Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu Sisi

Yuk, lihat sebuah masalah dari berbagai sudut pandang!

Dalam hidup, kita gak lepas dari masalah. Mulai dari masalah kecil hingga masalah besar yang bisa bikin kita stres. Tentu saja, setiap masalah yang ada perlu kita selesaikan hingga beres.

Namun, terkadang kita merasa kesal dan jenuh duluan saat menghadapi masalah. Akibatnya, masalah tersebut gak kunjung terselesaikan, bahkan terus terjadi berlarut-larut. Hal tersebut dapat terjadi bila kita memandang masalah hanya dari satu sudut pandang. Pikiran kita akan menjadi sempit sehingga kita pun akan kesulitan mencari solusi atas masalah yang kita hadapi.

Berikut ini lima alasan kenapa kita perlu memandang masalah dari berbagai sudut pandang.

1. Kita jadi lebih bisa memahami masalah tersebut

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu SisiPexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap masalah pasti terjadi karena ada penyebabnya. Saat menghadapi masalah, mau gak mau kita harus mau mencari tahu apa penyebab masalah tersebut hingga ke akarnya. Dengan begitu, kita pun bisa mencari solusinya dan menjadikannya sebagai pelajaran berharga untuk gak mengulanginya lagi di kemudian hari.

Untuk bisa memahami suatu masalah yang terjadi hingga ke akarnya, kita gak bisa hanya menggunakan satu sudut pandang saja. Kita harus mau melihat berbagai sisi yang lain.

2. Kita pun bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan solusi terbaik

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu SisiPexels.com/Andrea Piacquadio

Dengan memandang sebuah masalah dari berbagai sudut pandang, kita dapat memahami suatu masalah dengan lebih baik. Dengan begitu, kita pun akan lebih mudah menyelesaikan masalah tersebut dengan baik.

Lain halnya jika kita memandang masalah hanya dari satu sudut pandang. Kita akan kesulitan memahami masalah yang ada sehingga kita juga akan kesulitan dalam menemukan solusi atas masalah tersebut.

Selain itu, orang yang hanya memandang masalah dari satu sudut pandang cenderung lebih mudah kebingungan, gelisah, atau frustasi. Pada akhirnya, otak pun akan kesulitan berpikir jernih dan rasional dalam menemukan solusi.

Baca Juga: 5 Sisi Positifnya jika Anak Memiliki Teman yang Berbeda Usia Dengannya

3. Dengan mempertimbangkan berbagai sudut pandang, kita dapat melihat sebuah masalah secara objektif

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu SisiPexels.com/Kaboompics .com

Dalam menghadapi suatu masalah, kita tentu ingin memandangnya secara objektif, bukan? Pandangan objektif akan membantu kita menemukan solusi terbaik dan bijak atas suatu permasalahan tanpa harus mengorbankan orang lain. Ingat, keputusan kita dalam menyelesaikan masalah gak hanya berdampak pada diri sendiri, tapi juga bisa berpengaruh pada perasaan dan keadaan orang lain.

Pandangan objektif hanya dapat kita capai bila kita mau mempertimbangkan berbagai sudut pandang. Bila kita melihat sebuah masalah hanya dari satu sisi, kita hanya tahu 'bagian luarnya' saja. Kita bisa saja mengklaim bahwa pandangan kita objektif, padahal sebenarnya sangatlah subjektif dan tanpa disadari keputusan kita dalam menyelesaikan masalah tersebut salah atau bahkan bisa merugikan orang lain.

4. Mempertimbangkan berbagai sudut pandang membuat kita jadi gak gampang menyerah

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu SisiPixabay.com/id/RobinHiggins

Manusia cenderung memandang kehadiran sebuah masalah sebagai sesuatu yang negatif. Kita pun mungkin akan memandang masalah tersebut dari sisi buruknya saja. Jika sudah begitu, kita akan menjadi malas dan mudah menyerah dengan keadaan.

Lain halnya bila kita membiasakan diri memandang sebuah masalah dari berbagai sudut pandang. Seberat apapun masalah yang datang menghampiri, kita pasti akan tetap bisa menemukan sisi positif atau hikmah di balik masalah tersebut. Dengan begitu, kita pun bisa jadi lebih 'menerima' keadaan dan gak gampang menyerah untuk menemukan solusinya.

5. Melatih kita berpikir bijak dan terbuka

5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Memandang Masalah Hanya dari Satu SisiPexels.com/Andrea Piacquadio

Membiasakan diri memandang masalah dari berbagai sudut pandang akan melatih kita untuk bersikap bijak. Hal ini karena kita gak akan langsung menyimpulkan suatu masalah sebelum mencari data atau fakta pendukung. 

Selain itu, memandang masalah dari berbagai sudut pandang juga dapat melatih kita untuk berpikiran terbuka. Kita gak akan ragu meminta pendapat orang lain. Meski begitu, karena kita melihat masalah gak hanya dari satu sisi, kita gak akan langsung percaya atau menelan mentah-mentah pendapat orang lain.

Nah, itulah tadi lima alasan kenapa kita gak seharusnya memandang sebuah masalah dari satu sisi saja. Saat masalah datang menghadang, cobalah gali informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sudut pandang. Hal ini memang dapat menguras waktu dan tenaga, tapi dengan melakukan hal itu, kita bisa menemukan solusi yang terbaik.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Pernah Berpikir Kalau Hidupmu Cuma Jadi Beban

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya