Comscore Tracker

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinya

#IDNTimesLife Jangan biarkan rasa iri menyelimuti hatimu

Guys, kamu suka iri gak melihat kelebihan teman sendiri? Entah karena dia lebih pandai, berprestasi, punya karier yang bagus, atau hal lain lainnya. Hmm, perasaan tersebut tanpa sadar pernah menghampiri kita, tapi jangan biarkan rasa iri membuatmu memiliki niatan untuk menjatuhkannya ya.

Justru ubah rasa iri tersebut sebagai motivasi untuk berkembang dan memperbaiki diri. Nah, berikut 5 cara mengatasi rasa iri melihat kelebihan teman sendiri. 

1. Cari tahu dulu apa sih penyebab rasa iri itu muncul

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinyaunsplash.com/@Allef Vinicius

Tips pertama mengatasi perasaan iri melihat kelebihan teman yaitu menyadari apa alasan atau penyebab dari rasa iri itu muncul. Apa karena iri melihat dia kariernya lebih sukses dibanding kamu, iri karena apa pun yang ia mau bisa mudah ia dapatkan, ia punya hidup yang lebih enak, atau hal lain.

Temukan penyebabnya, jika sudah cari solusi terbaik dari permasalahan yang kamu alami sekarang. Misalnya nih, kalau ingin kariermu sesukses dia jangan malas-malasan untuk bekerja, kalau ingin bisa beli ini itu menabung dulu, dan lainnya.  

2. Sadari setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinyaunsplash.com/@Sam Manns

Tips selanjutnya untuk mengatasi iri melihat kelebihan teman sendiri yaitu dengan menyadari bahwa setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Teman yang kamu lihat memiliki banyak kelebihan tersebut tentunya juga punya kekurangan yang gak ia tunjukkan, pun termasuk dirimu.

Kamu pasti punya sisi yang bisa ditonjolkan yang gak dimiliki oleh orang lain, maka cari dan kenali kelebihanmu itu. Gak perlu minder, kalau bisa memanfaatkan kelebihan yang kamu miliki percaya deh kamu juga bisa sukses. 

3. Jauhi dirimu terhadap hal yang bisa memunculkan pikiran negatif

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinyapexels.com/@ivan samkov

Tips selanjutnya mengurangi perasaan iri melihat kelebihan teman yaitu dengan menjauhi terhadap hal-hal yang bisa memunculkan pikiran negatif. Misalnya nih kalau nggak nyaman dengan pencapaian yang ia tunjukkan di media sosial kamu bisa meng-hide atau memblokirnya, tidak stalking aktivitas yang ia lakukan di medsos, dan lainnya.

Hal tersebut bukan suatu tindakan yang kekanak-kanakan kok, justru itu jadi salah satu cara untuk menghindarkanmu dari pikiran negatif. Sehingga kamu bisa lebih fokus terhadap hidupmu.

Baca Juga: Gawat! 5 Tanda Nyata Orang Iri Sama Hidupmu, Wajib Hati-hati ya!

4. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinyapexels.com/@gebby k

Karena kamu sadar bahwa setiap orang itu diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka jangan bandingkan kamu dengan orang lain ya. Setiap orang punya sisi unik yang bisa ditonjolkan pun termasuk dirimu.

Jangan biarkan pikiran negatif seperti kenapa ya aku nggak bisa seperti dia, andaikan saja aku dilahirkan dari kelurga yang berada, dan pikiran negatif lainnya menganggu hidupmu. Membandingkan diri dengan orang lain tidak akan ada habisnya, maka jangan biarkan kamu terjebak. 

5. Belajar untuk menghargai diri sendiri terlebih dahulu

Suka Iri Melihat Kelebihan Teman Sendiri? Ini 5 Cara Mengatasinyaunsplash.com/@Denys Nevozhai

Tips terakhir untuk menghilangkan perasaan iri melihat kelebihan teman yaitu dengan belajar untuk menghargai diri sendiri terlebih dahulu. Jangan suka membandingkan hidupmu dengan orang lain mulailah untuk menghargai kelebihanmu, menghargai apa pun yang telah kamu miliki saat ini.

Setiap orang itu diciptakan dengan sangat berharga, maka daripada menghabiskan waktu hanya untuk minder dan iri melihat orang lain lebih baik fokus terhadap kelebihan yang kamu punya. 

Ingat setiap orang itu memiliki sesuatu yang menjadi kelebihan dan kekurangan. Maka jangan biarkan waktumu terbuang percuma hanga karena suka iri melihat kelebihan teman sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Menjatuhkan Orang Lain hanya karena Iri Hati

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya