Comscore Tracker

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!

Bisa dijadikan peluang untuk upgrade kualitas diri

Pada usia 20 tahunan, banyak orang yang biasanya sudah mulai menjalin hubungan percintaan. Tetapi untuk kamu yang belum memiliki pasangan, kamu tidak perlu merasa khawatir.

Karena alih-alih memaksakan diri untuk berpacaran, di usia 20 tahunan kamu justru perlu meningkatkan kualitas diri yang akan membuatmu berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Untuk itu, saat menjadi jomblo di usia tersebut, kamu bisa dengan leluasa merasakan lima manfaat seperti yang sudah dirangkum di bawah ini.

1. Lebih fokus dengan perkembangan diri

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!ilustrasi perempuan yang sedang mengerjakan tugas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat menjadi lajang, salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan yakni kamu bisa lebih fokus mengenal diri sendiri sehingga kamu mampu menentukan tujuan hidup tanpa takut dipengaruhi oleh pasangan. Kamu jadi leluasa menggali potensi yang ada dalam dirimu.

Kamu akan lebih mudah menemukan versi terbaik dari dirimu saat hidup sendiri tanpa pasangan. Kamu pun akan merasa lebih bahagia serta tidak ada rasa sesal saat berhasil menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya.

2. Emosi jadi lebih stabil

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!ilustrasi pria yang sedang tersenyum (pexels.com/Wendy Wei)

Menjalin sebuah hubungan percintaan, adakalanya dirundung masalah dan berujung menjadi pertengkaran. Hal itu tentu bisa memengaruhi suasana hati dan jika dirasakan terus-menerus bisa menjadi emosi yang sulit dikontrol.

Berbeda dengan kamu yang masih jomblo. Walaupun beberapa kali merasa kesepian namun kamu bisa mengalihkan perasaan tersebut dengan melakukan hal yang kamu sukai. Kamu jadi terbebas dari drama percintaan di usia yang produktif ini, deh. Menyenangkan bukan?

Baca Juga: Gak Melulu Menyedihkan, Ini 7 Alasan Jadi Jomblo Lebih Happy 

3. Memiliki kebebasan 

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!ilustrasi pria yang berada di pantai (pexels.com/Kripesh adwani)

Keistimewaan seorang jomblo yaitu bebas berpergian kapan saja serta ke mana pun, tanpa khawatir harus dicurigai oleh pasangan. Selain itu, di usia yang menjadi fase transisi antara remaja ke dewasa ini, kamu memerlukan banyak koneksi yang dapat memajukan karirmu.

Untuk itu kamu perlu memelihara hubungan dengan orang-orang terdekat dan hal itu bisa kamu dapatkan dengan mudah saat menjadi jomblo. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah meningkatkan koneksi sosial.

4. Dapat menjadi pribadi yang mandiri

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!ilustrasi perempuan sedang minum air (pexels.com/Samson Katt)

Karena terbiasa menjalani kehidupan tanpa bergantung pada orang lain, tanpa disadari, dengan menjadi lajang ternyata mampu membentuk kepribadianmu jadi lebih mandiri. Lama-kelamaan kamu pun akan lebih kuat dalam menjalani kehidupan.

Bukan hanya itu, karena seringnya mengandalkan diri sendiri dalam menjalani aktivitas sehari-hari, kamu akan merasa lebih percaya diri dan terhindar dari stres. Kelak kamu pun jadi lebih bijak dalam mengambil keputusan. 

5. Punya lebih banyak waktu untuk me-time

5 Manfaat Menjadi Jomblo di Usia 20 Tahunan, Bebas Drama!ilustrasi perempuan yang sedang menonton tv (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menghabiskan waktu sendirian, tidak kalah penting dilakukan untuk beristirahat dari segala kepenatan yang sudah dilalui seharian. Apalagi di usia produktif, kamu pasti membutuhkan me-time.

Saat lajang, kamu bisa dengan bebas menikmati waktu bersama diri sendiri sehingga pikiranmu jadi lebih fresh dan terhindar dari lelah mental.

Ternyata menjadi lajang di usia 20 tahunan itu bukanlah hal yang menyedihkan. Justru jika kamu bisa menangkap peluang dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, lima manfaat di atas bisa kamu rasakan, lho.

Baca Juga: 5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lama

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya