Comscore Tracker

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukai

#ANGPOIN Apa saja ya dampaknya?

Capek kerja adalah hal yang biasa, apalagi jika pekerjaan tersebut adalah hal yang kita sukai rasa lelahnya pasti beda. Namun bagaimana jadinya kalau kita terjebak dalam pekerjaan yang gak kita sukai. Jangankan mau cinta dan menikmati pekerjaan tersebut, memulainya saja sudah malas duluan.

Alhasil pekerjaan tersebut jadi gak kelar-kelar, produktivitas menurun, dan bisa mengganggu kesehatan mental. Nah berikut lima dampak suka memaksa diri melakukan pekerjaan yang gak disukai. 

1. Jadi gak bisa menikmati pekerjaan

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukairekan kerja (pexels.com/@cottonbro)

Dampak pertama suka memaksa diri melakukan pekerjaan yang gak disukai yaitu, kamu jadi tidak bisa menikmati pekerjaan tersebut. Kalau kita berkarier sesuai bidang yang kita cinta, pasti bakal merasa enjoy saat menjalaninya, bisa menikmati susah senangnya melakukan pekerjaan tersebut, dan muncul rasa kepuasan tersendiri.

Namun berbeda saat kita dihadapkan oleh pekerjaan yang gak kita suka, jangankan bisa enjoy yang ada sulit untuk menikmatinya. 

2. Selalu merasa tertekan hingga berujung stres

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukaisibuk kerja (pexels.com/@Kaushal Moradiya)

Dampak selanjutnya yaitu, bisa membuatmu jadi merasa tertekan hingga berujung stres. Kita sendiri sudah tahu ketika melakukan sesuatu yang gak kita suka, apalagi kita dipaksa melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang yang digeluti, lama-lama kita jadi merasa tertekan dan stres sendiri bukan?

Sulit lho melakukan pekerjaan atas dasar keterpaksaan itu, karena mau gak mau kita harus menyelesaikan tanggung jawab yang sudah didapat, dan mengesampingkan suka atau tidak suka ketika menjalaninya. 

Baca Juga: 5 Alasan yang Membuatmu Terpaksa Mengubur Impianmu Dalam-dalam

3. Memengaruhi kesehatan mental 

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukaisedang kecewa (pexels.com/@Liza Summer)

Selain dua poin di atas dampak selanjutnya yaitu bisa memengaruhi kesehatan mental. Bagaimana tidak ketika diri ini terus dipaksa melakukan pekerjaan, pasti bisa berujung yang namanya stres, depresi, hingga tekanan kerjaan yang lain. Mungkin banyak orang bilang di awal memang terpaksa namun lama kelamaan pasti bisa terbiasa.

Hey, tidak semua orang bisa menjalaninya seperti itu, apalagi di dunia kerja yang penuh dengan tantangan dan bersikap dinamis seperti ini. Maka jika merasa capek, jangan paksakan diri rehatlah sebentar supaya kesehatan mental dan fisikmu terjaga.  

4. Pekerjaan jadi terasa berat untuk dilakukan

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukaikerja dari rumah (pexels.com/@SCREEN POST)

Dampak selanjutnya jika suka memaksa diri melakukan pekerjaan yang gak disukai yaitu, pekerjaan jadi terasa berat untuk diselesaikan. Tugas yang semula terlihat mudah, bisa kamu selesaikan secara cepat dan tepat, jadi tambah sulit untuk dilakukan.

Hal itu disebabkan karena dari awal kamu sudah benci terhadap pekerjaan tersebut, punya sugesti yang buruk, dan hanya fokus pada hal-hal negatifnya saja. Maka, meski itu bukan pekerjaan impian, kita harus tetap profesional ya!

5. Membuat tubuh dan pikiran jadi mudah lelah

5 Dampak Memaksa Diri Melakukan Pekerjaan yang Gak Disukailaki-laki bekerja (pexels.com/@Tony Schnagl)

Dampak terakhir suka memaksa diri melakukan pekerjaan yang gak disukai yaitu, membuat tubuh dan pikiran jadi cepat lelah. Seseorang yang begitu mencintai pekerjaan ia tidak akan segan-segan menghabiskan banyak waktu dan tenaganya untuk bekerja.

Namun gimana jadinya kalau kita menekuni pekerjaan yang gak disuka, pasti membuat tubuh dan pikiran jadi mudah lelah kan? Kalau sekarang kamu sedang di posisi ini, alangkah baiknya untuk ambil jeda sejenak dan jangan pernah memaksa terus bekerja di saat keadaanmu gak sedang baik-baik saja. 

Menjalani pekerjaan yang gak kita suka memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, kita harus tetap profesional saat menjalaninya. 

Baca Juga: Biar Pekerjaan Gak Menumpuk Kamu Harus Hindari 5 Kebiasaan Ini 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya