Comscore Tracker

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambah

#IDNTimesLife Yuk, hindari kebiasaan ini  

Hidup hemat menjadi salah satu gaya hidup oleh kebanyakan orang. Nah, kamu sendiri pasti sudah sering membaca berbagai tips untuk mengelola keuangan dan pengeluaran bukan? Namun tidak jarang ketika berusaha untuk hidup hemat, ternyata ada saja pengeluaran yang gak terduga.

Misalnya tidak bisa menahan diri terhadap perilaku konsumtif, suka beli barang branded secara berlebihan, dan kebiasaan yang lain. Alhasil tabunganmu yang belum genap satu bulan sudah habis duluan. Nah, apa saja sih kebiasaan buang uang yang terlihat sepele namun membuat tabungan susah bertambah? Yuk, baca artikelnya di bawah ini. 

1. Suka membeli barang bermerek secara berlebihan 

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambahshopping (pexels.com/@andrea piacqudio)

Segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik. Seperti halnya memberi barang-barang mewah dan branded hanya untuk memenuhi gengsi semata. Sebenarnya tidak salah suka membeli barang branded, namun pastikan produk tersebut berkualitas dan bukan karena ikut-ikutan trend saja. 

Karena kalau dipikir-pikir brand akan terus mengeluarkan produk baru, nah kalau kamu selalu mengikuti selera pasar bisa-bisa uangmu jadi kebablasan. Lebih baik beli ketika perlu dan butuh saja. Sebab uang tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan hidup lain yang lebih urgent. 

2. Penggunaan kartu kredit atau ATM

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambahseorang wanita (pexels.com/@andrea piacquadio)

Disadari atau tidak dunia yang serba digital ini membuat kita tidak bisa jauh-jauh dengan  yang namanya ATM atau kartu kredit. Karena hal tersebut dapat memberikan akses kemudahan khususnya dalam hal transaksi keuangan. Jika kamu tidak memiliki kontrol yang baik, kartu kredit bisa menjadi suatu bumerang untuk hidupmu.

Karena biasanya kartu kredit menawarkan banyak diskon atau promo yang menggiurkan untuk pelangganya. Selain itu penggunaan kartu kredit untuk bertransaksi secara berlebihan akan membuat pengeluaranmu lebih banyak, sebab kamu tidak melihat uang tersebut tersebut secara fisik. Jadi, gunakan kartumu secara bijak ya! 

3. Tergiur dengan diskonan belanja

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambahwanita sedang belanja (pexels.com/@Borko Manigoda)

Siapa sih yang tidak suka belanja? setiap orang pasti suka melakukan kegiatan yang satu ini apalagi dengan iming-iming diskon besar yang ditawarkan. Alhasil banyak orang yang berburu barang bukan karena kebutuhan, namun karena tawaran diskon atau potongan harga. Tidak jarang dihadapkan dengan diskon yang besar kita sering kalap sendiri.

Dilain sisi diskon memberikan banyak manfaat karena kita bisa berbelanja lebih hemat. Namun, jika hal tersebut dilakukan tanpa adanya perencanaan terlebih dahulu, maka hanya menghabiskan uang saja. 

Baca Juga: 7 Tips agar Belanja Sesuai Kebutuhan, biar Gak Boros dan Bisa Nabung

4. Membeli tawaran game online

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambahbermain game online (pexels.com/@Licie Liz)

Bermain game online merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Penggemarnya juga sangat beragam mulai ini dari anak-anak hingga orang dewasa. Pada game online selalu menawarkan untuk membeli sesuatu seperti nyawa, senjata, koin, dan lainnya sehingga tidak jarang uang yang dihabiskan untuk membeli fitur tersebut cukup banyak.

Semakin banyak fitur yang kita beli, semakin menipislah uang kita. Jadi, bijaklah untuk mengatur pengeluaranmu termasuk dalam bermain game online, ya!

5. Berlangganan konten tapi jarang kamu tonton

Sering Dilakukan, 5 Hal Sepele Ini Membuat Tabunganmu Susah Bertambahnonton film (pexels.com/@andrea piacquadio)

Siapa dari kalian yang suka berlangganan konten seperti netflix, home box office, VIU? jangan sampai deh berlangganan tapi menguras kantongmu. Pastikan sebelum berlangganan kamu memiliki waktu untuk menonton film tersebut. Apalagi kamu memiliki kesibukan yang padat, apakah masih sempat untuk sekedar nonton film langgananmu itu.

Kamu bisa berlangganan saat kamu sedang menginginkan untuk maraton film, sehingga bisa lebih berhemat. Nah jangan sampai kamu berlangganan tapi jarang kamu tonton, alhasil kantongmu semakin jebol. 

Itulah lima hal sepele yang membuat tabunganmu susah bertambah jika dilakukan secara berlebihan. Jadi, lebih bijak lagi untuk mengatur keuanganmu. 

Baca Juga: 7 Situasi Ini Bikin Cewek Boros Belanja Lho, Banyak yang Gak Sadar

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya