Comscore Tracker

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!

Sangat baik untuk kesehatan fisik dan mental 

Merajut merupakan teknik membuat pakaian atau busana dari benang rajut. Walaupun tidak begitu umum digemari oleh banyak orang, namun kamu bisa menjadikan aktivitas yang satu ini sebagai hobi.

Selain untuk mengisi waktu luang, ternyata merajut juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kesehatan tubuhmu. Penasaran dengan manfaat merajut? Berikut ulasannya di bawah ini.

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!ilustrasi perempuan sedang merajut (pexels.com/Miriam Alonso)

Kegiatan merajut, sangat cocok dilakukan bagi kamu yang ingin mengasah daya ingat, sehingga kamu tidak mudah lupa. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari gangguan kognitif berupa gejala demensia di masa depan.

Dengan terus merajut, kamu akan terus berpikir dan fokus. Oleh karenanya, dengan melakukan aktivitas yang satu ini akan membantumu melatih kemampuan otak dan meningkatkan kecerdasan.

2. Meredakan cemas atau stres

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!ilustrasi merajut (unsplash.com/Marina Ermakova)

Kamu sering dilanda rasa cemas dan stres? Merajut dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu lakukan. Sebab, kegiatan yang satu ini membutuhkan konsentrasi yang penuh.

Dengan merajut, pikiranmu yang dipenuhi oleh stres dan rasa cemas akan teralihkan dengan tujuan untuk membuat satu produk dari kegiatan ini. Kalau sudah begitu, tentu kamu akan merasakan ketenangan hati dan pikiran.

3. Menurunkan tekanan darah

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!ilustrasi merajut (pexels.com/Alex Green)

Manfaat lain dari merajut untuk kesehatan, yakni membantu menurunkan tekanan darah. Dengan merajut, kamu akan merasa lebih rileks sehingga detak jantung menurun cepat. Hal ini karena fokusmu hanya tertuju pada satu hal.

Dengan melakukan gerakan tangan dan jari yang berulang saat proses merajut, akan berpengaruh kepada menurunnya ketegangan otot. Manfaatnya adalah tekanan darah serta kadar kortisol juga akan menurun.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Merajut yang Bisa Jadi Hobi Menarik untuk Pria

4. Bisa membantu mengatasi depresi

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!ilustrasi pria yang sedang merajut (pexels.com/cottonbro)

Saat sedang merajut, tubuhmu akan melepaskan hormon serotonin yang berperan memperbaiki suasana hati. Sehingga bagi penderita depresi, menciptakan sebuah produk dari rajutan akan merasakan ada harapan dan pencapaian.

Semakin lama, penderita depresi akan mendapatkan kepercayaan diri yang meningkat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menerima kondisi diri sendiri dan mempunyai kualitas hidup yang lebih baik.

5. Memulihkan ketergantungan

5 Manfaat Merajut untuk Kesehatan, Bantu Meredakan Stres!ilustrasi merajut (pexels.com/Vlada Karpovich)

Ini yang jarang diketahui. Merajut juga dapat menangani ketergantungan terhadap zat tertentu. Karena dengan merajut, pikiranmu akan teralihkan dari hal-hal yang sering kamu lakukan sebelumnya.

Bagi kamu yang mungkin mempunyai kebiasaan kurang baik, misalnya ketergantungan obat tidur karena insomnia, bisa coba merajut sebagai hobi baru, ya. Harapannya tentu saja kegiatan positif ini dapat membantumu mengatasi kebiasaan kurang baik tersebut.

Setelah membaca uraian di atas, ternyata merajut bisa jadi kegiatan positif untuk mengisi waktu luang yang mempunyai manfaat sangat baik untuk kesehatan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Tips Menikmati Waktu Luang di Kala Sendiri, Cobain Sesekali

Resti Salsabila Photo Verified Writer Resti Salsabila

To love oneself is the beginning of a lifelong romance

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya