Comscore Tracker

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!

#IDNTimesLife supaya tetap higienis

Di tengah pandemik COVID-19, masker jadi hal wajib untuk menghindari penyebaran virus. Masker kain menjadi pilihan yang diminati, selain masker bedah. Selain motifnya yang beragam, masker kain dapat digunakan berkali-kali.

Namun, menjaga kebersihan masker kain merupakan hal yang harus diperhatikan. Apabila tak dicuci dengan baik dan benar, justru masker kain bisa menjadi sarang kuman, bakteri, bahkan virus. Seperti apa tips mencuci masker kain yang tepat? Yuk, simak poin berikut!

1. Rendam masker dalam air hangat dan detergen

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!pexels.com/Anna Shvets

Siapkan wadah berisi air panas dengan suhu sekitar 50-60 derajat celcius. Air panas berfungsi untuk membunuh kuman yang menempel pada kain. Tambahkan detergen pada air dan rendam masker kain selama kurang lebih 5 menit.

2. Kucek masker dengan lembut

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!pexels.com/mali maeder

Setelah direndam selama kurang lebih 5 menit, kucek masker kain secara perlahan sampai kotoran yang menempel hilang. Kucek masker kain secara lembut. Jangan terlalu keras melakukannya karena berisiko menyebabkan kain menjadi rusak.

3. Bilas masker menggunakan air mengalir

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!pexels.com/Hilary Halliwell

Setelah direndam dan dikucek bersih, bilas masker kain di bawah air mengalir. Pastikan tidak ada busa atau sisa-sisa detergen di masker tersebut. Sisa detergen yang menempel pada kain, bisa menimbulkan bau menyengat sehingga gak nyaman untuk dipakai.

Baca Juga: Sering Bikin Kesal, Ini 5 Cara Cegah Makeup Menempel di Masker Kain

4. Jemur masker kain di bawah sinar matahari langsung

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!pexels.com/Skitterphoto

Kamu bisa menjemurnya di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Sinar matahari dapat membunuh sisa mikroorganisme jahat yang masih menempel pada masker. Kamu juga bisa menggunakan mesin pengering sebelum menjemurnya secara langsung.

Sebaiknya, hindari menjemur masker kain di dalam ruangan. Alih-alih membersihkan, malah bisa membuat masker kain lembap dan menjadi tempat pertumbuhan bakteri.

5. Setrika masker kain

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!pexels.com/cottonbro

Masker kain yang sudah dicuci dan kering, perlu disetrika dengan suhu panas untuk memastikan tak ada lagi kuman, bakteri, atau virus yang masih menempel pada permukaan kain.

6. Simpan di tempat bersih sebelum siap dipakai kembali

6 Tips Mencuci Masker Kain dengan Tepat, Jangan Sembarangan biar Awet!unsplash.com/Vera Davidova

Setelah disetrika, simpan masker kain di tempat yang bersih. Bila kamu hendak keluar rumah, masker kain pun sudah siap kamu kenakan kembali!

Itu dia tips mencuci masker kain dengan tepat. Walau terlihat sepele, namun kebersihan masker kain gak boleh diabaikan, ya! Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan supaya pandemik COVID-19 segera berakhir!

Baca Juga: 5 Tips Cegah Wajah Berjerawat Akibat Sering Pakai Masker

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya