Comscore Tracker

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbang

Gak perlu mengorbankan masa muda demi masa depan 

Setiap orang pasti mempunyai mimpi yang ingin ia capai di dalam hidupnya, kamu juga termasuk, kan? Sering kali, semangat mengejar mimpi membuat sebagian orang lupa pada keseimbangan hidup. Ia hanya fokus pada masa depan jangka panjang dan melupakan yang dijalani hari ini. 

Pada akhirnya, baik hidupnya pada hari ini maupun mimpi-mimpinya di masa depan menjadi gak terarah. Gak mau hal ini terjadi, kan? Berikut delapan nilai yang harus kamu tanamkan agar tetap menjaga keseimbangan hidupmu dalam mengejar mimpi!

1. Motivasi diri  

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi motivasi (pexels.com/KristopherK)

Motivasi adalah pendorong seseorang untuk meraih mimpinya dengan penuh semangat. Adanya mimpi atau cita-cita tentu berangkat dari sebuah motivasi. 

Apakah kamu pernah merasa kehilangan motivasi dan berharap motivasi dari luar? Jangan menunggu orang lain untuk memberi motivasi. Sebab, sebaik-sebaiknya motivasi adalah yang berasal dari dalam dirimu sendiri. 

2. Kegigihan 

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi kegigihan (pexels.com/ Niko Twisty)

Kamu harus mempunyai konsistensi minat dan ketekunan dalam upaya menggapai mimpi, inilah yang dinamakan kegigihan. Pasti akan ada aral melintang di sepanjang jalan hidup ini. Bisa saja rintangan ini akhirnya membuatmu patah semangat atau mengubah tujuan.

Sering mengubah tujuan jangka panjang tanpa arah yang jelas hanya akan membuat kekacauan dalam hidupmu. Kamu akhirnya jadi gak fokus dan bingung harus terus menyusun langkah dan strategi baru. 

Kegigihan bisa dikembangkan dari dalam diri dan lingkungan. Pertama, kamu harus mengenali apa ketertarikanmu. Kembangkan minat menjadi passion. Kalau sudah mengenalinya, akan lebih mudah untuk menghadapi tantangan saat ini dan kemudian hari.

3. Percaya diri  

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi percaya diri (pexels.com/mentatdgt)

Pernah gak kamu mendengar orang lain meremehkan mimpimu? Misalnya, orang lain mengatakan mimpimu terlalu tinggi dan kamu gak mungkin meraihnya. Bisa saja ini membuat semangatmu mengendur atau bahkan merasa down. 

Dalam menggapai cita-cita, gak semua omongan orang harus kamu dengar, apalagi yang sifatnya negatif. Kamu harus percaya diri pada kemampuan dan usahamu. Teruslah bekerja keras hingga satu per satu impianmu tercapai. Memikirkan omongan negatif hanya membuatmu pesimis dan akhirnya gak fokus pada strategi yang telah kamu susun. 

4. Integritas

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi meraih mimpi (pexels.com/Kindel Media)

Integritas merujuk pada sikap selaras antara perkataan dan tindakan. Sikap ini dibutuhkan untuk sukses di bidang apa pun.  

Bersikap jujur ​​dan dapat dipercaya dalam kata-kata serta tindakan membuat orang lain tahu bahwa kamu menjunjung tinggi standar moral dan etika. Memiliki integritas membangun hubungan yang solid dan seimbang di mana pun kamu berada. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Channel YouTube Buat Kamu yang Sedang Mengejar Mimpi

5. Bertanggung jawab 

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi meraih mimpi (pexels.com/Anna Shvets)

Meskipun kamu lulusan kampus ternama atau kini bekerja di perusahaan bonafide, kamu akan sulit maju bila gak mempunyai sikap tanggung jawab. Mengambil tanggung jawab atas perbuatan dan keputusan adalah nilai tambah. 

Misalnya, saat melakukan kesalahan, kamu harus menjadi orang pertama yang menjernihkan suasana. Meminta maaf setelah mengatakan sesuatu yang menyakitkan juga merupakan bentuk tanggung jawab. 

6. Fleksibel 

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi meraih mimpi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu mungkin mempunyai pola dalam mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan masalah. Namun, bagaimana bila pola ini gak relevan dengan situasi terkini? Dunia terus berkembang dan kamu harus menyesuaikan diri dengan perubahannya. 

Kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas membuatmu siap menerima perubahan, sehingga menghadapinya dengan optimis. Kamu akan lebih mampu mengeksplorasi ide, strategi, dan solusi baru dengan pikiran yang terbuka.

7. Terus belajar dan berkembang

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi belajar dan berkembang (pexels.com/ RODNAE Productions)

Salah satu kunci kesuksesan para tokoh hebat adalah gak bosan untuk terus belajar dan berkembang. Poin ini masih terkait dengan poin sebelumnya, di mana ia menyadari bahwa dunia selalu mengalami perubahan.

Sebaiknya jangan merasa cepat puas dengan pencapaianmu hari ini. Memanfaatkan kesempatan untuk belajar dan berkembang sangat berarti bagi kamu yang tengah mengejar mimpi.

8. Perilaku positif  

Sedang Mengejar Mimpi? Terapkan 8 Nilai Ini agar Hidup Tetap Seimbangilustrasi meraih mimpi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tujuh nilai di atas akan berhasil saat kamu mengemasnya dalam perilaku yang positif. Kamu memang tengah berupaya keras untuk meraih cita-cita, namun ini gak berarti kamu bisa melakukan segala cara untuk memuluskan langkah.

Tetaplah menjadi seseorang yang berempati, peduli pada orang lain, jujur, rendah hati, dan sebagainya. Percayalah, saat kamu berbuat baik, Tuhan akan membalasnya dengan ribuan kebaikan lain. 

Tanamkan delapan nilai ini sebagai penuntun meraih impian, namun gak membuatmu kehilangan keseimbangan hidup di masa muda. Semoga artikel ini bermanfaat. Bagikan ini ke teman-temanmu yang juga tengah mengejar mimpinya, ya! 

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup Minimalis Membantumu Raih Mimpi, Coba, deh!

Ratumas Ovvy Photo Verified Writer Ratumas Ovvy

Find me on Instagram @ratumasovvy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya