanmu dengan menjadi fotografer untuk acara wisuda atau yang lain. Bisa bantu mengabadikan kebahagiaan orang lain dan dapat bayaran sekaligus. Senang, kan?

2. Penulis lepas

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstrailustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/George Milton)

Kalau kamu adalah seorang mahasiswa dan punya hobi menulis, jangan sia-siakan kesempatan emas itu untuk menghasilkan uang tambahan. Ada banyak platform yang menerima hasil karya tulis, seperti artikel, cerpen, puisi, dan sebagainya, yang bisa kamu coba.

Dibandingkan hanya menulis curahan hati di media sosial, lebih baik kamu gunakan bakatmu tersebut untuk menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai. Kirimkan tulisanmu ke platform pilihan. Bila beruntung, kamu bisa mendapatkan bayaran yang cukup untuk menambah pundi-pundi tabungan.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Menolak Tawaran Pekerjaan Sampingan, Jangan Tersinggung

3. Guru les Bahasa Inggris

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstrailustrasi belajar bersama (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Di era seperti saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang wajib dipelajari oleh setiap orang. Jika seseorang tidak mau belajar bahasa internasional tersebut, maka dia akan mengalami banyak kesulitan karena memang faktanya bahasa ini digunakan dalam berbagai hal.

Kalau kamu punya keahlian dalam menguasai Bahasa Inggris, manfaatkan untuk menciptakan peluang memperoleh uang. Kamu bisa membuka jasa les Bahasa Inggris untuk anak-anak atau bahkan untuk teman kampus. Selain berbagi ilmu, tentunya kamu juga bisa mendapat uang saku tambahan.

4. Jual hasil rajutan

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstrailustrasi seseorang yang sedang merajut (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Merajut adalah sebuah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus bisa menjadi media untuk bersantai. Kegiatan ini bahkan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan yang lain, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu tersendiri.

Bila kamu punya keterampilan merajut, maka ini merupakan hal yang harus diasah dengan baik. Kamu bisa membuat beragam karya, seperti pouch, tas kecil, dompet, atau apa saja dan menjualnya pada teman-teman di kampus. Bila laku, kamu bisa punya uang tambahan, deh!

5. Bekerja di kampus

5 Ide Pekerjaan Sampingan yang Bikin Mahasiswa Punya Tabungan Ekstrailustrasi seorang dosen yang sedang mengajar (pexels.com/fauxels)

Mahasiswa biasanya menghabiskan banyak waktu di kampus karena punya beragam kegiatan. Hal ini terkadang membuat mereka sulit untuk mencari kerja sampingan karena tidak punya banyak waktu luang.

Jangan salah! Pekerjaan paruh waktu pun sebenarnya bisa ditemukan di kampus. Kamu bisa mengikuti kegiatan proyek dosen, magang di kantor kampus, menjadi asisten dosen atau asisten di laboratorium milik kampus. Selain bisa mendapat lebih banyak ilmu, biasanya kamu pun akan mendapatkan bayaran.

Seorang mahasiswa harus kreatif dan jeli dalam melihat peluang, sehingga bakat yang dimiliki bisa digunakan untuk mencari uang ekstra. Keterampilan semakin meningkat, tabungan pun semakin bertambah. Terdengar menyenangkan, bukan?

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok bagi Gen Z, Cari Uang Tambahan!

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya