Comscore Tracker

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mental

Relate banget dengan kondisi era kini #WaktunyaKorea

BTS gak pernah bosan berbagi pesan positif lewat cara yang indah, yakni karya. Boy group kenamaan Korea Selatan ini dikenal kerap mengangkat berbagai isu menarik yang tersemat di lagu-lagunya, termasuk isu mental. Gak bisa dimungkiri, hal inilah yang sedang marak di era sekarang seperti era pandemi ini.

Salah satu lagu BTS dalam album bertajuk BE, yakni "Dis-ease", mengangkat tema isu mental tentang rasa cemas dan ketidaknyamanan. Diketahui J-Hope terinspirasi dari passion-nya dalam berkarya di masa pandemi. Ia menyusun dan menulis lagu ini bersama RM, Suga, dan Jimin.

Meski lagu ini memiliki vibes yang cerah dan asyik, ternyata di dalamnya tersirat makna dan pesan mendalam, lho. Berikut lima pesan menggugah dari lagu "Dis-ease" yang perlu kamu renungkan!

1. Rasa cemas adalah hal yang wajar, di mana setiap orang memiliki ketidaknyamanan masing-masing

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mentalfacebook.com/bangtan.official

Gak apa-apa menyadari diri memiliki rasa cemas. Yang perlu kita lakukan adalah berdamai dengan rasa cemas tersebut. Biarkan cemas mendiami pikiran kita sebentar saja, hingga kita berusaha untuk menyembuhkannya seiring waktu. Siapa lagi yang bisa menyembuhkan ketidaknyamanan kita selain diri sendiri? Semua orang memiliki ketidaknyamanan dan semua orang memiliki cara sendiri untuk kembali pulih.

Every day I comfort myself
They're all the same people, ain't so special
Ay man keep one, two step
Let's treat them all calmly

My disease
Dis-dis-dis-disease
Throw away
My fe-fe-fe-fear

2. Ada kalanya kita perlu beristirahat sejenak dan gak memaksakan sesuatu di luar kemampuan kita

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mentaltwitter.com/BTS_twt

Ambisi adalah hal yang sah-sah saja, asalkan jangan biarkan ambisi tersebut menggerogoti jiwa kita. Semua orang memiliki harapan yang ingin diraih, hingga kita sering lupa dengan diri kita yang perlu perhatian khusus.

Kita gak bisa memaksakan diri dengan terus bekerja tanpa mengenal istirahat seperti robot. Kita tahu jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Sesekali, gunakan waktumu untuk relax dan istirahat sejenak. Percayalah, pikiran dan jiwamu sangat membutuhkan itu.

Even our hearts need a vacation
Oh, just do your job like it's one

Baca Juga: 5 Lagu BTS yang Bisa Membuatmu Lebih Sering Bersyukur, Menginspirasi!

3. Hal yang bisa mengubah diri kita tak lain adalah diri kita sendiri. Mari berubah ke arah yang positif!

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mentaltwitter.com/BTS_twt

Rasa sakit merupakan hal yang gak bisa dihindari oleh semua orang yang hidup di dunia ini. Pepatah mengatakan, hidup itu seperti roda yang berputar. Kita gak akan terlepas dari bahagia dan duka. Kita semua tahu, dua komponen itu silih berganti dan gak mungkin jika kita selalu bahagia, begitu pula sebaliknya. 

Gak ada yang bisa mengubah diri kita selain diri kita sendiri. Ketika kita harus bergelut dalam rasa sakit, kita harus berani bangkit dalam pijakan kaki sendiri, bukan? Bersama waktu yang terus berjalan, buktikan jika kita mampu sembuh dari jeratan rasa sakit itu.

Yo, is the world sick or am I sick?
Or do we just interpret things differently?
Or is that all to it?
I don’t know, changing myself is faster
Than looking at people differently

4. Waktu terus berjalan tanpa henti. Mau gak mau kita harus terus berjalan ke depan

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mentalyoutube.com/Big Hit Labels

Kita gak bisa menampik bahwa dunia terus berputar. Detik demi detik, waktu tetap bergulir tanpa memandang apa saja. Gak peduli seberapa banyak kamu merasa sakit dan lelah, kenyataannya hidup harus terus berjalan. Bukan untuk memaksa, tapi bukankah kamu sudah menjalani semuanya hingga berhasil sampai di titik ini? Jangan sampai luka yang bisa kamu usahakan pudar membuatmu berhenti untuk terus berjuang, ya.

(Sick and tired)
But I don’t wanna mess up
'Cause life goes on
(Through the fire)
I'll walk more like who I am, woah

5. Menjadi diri sendiri adalah cara terbaik untuk memelihara kesehatan mentalmu

5 Pesan Menggugah Lagu 'Dis-ease' BTS, Sarat Makna tentang Isu Mentaltwitter.com/BTS_twt

Tentu saja, kita gak bisa memaksakan diri untuk menjadi orang lain. Menjadi diri kita dengan versi khas masing-masing adalah kunci utama kebahagiaan. Kita istimewa dan unik dengan hal yang melekat pada diri kita sendiri.

Gak ada yang tahu keinginan dan resep bahagia kita yang sesungguhnya selain diri kita. Meski bukan hal yang mudah, mari kita mencoba menerima semua kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

Now wake up one more time
It's morning again, I have to be myself today
Let's go for it, one more night
No one knows what'll be at the end, ayy

Gak nyangka, ya, lagu "Dis-ease" BTS yang ear catchy ini ternyata menyimpan banyak pesan mendalam tentang isu mental. Gimana? Sudah merasa tergugah? Yuk, bersama kita bangkit dari keterpurukan!

Baca Juga: 6 Lagu BTS yang Liriknya Bucin Abis, Sukses Bikin Baper! 

Rzq Slsbla Photo Verified Writer Rzq Slsbla

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya