5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahu

Meningkatkan skill menulis

Menulis merupakan salah satu keterampilan yang penting untuk dimiliki di era digital ini. Keterampilan menulis dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari kebutuhan pribadi hingga kebutuhan profesional. Bagi para penulis pemula, mengikuti lomba menulis dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan menulis dan mengembangkan karier di bidang kepenulisan.

Berikut ini adalah lima manfaat mengikuti lomba menulis yang harus diketahui oleh para penulis pemula.

1. Menambah pengalaman menulis

5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahuilustrasi menulis(pexels.com/lil artsy)

Salah satu manfaat utama mengikuti lomba menulis adalah untuk menambah pengalaman menulis. Dengan mengikuti lomba, kamu akan terdorong untuk menulis lebih banyak dan lebih sering. Kamu juga akan belajar untuk menulis dengan lebih baik, baik dari segi teknik penulisan, struktur kalimat, maupun penggunaan bahasa.

Ketika kamu mengikuti lomba menulis, kamu akan berusaha untuk menghasilkan karya yang terbaik. Hal ini akan memaksamu untuk berpikir lebih kreatif dan inovatif. Kamu juga akan belajar untuk mengatasi tantangan dan hambatan dalam menulis.

2. Meningkatkan motivasi menulis

5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahuilustrasi menulis(pixabay.com/StockSnap)

Manfaat lain mengikuti lomba menulis adalah meningkatkan motivasi menulis. Ketika kamu berhasil memenangkan lomba, kamu akan merasa bangga dan puas dengan diri sendiri. Hal ini akan mendorongmu untuk terus menulis dan mengembangkan keterampilan menulismu.

Selain itu, mengikuti lomba menulis juga akan membuatmu bertemu dengan penulis-penulis lain. Kamu dapat bertukar pikiran dan saling memberikan motivasi kepada satu sama lain.

Baca Juga: 7 Tips Menang Lomba Menulis Artikel, Auto Jadi Juara!

3. Menambah portofolio

5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahuilustrasi menulis(pexels.com/Andrea Piacquadio)
dm-player

Portofolio adalah kumpulan karya tulis yang dapat digunakan untuk mempromosikan diri sebagai penulis. Portofolio yang kuat akan meningkatkan peluang kamu untuk mendapatkan kesempatan menulis, seperti menjadi kontributor di media massa, penulis buku, atau penulis lepas.

Dengan mengikuti lomba menulis, kamu akan memiliki karya tulis baru yang dapat dimasukkan ke dalam portofoliomu. Karya tulis ini dapat berupa cerpen, puisi, esai, atau karya tulis lainnya.

4. Berkesempatan mendapatkan hadiah

5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahuilustrasi menulis(pexels.com/Igor Korzh)

Hadiah yang ditawarkan dalam lomba menulis biasanya berupa uang tunai, uang pembinaan, atau barang-barang lain yang bernilai. Hadiah ini tentu saja akan menjadi nilai tambah bagi kamu.

Meskipun hadiah bukanlah tujuan utama mengikuti lomba menulis, namun hal ini tetap dapat menjadi motivasi tersendiri. Dengan adanya hadiah, kamu akan termotivasi untuk menghasilkan karya tulis yang terbaik.

5. Menambah relasi

5 Manfaat Mengikuti Lomba Menulis, Pemula Harus Tahu(pexels.com/Kiera Burton)

Mengikuti lomba menulis juga dapat menjadi kesempatan untuk menambah relasi. Kamu akan bertemu dengan penulis-penulis lain dari berbagai latar belakang. Kamu dapat bertukar pikiran dan saling belajar dari satu sama lain.

Relasi yang terjalin dengan penulis lain dapat bermanfaat bagi karier menulismu. Kamu dapat saling membantu mempromosikan karya tulis masing-masing. Kamu juga dapat mendapatkan kesempatan menulis bersama atau saling berkolaborasi.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu akan meningkatkan peluang untuk memenangkan lomba menulis. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan manfaat-manfaat lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera mulailah mengikuti lomba menulis dan tingkatkan keterampilan menulismu!

Baca Juga: Ikutan Lomba Menulis ini Yuk! Hadiahnya Jutaan Rupiah dan Tiket MotoGP

Rinada Photo Verified Writer Rinada

Pemula

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya