Comscore Tracker

Doa Ketika Mimpi Buruk, Agar Tidur Lebih Nyenyak!

Yuk, amalkan

Saat tidur, ada kalanya kita mengalami sebuah mimpi. Mimpi sendiri dapat diartikan sebagai bunga tidur yang berupa kejadian, seperti kabar bahagia, menegangkan, hingga menakutkan atau yang biasa disebut dengan mimpi buruk.

Di dalam agam Islam, mimpi yang mengganggu seseorang dan membuat takut berasal dari gangguan setan. Oleh karena itu, untuk mencegahnya kita bisa membaca doa mimpi buruk kepada Allah SWT untuk memperoleh perlindungan-Nya.

Ada dua doa ketika mimpi buruk yang dianjurkan untuk dibaca. Berikut bacaan doa-doa yang bisa kamu amalkan.

Doa ketika mimpi buruk

Doa Ketika Mimpi Buruk, Agar Tidur Lebih Nyenyak!Ilustrasi berdoa (Shutterstock)

Diriwayatkan oleh Ibnu Sinni, doa pertama adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya:
 
“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Selain itu, ada pula doa mimpi buruk yang dapat dibaca, yaitu:

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya:

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Mimpi memang tidak dapat dihindari. Rasulullah SAW, bersabda:

"Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan membicarakannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya." [Al-Bukhaari, 6584; Muslim, 5862]

Hadis riwayat tersebut menjelaskan bahwa walaupun mimpi buruk berasal dari setan, namun pada hakikatnya semua kejadian adalah kehendak Allah SWT. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu meminta perlindungan-Nya.

Baca Juga: Arti Mimpi Gigi Copot, Dipercaya Memiliki Tafsir Datangnya Nasib Buruk

Jika kamu mengalami mimpi buruk, segera amalkan kedua doa di atas. Semoga artikel doa ketika mimpi buruk ini bermanfaat, ya. 

Topic:

  • Rizna Hidayah
  • Cynthia Nanda Irawan

Berita Terkini Lainnya