Comscore Tracker

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiri

Semua yang berlebihan itu tidak baik

Setiap manusia pernah melakukan kesalahan, entah itu kesalahan yang disengaja atau tidak, kesalahan kecil atau yang besar sekali pun. Tidak bisa dielak mengingat gak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Namun akan menjadi suatu bencana apabila dari kesalahan tersebut kamu terlalu menyalahkan diri sendiri. Bukan memperbaiki tapi terus terjebak oleh perasaan benci. Nah berikut lima hal buruk yang terjadi jika kamu terlalu menyalahkan diri sendiri. 

1. Kehilangan rasa percaya diri

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiriseorang perempuan (pexels.com/@Zura Modebadze)

Akibat terlalu menyalahkan diri sendiri ternyata bisa membuatmu kehilangan kepercayaan diri. Bagaimana tidak, sebelumnya kamu jadi orang yang bisa melakukan semua hal, seseorang yang memiliki keyakinan besar dalam mewujudkan impian, namun dalam satu waktu dihadapkan persoalan yang membuatmu menyalahkan diri sendiri, sudah pasti jadi kehilangan rasa percaya diri.

Hal inilah apabila dibiarkan terus menerus membuatmu terjebak oleh perasaan bersalah. So, pelan-pelan mulailah untuk memaafkan. 

2. Membuat emosimu jadi tidak stabil 

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiriwanita sedang berdiri (pexels.com/@Ron Lach)

Hal buruk selanjutnya adalah membuat emosimu jadi tidak stabil. Terlalu berlarut menyalahkan diri sendiri hanya akan membuat mood dan emosimu tidak terkendali.

Dalam satu waktu kamu bisa memaafkan dan menerima, namun di waktu lain muncul lagi  ketakutan dan rasa bersalah. Emosi yang terkesan berubah-ubah dan tidak stabil inilah membuat kehidupanmu terganggu, sehingga ketenangan jiwa susah kamu dapatkan. 

Baca Juga: 5 Tips agar Gak Mudah Cemas, Setop Menyalahkan Diri Sendiri

3. Membuatmu jadi takut untuk mencoba hal baru

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiriwanita sedang duduk (pexels.com/@Engin Akyurt)

Poin ketiga hal buruk yang terjadi apabila berlebihan menyalahkan diri sendiri adalah membuatmu jadi takut mencoba hal baru. Sebab kamu pernah melakukan kesalahan di masa lalu, melakukan sesuatu yang membuatmu susah memaafkan diri sendiri, akibatnya kamu jadi takut untuk mencoba hal baru.

Takut apabila berakhir melakukan kesalahan yang sama, takut apabila dihujat dan dibenci oleh orang lain. Ketakutan inilah yang akhirnya membuatmu susah untuk bergerak maju. pl

4. Orang lain akan menilaimu jadi sosok yang lemah

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiriseorang perempuan (pexels.com/@matt hardy)

Selain tiga poin di atas akibat terlalu menyalahkan diri sendiri adalah membuat orang lain menilaimu sosok yang lemah dan rapuh. Ya bagaimana tidak karena kamu gak bisa memaafkan diri sendiri, menjadi sosok people pleaser, sedikit-sedikit merasa tidak enak, sering merasa bersalah, dsb.

Kalau seperti ini wajar saja orang lain jadi mudah meremehkan. Mereka akan gampang memanfaatkan keberadaanmu dan bersikap semena-mena. Hmm, jangan sampai hal tersebut terjadi, ya. 

5. Langkahmu jadi terhambat dan susah untuk berkembang

5 Hal Buruk Punya Kebiasaan Terlalu Menyalahkan Diri Sendiriseorang perempuan (pexels.com/@Kirill Lazarev)

Apa kamu mau terus terjebak kehidupan seperti ini? Kehidupan yang membuatmu terisolasi dan terus menyalahkan diri. Jangan buang waktumu untuk hal demikian, mulailah memaafkan diri, mulai menerima segala hal yang terjadi dalam hidupmu.

Sebab jika terus terjebak dalam situasi demikian itu hanya akan membuat langkahmu terhambat dan susah berkembang. Hidup akan terus berlanjut bagaimana keadaanmu saat ini dan dunia gak akan peduli apa kamu sedang susah atau bahagia. 

Kebiasaan terlalu menyalahkan diri sendiri akan berakibat buruk bagimu. Yuk, bangkit dan mulai perbaiki hidupmu pelan-pelan. 

Baca Juga: 5 Kiat Atasi Kebiasaan Menyalahkan Diri, Jangan Mau Jadi Bumper

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya