Comscore Tracker

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  

Jangan sampai kamu terjebak pada sifatnya yang manipulatif  

Di kehidupan sosial hari ini, kita sudah akrab dengan istilah playing the victim. Playing the victim adalah sebutan untuk orang yang gemar memanipulasi cerita atau masalah dan menempatkan dirinya sebagai korban.

Orang tipe ini sering kali mengekspresikan hal negatif dan menganggap orang lain adalah penyebab dari masalah yang ia alami. Ia gak pernah berhenti untuk meminta simpati agar kita merasa kasihan pada dirinya.

Padahal, ia hanya memanipulasi. Sebenarnya, ia adalah akar dari masalah itu sendiri. Harus waspada, berikut ini sepuluh tanda orang yang gemar playing the victim.

1. Ia mengasihani diri sendiri  

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@anthonytran

"Dunia ini kejam sedangkan ia hanyalah seseorang yang lemah." Gambaran ini yang selalu ada di pikirannya. Ia terus-menerus mengasihani diri sendiri dan berusaha membuat orang lain juga merasakannya. Semakin banyak orang yang bereaksi, semakin banyak pula orang yang terjebak pada permainan ini.

2. Jangan tertipu karena itu hanya manipulasi 

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@elijahsad

Ia gemar bersikap seolah gak berdaya untuk mendapat kasih sayang, perhatian, dan simpati orang sekitarnya. Ia juga bisa membuatmu merasa bersalah atas apa yang pernah kamu perbuat kepadanya. Ini ia lakukan semata-mata agar lebih banyak orang mau mendengarkannya.

3. Hidupnya penuh keluhan  

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@kaimantha

Seorang teman yang gemar playing the victim biasanya akan datang dengan berbagai keluhan dan masalah yang gak kunjung selesai. Setiap hari, ia bercerita mengenai kesedihannya seolah-olah hanya ia yang mempunyai masalah di dunia ini. Lama-kelamaan, kamu akan merasa kesabaran dan energimu habis tersedot karena mendengarkannya.

4. Sering curhat, tapi gak mau menerima solusi

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@mimithian

Sebagai seorang teman, wajar saja bila kamu akan berusaha memberi nasihat dan solusi atas masalah yang dihadapinya. Namun, bila temanmu adalah seorang yang gemar playing the victim, nasihat dan solusi yang kamu tawarkan gak akan berguna sama sekali. Sebab, sejak awal, ia langsung akan mematahkan semua solusimu itu. Rasanya menyebalkan banget punya teman yang sering curhat, tapi sekalinya diberi solusi malah menolak. Benar, kan?

5. Gak siap dengan kritik

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@edvinjohansson

Ia gak mau mendengar apa pun pendapatmu mengenai sikap dan perilaku mereka. Saat kamu memberi masukan, ia lebih memilih untuk menghentikan obrolan denganmu. Baginya, dunia dan seisinya selalu jahat, sedangkan ia gak melihat kesalahan apa pun dalam dirinya.

Baca Juga: Sering Terjadi, 10 Problem yang Dihadapi Pasangan Kekasih Masa Kini

6. Bermasalah dengan rasa percaya   

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@ericjamesward

Seseorang yang gemar playing the victim bukan hanya gak bisa memercayai orang lain, tetapi juga dirinya sendiri. Ia memproyeksikan emosinya ke lingkungan sekitar dan meyakini bahwa semua orang sama seperti dirinya: gak bisa dipercaya. Jadi, kalau temanmu selalu bersikap curiga pada orang lain, bisa saja sebenarnya ia juga gak percaya pada diri sendiri.

7. Gak berhenti membandingkan dirinya dengan orang lain  

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@kxvn_lx

"Kenapa aku gak bisa secantik dia?"
"Kenapa dia disukai banyak cowok sedangkan aku gak?"

Rasa percaya diri yang rendah membuatnya gak berhenti berpikir apakah ia lebih baik atau lebih buruk dari orang lain. Ia gemar membandingkan dirinya dengan cara yang negatif, kemudian menjadi stres karena penilaiannya sendiri.

8. Gak bahagia dengan kehidupannya  

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@e_sykes

Gak peduli seberapa banyak berkah yang diterima dalam hidupnya, ia akan selalu menganggap itu gak cukup. Ia kurang pandai bersyukur dan selalu menginginkan lebih. Pada akhirnya, ia akan terus mengeluh tanpa henti mengenai kesedihan-kesedihannya. Orang seperti ini biasanya pesimis dan gak menghargai momen-momen indah dalam hidup.

9. Sulit menerima perbedaan   

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  pexels.com/Engin Akyurt

Ia menganggap perbedaan, kritik, atau orang yang gak sependapat dengannya sebagai lawan. Ia juga kerap berpikir bahwa perbedaan pendapat ini sebagai penghinaan pribadi. Menurutnya, orang-orang di sekitarnya hanya ingin menyakitinya saja.

10. Suka mencari kambing hitam   

Sebaiknya Dihindari, Ini 10 Tanda Seseorang Suka Playing the Victim  unsplash.com/@icons8

Seseorang yang suka playing the victim selalu menyalahkan orang lain atas kegagalan yang ia alami. Ia takut mengambil tanggung jawab atas tindakannya dan melimpahkannya pada orang lain. Dengan cara inilah ia menghindar dari perasaan bersalah.

Itulah sepuluh tanda seseorang yang gemar playing the victim. Perhatikan sekitarmu, jangan sampai kamu terjebak pada sifatnya yang manipulatif. Sebab, orang tipe seperti ini hanya akan merugikanmu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Meninggalkan Pasangan yang Belum Dewasa

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya