Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orang

Meski tanpa sengaja, lain kali jangan dilakukan, ya

Apakah kamu pernah tanpa sengaja atau sengaja menyinggung perasaan orang lain? Di posisi seperti ini, kita gak boleh kalau cuma diam saja. Apabila ada sesuatu yang menyakiti hati seseorang, dengan sadar kita harus berani untuk mengakui. Jika apa yang kamu lakukan tanpa disadari menyinggung perasaan orang, ini lima hal yang harus kamu lakukan. 

1. Berani untuk minta maaf

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orangilustrasi minta maaf(pexels.com/@Alex Green)

Hal pertama yang dilakukan ketika tanpa disadari menyinggung perasaan orang lain adalah, dengan meminta maaf. Minta maaf tidak membuat kita jadi malu kok, justru jadi bukti bahwa kamu adalah pribadi yang bisa mengakui kesalahan. Dengan meminta maaf secara tulus bisa membuat perasaan dua orang kamu dan dirinya, jadi lebih damai. 

Tidak mudah memang meminta maaf terhadap sesuatu yang bahkan tidak kamu sengaja lakukan. Namun dengan menurunkan sedikit ego bisa membuat keadaan jadi lebih baik dan menghindari pertengkaran. 

2. Lebih hati-hati dalam bersikap

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orangseorang perempuan (pexels.com/@polina Tankilevitch)

Di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna, setiap orang pernah melakukan kesalahan pun kamu sekarang tanpa sengaja menyinggung perasaan orang lain. Nah di posisi yang seperti ini akan menyadarkanmu bahwa yang namanya menjaga sikap, tutur kata, dan tindakan itu sangatlah penting. 

Oleh karena itu, adanya kejadian ini kamu bisa lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu supaya tidak menyinggung hati orang lain. Dalam melakukan apa pun attitude itu nomor satu. 

Baca Juga: Gak Usah Diambil Hati, 5 Cara Menghadapi Pertanyaan yang Menyinggung

3. Memahami bahwa karakter seseorang itu berbeda-beda

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orangwanita sedang ngobrol (pexels.com/@Alexander Suhorucov)

Apa yang bisa kita sadari ketika tanpa sengaja menyinggung perasaan orang? Ini akan menyadarkanmu bahwa setiap orang memiliki karakter dan sifat yang berbeda. Ada orang yang begitu kebal, ada yang bodoh amat terhadap sesuatu, dan ada yang hatinya begitu sensitif yang mana ia mudah sekali merasa tersinggung atau sakit hati. 

Dengan memahami karakter dan sifat seseorang, ini akan membuatmu lebih paham bahwa dalam menyampaikan sesuatu harus berhati-hati. Tidak semua orang bisa menerima apa yang kita maksud, maksud kita baik belum tentu diterima secara baik. 

4. Bersikaplah jujur dan bicarakan dari hati ke hati

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orangwanita sedang bercerita (pexels.com/@SHVETS production)

Selain tiga hal di atas langkah adalah, bersikaplah jujur dan bicarakan dari hati ke hati. Carilah waktu untuk bisa ngobrol berdua dengannya, bicarakan bahwa sebenarnya kamu gak sengaja melakukan hal tersebut, tidak bermaksud berbicara hal semacam itu, dan gak ada niat menyakiti perasaan.

Ngobrol dari hati ke hati bisa membuat yang sebelumnya miskomunikasi, membuat kalian tidak salah paham lagi. Maka, jangan lupa untuk perbaiki komunikasi kalian ya. 

5. Jadikan sebagai pembelajaran

5 Hal yang Harus Dilakukan jika Gak Sengaja Menyinggung Orangwanita yang sedang duduk (pexels.com/@Pixabay)

Poin terakhir yang bisa dilakukan ketika tanpa sadar menyakiti hati seseorang adalah, dengan menjadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran. Kejadian hari ini bisa membuatmu belajar untuk lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu, lebih menjaga tutur kata atau tindakan, dan menghindarkanmu untuk melakukan kesalahan yang kedua kalinya.

Cukup sekali saja ini terjadi, semoga setelahnya kamu bisa menjadi seseorang yang lebih baik. Menjadi pribadi yang tidak ceroboh supaya gak lagi menyakiti hati orang lain. 

Namanya hidup pasti ada momen ketika tanpa sengaja menyinggung perasaan orang lain. Semoga setelah ini tidak terjadi lagi dan kamu jadi pribadi yang lebih berhati-hati dalam bersikap. 

Baca Juga: Bikin Nyaman, Ini 5 Cara Berbicara Tanpa Menyinggung Perasaan 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya