Comscore Tracker

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya Diri

#PanjatPoin Tunjukkan bahwa kamu juga bisa

Percaya diri terjadi ketika seseorang merasa sangat yakin dengan langkah yang diambilnya, lalu menjalankan tanpa ada rasa ragu sedikit pun. Seseorang yang mempunyai sikap percaya diri tidak memerlukan pengakuan, pujian, dan rasa hormat. 

Lawan dari sikap percaya diri adalah krisis percaya diri. Krisis percaya diri dapat terjadi jika seseorang merasa minder, panik, dan was-was terhadap apa yang sudah dilakukannya. Karena mereka merasa belum yakin sepenuhnya. 

Kalau kamu mengalami sikap krisis percaya diri, simak cara dasar menghadapinya. Supaya sikap percaya diri kamu dapat muncul kembali. 

1. Berhenti mendengarkan perkataan yang dapat membuat semangatmu runtuh

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya DiriPexels.com/max nikhil thimm

Setiap orang memiliki cara dan pandangan yang berbeda untuk dapat menggapai impiannya. Apa yang sudah kamu lakukan sejauh ini, tidak perlu kamu bandingkan dengan langkah yang sudah ditempuh oleh orang lain. Cukup jadikan motivasi dan cermin supaya kamu bisa seperti mereka. 

Kalau ada dari mereka yang diam-diam membicarakanmu dan itu sangat menggagumu, anggaplah angin lalu. Tak perlu dipikirkan dan juga dipendam. Tetap fokus pada tujuanmu, karena orang yang tidak menyukaimu akan terus berkata hal buruk di belakangmu. Buktikan saja dengan cara kamu terus berkarya. 

2. Mulailah selalu dengan berpikir positif

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya DiriPexels.com/i love sample beyond

Bukan perjuangan namanya kalau lurus terus tanpa hambatan. Di setiap perjuangan pasti kamu selalu menemukan jalan menanjak penuh batuan kerikil. Adanya kegagalan anggaplah sebagai bumbu penyedapnya di tengah perjuangan itu.

Jangan menyerah dan terus lakukan yang terbaik. Tetaplah berpikir positif, karena dengan pemikiran yang tenang akan membantumu menemukan jalan keluar dari semua permasalahan yang sedang kamu hadapi. 

3. Menghargai diri sendiri

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya DiriPexels.com/raw pixels

Sadar atau tidak orang yang kurang percaya diri akan selalu menyalahkan dirinya sendiri di setiap kegagalan itu datang. Mengapa aku tidak begini saja, mengapa tadi aku melakukan itu? dan banyak pertanyaan lainnya yang mengganggumu.

Bersikaplah sewajarnya saja, jangan terlalu menyalahkan diri sendiri. Justru kamu harus menghargai diri kamu sendiri. Karena di balik itu semua setidaknya kamu sudah berusaha keras. Setiap orang yang mencintai dirinya sendiri pasti akan memunculkan energi positif untuk orang di sekitarnya. 

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Ini Bisa Bantu Kamu Merasa Lebih Percaya Diri

4. Melatih cara berinteraksi sosial dengan lingkungan

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya DiriPexels.com/Pedro sandriani

Manusia adalah makhluk sosial yang selalu hidup berdampingan satu sama lain. Ketika rasa kurang percaya diri kamu muncul, kamu bisa melatihnya dengan cara berinteraksi sosial lebih luas lagi di lingkungan rumah, kantor ataupun lainnya.

Untuk di lingkungan rumah kamu bisa mulai dengan mencari teman sebaya atau mengikuti organisasi seperti Karang Taruna. Di lingkungan kantor kamu bisa memperluas lagi jaringan pertemanan di luar divisi.

Kamu pun bisa mengikuti suatu komunitas juga untuk menyalurkan hobby dan sekaligus menambah jaringan pertemanan baru. Percaya dirimu pasti akan timbul karena memiliki banyak pandangan dan cara berpikir dalam menghadapi setiap hal yang ada di depan mata. 

5. Mempertahankan sikap optimis

5 Sikap Dasar dalam Menghadapi Krisis Percaya DiriPexels.com/Renato abati

Rasa percaya diri lahir karena adanya sikap optimis dalam diri kamu. Sifatnya pun naik turun dan tidak statis. Cara untuk mempertahankannya adalah kamu bisa mulai mengubah pemikiran buruk yang belum tentu terjadi dan tetap tersenyum saat apa yang kamu inginkan tidak sesuai ekspetasimu.

Memang tidak mudah, tapi setidaknya dengan menyikapinya seperti itu dapat membuat toxic yang baik buat diri kamu kedepannya. 

Krisis percaya diri bisa dihilangkan jika kamu sendiri mau mengubahnya. Karena dengan memiliki sikap percaya diri kamu bisa menjadi orang yang bebas bersikap tapi masih tetap sesuai dengan aturan, apa adanya dan tidak memiliki tekanan. Yang terpenting kamu sudah berusaha melakukan semua yang terbaik dengan semampumu. 

Baca Juga: 6 Tips Biar Bisa Percaya Diri di Lingkungan Kerja yang Baru

Retno Nur Fitri Photo Writer Retno Nur Fitri

penjelajah kata..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya