Comscore Tracker

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lama

Bisa membantumu untuk menyesuaikan diri

Setelah sekian lama kamu sendiri, akhirnya sekarang sudah menemukan tambatan hati, dan memutuskan untuk menjalin hubungan asmara dengannya. Bahagia itu pasti, karena kamu tak lagi sendiri, sebab sudah ada sosok yang kamu sayangi dan dia menemani di saat ini.

Ketika sebelumnya kamu sendiri dalam jangka waktu yang lama, kebiasaan sehari-hari pasti akan mengalami sedikit perbedaan dengan statusmu yang sekarang sudah tak jomblo lagi.

Untuk itu, agar hubungan yang kalian jalani bisa memberikan kenyamanan satu sama lain, ini beberapa tips tentang bagaimana seharusnya kamu menjalani hubungan asmara, setelah jomblo sekian lama.

1. Jangan pernah ragu dengan hubungan barumu 

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lamailustrasi orang merasa bimbang dan ragu (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Tips pertama yang bisa dilakukan, adalah sebaiknya kamu meyakinkan diri untuk gak ragu dengan hubungan barumu. Sebab, keraguan diri terhadap sebuah hubungan, dapat mengurangi keharmonisan saat menjalaninya bersama pasangan.

Oleh karena itu, sebelum mengakhiri masa sendirimu, pastikan bahwa hatimu sudah tak ragu dengan dia maupun hubungan yang baru dimulai. Lama dalam kesendirian terkadang membuat seseorang ragu untuk membuka hati dan membangun hubungan, karena berbagai alasan.

Namun, jika kamu sudah merasa siap dan yakin dengan komitmen tersebut, jangan pernah ada sedikit keraguan di dalam hatimu dengan hubungan asmara yang kini kalian bina.

2. Mulai belajar beradaptasi dengan status barumu 

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lamailustrasi orang sedang bertelepon (pexels.com/Armin Rimoldi)

Jika sebelumnya kamu sendiri, ke mana saja juga bisa bebas, berkegiatan apa pun dalam jangka waktu lama juga bisa sesuka hatimu. Nah, karena sekarang kamu sudah memiliki kekasih, maka belajarlah beradaptasi dengan keberadaannya. Hal ini akan membuat hubungan asmara mampu berjalan lancar dan baik-baik saja.

Maka, ketika kamu akan melakukan kegiatan maupun pergi jauh, jika sebelumnya bisa bebas tanpa memberi tahu pasangan. Nah, sekarang cobalah untuk memberi kabar padanya. Tak perlu setiap pergi kamu harus memberi informasi padanya, beri tahu dia di saat yang memang perlu diinformasikan kepada pasangan.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Kegelisahan dalam Menjalin Hubungan Asmara

3. Membangun kepercayaan satu sama lain

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lamailustrasi saling percaya (pexels.com/Djordje Petrovic)

Telah lama dalam kesendirian, lalu sekarang kamu menjalin hubungan istimewa dengan seseorang. Maka, kamu juga harus bisa membangun kepercayaan padanya, begitu juga dia. Seseorang yang sudah jomblo sekian lama, pada tahap awal berpacaran, terkadang mengalami hambatan dalam hal kepercayaan.

Namun, itu masih bisa diatasi, jika kalian mau bersama-sama membangun kepercayaan terhadap masing-masing. Kepercayaan menjadi hal yang penting dalam hubungan, maka saling berupayalah dalam membangunnya.

Khusus bagi kamu yang dulu memiliki masa lalu kurang menyenangkan seperti dikhianati pasangan, cobalah lepaskan segala luka di masa lalu, dan berusaha percaya kepada kekasih barumu.

4. Jangan membandingkan-bandingkan pasangan

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lamailustrasi perempuan sedang berpikir dan membandingkan keadaan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ketika kamu masih sendiri, memang akan menjadi lebih bebas dalam apa saja. Sebab, tak ada orang yang harus kamu jaga perasaannya. Akan tetapi, karena kamu juga membutuhkan cinta dan kehadiran seseorang sebagai pasangan, sebaiknya jangan pernah membanding-bandingkan pasangan, apalagi membandingkannya dengan mantan.

Jaga pikiranmu agar selalu melihat sesuatu dari sisi positifnya. Sehingga, tak akan memunculkan pikiran untuk membandingkan keadaan secara tak seimbang, terkait saat jomblo dan berstatus pacar orang.

5. Terbukalah dengan pasangan 

5 Tips Kembali Menjalin Hubungan Asmara setelah Jomblo Lamailustrasi menjalani komunikasi terbuka bersama pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apabila selama ini kamu selalu bebas melakukan sesuatu seorang diri, karena sekarang kamu sudah memiliki kekasih hati, biasakan diri untuk lebih terbuka lagi kepada pasangan. Berkomunikasilah dengannya secara jujur dan apa adanya, supaya hubungan yang baru berjalan dapat terasa membahagiakan, dan kalian bisa saling lebih mengenal lagi.

Menjalin hubungan dengan komunikasi terbuka memang membutuhkan proses untuk saling menyesuaikan diri, apalagi kamu sudah lama sendiri dan sekarang ada kehadiran pasangan di sisimu. Maka, terapkanlah hal ini sejak awal berhubungan dengannya, supaya kalian bisa sama-sama terbiasa.

 

Kembali menjalin cinta setelah jomlo dalam jangka waktu yang lama, perlu ada hal-hal yang harus disesuaikan, agar hubungan berjalan lancar dan harmonis. Kelima tips di atas, bisa membantumu untuk bisa menyesuaikan diri, dari yang semula sendiri menjadi menjalani keseharian bersama kekasih hati.

Selamat atas status barumu yang sudah tak jomlo lagi. Semoga hubungan asmara barumu membawa kebahagiaan untuk satu sama lain. Bisa saling mendukung, menghargai dan memahami. Lepaskan segala luka di masa lalu dan fokuslah pada hubungan yang baru.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Punya Kecemasan yang Tinggi dalam Menjalin Hubungan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya